الۡحَدِيثُ الثَّانِي وَالۡأَرۡبَعُونَ
٤٢ – عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَتَّكِىءُ فِي حِجۡرِي وَأَنَا حَائِضٌ فَيَقۡرَأُ الۡقُرۡآنَ[1].
42. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersandar di pangkuanku ketika aku sedang haid, lalu beliau membaca Al-Qur`an.
غَرِيبُ الۡحَدِيثِ:
-يَتَّكِىءُ فِي حِجۡرِي- (يَتَّكِىءُ) مَهۡمُوزٌ.
وَيَجُوزُ الۡفَتۡحُ وَالۡكَسۡرُ فِي الۡحَاءِ مِنۡ (حجۡرِي) وَهُمَا لُغَتَانِ.
Kosa kata asing di dalam hadits:
يَتَّكِىءُ فِي حِجۡرِي, fi’il يَتَّكِىءُ adalah mahmuz (kata yang huruf asalnya mengandung huruf hamzah).
Huruf ha` di kata حجۡرِي boleh difathah dan dikasrah. Dan keduanya merupakan dua cara pengucapan.
الۡمَعۡنَى الۡإِجۡمَالِي:
ذَكَرَتۡ عَائِشَةُ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَانَ يَقۡرَأُ الۡقُرۡآنَ فِي حَجۡرِهَا وَهِيَ حَائِضٌ، مِمَّا يَدُلُّ عَلَى أَنَّ بَدَنَ الۡحَائِضِ طَاهِرٌ، لَمۡ يَنۡجُسۡ بِالۡحَيۡضِ.
Makna secara umum:
‘Aisyah menyebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah membaca Al-Qur`an di pangkuannya ketika sedang haid. Hal ini termasuk dalil yang menunjukkan bahwa badan wanita haid adalah suci dan tidak najis karena haidnya.
مَا يُؤۡخَذُ مِنَ الۡحَدِيثِ:
١- جَوَازُ قِرَاءَةِ الۡقُرۡآنِ فِي حَجۡرِ الۡحَائِضِ، لِأَنَّهَا طَاهِرَةُ الۡبَدَنِ وَالثِّيَابِ.
٢- تَحۡرِيمُ قِرَاءَةِ الۡقُرۡآنِ عَلَى الۡحَائِضِ، أَخۡذًا مِنۡ تَوَهُّمِ امۡتِنَاعِ الۡقِرَاءَةِ فِي حَجۡرِ الۡحَائِضِ. قَالَهُ ابۡنُ دَقِيقِ الۡعِيدُ.
Faidah hadits:
- Bolehnya membaca Al-Qur`an di pangkuan wanita haid, karena ia suci badan dan pakaiannya.
- Haramnya membaca Al-Qur`an bagi wanita haid. Berdasarkan dari adanya prasangka dilarangnya membaca Al-Qur`an di pangkuan wanita haid. Ini diucapkan oleh Ibnu Daqiqil ‘Id.
[1] رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ (٢٩٧) فِي الۡحَيۡضِ، وَ(٧٥٤٩) فِي التَّوۡحِيدِ، وَمُسۡلِمٌ (٣٠١) فِي الۡحَيۡضِ، وَرَوَاهُ أَيۡضًا أَبُو دَاوُدَ (٢٦٠) فِي الطَّهَارَةِ، وَابۡنُ مَاجَهۡ (٦٣٤) فِي الطَّهَارَةِ.
dari ismailibnuisa.blogspot.com
Tidak ada tanggapan
Posting Komentar
Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi