[AUDIO] Muqaddimah Salafiyyah dan Manhaj Salaf - Ustadz Muhammad 'Umar as Sewed

Kun Salafiyyan 'alal Jaddah (Jadilah Seorang Salafy Sejati) - Ustadz Muhammad 'Umar as Sewed
Berikut kami sajikan link download MP3 rekaman ceramah kajian tentang manhaj salaf oleh pemateri al-Ustadz Muhammad 'Umar as Sewed hafizhahullah. Pembahasan kitab “Kun Salafiyan ‘Alal Jaddah (Jadilah Seorang Salafi Sejati)” karya Asy-Syaikh DR. Abdussalam bin Salim as-Suhaimi hafizhahullah.
Kajian bertempat di MASJID AL MUJAHIDIN, Jalan Anggrek Nelimurni VII, Slipi, Jakarta Barat (Seberang Rumah Sakit Harapan Kita).
*Sabtu, 28 dzulhijjah 1434H (02/11/2013)

Sesi 1
Download : hal 045-Muqaddimah Kitab Kun Salafiyyan ' alal Jaaddah  

Bagaimana menjadi salafi yang sejati/sebenarnya, yaitu hendaknya engkau menjadi salafi dengan menjalani jalan salaf. Jangan sampai salafi hanya menjadi sekedar pengakuan saja sehingga membuat kaum muslimin menjadi bingung.
Apakah manhaj salaf dan siapakah yang pantas disebut sebagai salafi?

Sebagian besar kaum muslimin saat ini mengerti bahwa manhaj salaf adalah manhaj yang haq. Namun ketika hendak mengikutinya, sebagain besar mereka tidak mengerti siapa yang benar-benar mengajak kepada manhaj salaf, siapa yang berjalan pada dakwah salafiyyah, dan siapa yang hanya mengaku-ngaku salafi saja.

Ahlussunnah wal jama'ah merupakan golongan yang pertengahan diantara golongan sesat dan mnenyimpang dalam Islam sebagaimana Islam merupakan agama yang pertengahan diantara agama samawi lainnya (Yahudi dan Nasrani).
Bagaimana sikap pertengahan dan sikap bijak yang benar menurut Islam?
Siapakah yang sudah dipastikan sebagai ahlussunnah wal jama'ah itu? Mengapa ada istilah ahlussunnah wal jama'ah dan kapan munculnya istilah ahlussunnah wal jama'ah itu?

Apakah penamaan salafi adalah merupakan suatu bid'ah?
Mengapa ada istilah salafi dan bagaimana sejarah penggunaan nama salafi itu?
Mengapa golongan ahlussunnah wal jama'ah menggunakan istilah salafy?
Bagaimana ahlussunnah wal jama'ah memahami Al Quran dan Hadits?

Sesi 2
Download : hal 048-Lanjutan Muqaddimah
Allah memerintahkan kaum muslimin untuk mengikuti jalannya para sahabat Rasulullah.
Kajian al-Qur'an Surat Luqman ayat 15 dan Surat at Taubah ayat 100
Syar'inya penamaan salafi dan bid'ahnya penamaan golongan-golongan sesat lainnya.

Siapakah yang dikatakan salafi? Bagaimana dakwah salafi itu?
Bolehkah seseorang menisbahkan diri kepada salaf meskipun dia belum menjalankan Islam secara sempurna?

Para imam ahlussunnah, para imam madzhab selalu menganjurkan dan mewajibkan untuk kembali kepada sunnah dan pemahaman salaf.
Siapa pencetus dakwah salafi? Benarkah pencetus dakwah salaf adalah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah? Benarkah pencetus dakwah salaf adalah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab? Apakah salafi itu sama dengan Wahabi?

Benarkah salafi itu merasa paling benar sendiri atau ingin menang sendiri ketika menjelaskan berbagai penyimpangan yang ada pada kelompok/golongan sesat lainnya?
Apakah salafi merupakan golongan/firqah/jama'ah baru dalam Islam dan sama saja dengan berbagai kelompok/golongan/jama'ah lainnya?

Hal-hal yang menunjukkan bahwa Kerajaan Arab Saudi merupakan daulah salafiyyah.
Mengapa banyak serangan berupa berita-berita yang zalim dan menjelekkan kepada Islam secara umum dan kepada Kerajaan Arab Saudi secara khusus?
Apa yang menyebabkan kabur dan kotornya gambaran indah dakwah salafiyyah?
Yang menjadi fitnah dan masalah adalah karena pada dakwah salafiyyah melekat padanya orang-orang yang bukan dari mereka serta menisbatkan diri dengan dakwah salaf, orang-orang yang tidak berjalan di atas manhaj salaf.

Sesi 3
Download : hal 052-Pihak yang Mengaku Salafi Namun Tidak Berada di Atas Manhaj Salaf
Lanjutan tentang pihak yang menisbatkan kepada salaf tetapi dia bukan berada di atas manhaj salaf.
Apa yang menyebabkan manusia lari dari dakwah salafiyyah dan enggan untuk menerima dakwah salafiyyah?
Diantara faktor terbesar yang menyebabkan terjadinya hal tersebut adalah karena munculnya jama'ah hizbiyyah yang sebagian mereka terpengaruh dengan pemikiran khawarij. Sebagian tokoh-tokoh yang memiliki pemikiran khawarij mengatasnamakan kelompoknya dengan salafi. Bahkan ada salah satu kelompok yang menamakan diri dengan salafi jihadi.
Bagaimana mungkin kelompok tersebut dikatakan salafi padahal mereka menyelisihi dakwah salafiyyah dan prinsip salaf dalam bersikap terhadap pemerintah? Bagaimana mungkin mereka dikatakan salafi jihadi padahal kenyataannya jihad yang bermakna syar'i tidak ada pada mereka?
Maka yang teranggap adalah hakikat dan makna yang terkandung padanya bukan sekedar dengan namanya. Oleh karena itu, hendaklah kita memperhatikan dengan teliti dan jeli, jangan sampai tersamarkan oleh kita antara yang haq dan yang bathil.
 
Sesi Tanya Jawab
- Bagaimana menyikapi orang yang alergi terhadap manhaj? Karena ada sebagian orang yang mengatakan: "Kalau sibuk mengurusi manhaj, kapan belajarnya?"
- Apa hukumnya sistem perdagangan Multi Level Marketing (MLM)?
- Apa hukumnya arisan barang, uang? Mohon jelaskan apakah termasuk riba atau bukan?
- Apakah telinga yang kemasukan air dapat membatalkan puasa?
- Apakah ada fatwa 'ulama terkait hukum para wanita khususnya salafiyyah di Indonesia yang mengendarai sepeda motor atau mobil?
- Diantara syarat-syarat sah wali nikah adalah Islam. Bagaimana jika wali (ayahnya) merupakan dukun kyai paranormal yang praktek perdukunannya banyak melakukan berbagai kesyirikan. Apakah masih sah sebagai wali nikah?
- Ada seseorang yang memiliki pemahaman khawarij tapi tidak mau disebut khawarij. Malah menyatakan diri menuju ke salaf. Apa ciri-ciri pemahaman khawarij? Apakah kita tidak boleh mengucapkan kamu khawarij kepada fulan atau fulanah yang sudah jelas-jelas khawarij?
- Bagaimana sikap kita terhadap ustadz yang tinggal di sekitar masjid Al Muhajirin wal Anshar (AMWA) yang akrab dengan Jafar Shalih? Apakah mereka sama dengan Jafar Shalih?

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi