Sunan Abu Dawud Hadits Nomor 4093 (Ukuran Panjang Kain Sarung)

٣٠ – بَابٌ فِي قَدۡرِ مَوۡضِعِ الۡإِزَارِ

30. Bab tentang ukuran panjang kain sarung

٤٠٩٣ – (صحيح) حَدَّثَنَا حَفۡصُ بۡنُ عُمَرَ، نا شُعۡبَةُ، عَنِ الۡعَلَاءِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ، عَنۡ أَبِيهِ، قَالَ: سَأَلۡتُ أَبَا سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيِّ عَنِ الۡإِزَارِ، فَقَالَ: عَلَى الۡخَبِيرِ سَقَطۡتَ، قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِزۡرَةُ الۡمُسۡلِمِ إِلَى أَنۡصَافِ السَّاقِ، وَلَا حَرَجَ - أَوۡ: لَا جُنَاحَ - فِيمَا بَيۡنَهُ وَبَيۡنَ الۡكَعۡبَيۡنِ، [وَ]مَا كَانَ أَسۡفَلَ مِنَ الۡكَعۡبَيۡنِ فَهُوَ فِي النَّارِ، [وَ]مَنۡ جَرَّ إِزَارَهُ بَطَرًا لَمۡ يَنۡظُرِ اللهُ إِلَيۡهِ). [(الصحيحة)(٢٠١٧)].
4093. Hafsh bin 'Umar telah menceritakan kepada kami, Syu'bah menceritakan kepada kami, dari Al-'Ala` bin 'Abdurrahman, dari ayahnya, beliau berkata: Aku bertanya kepada Abu Sa'id Al-Khudri tentang kain sarung. Beliau berkata: Engkau datang kepada orang yang tahu persis, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Kain sarung seorang muslim itu sampai tengah betis. Dan tidak mengapa -atau: tidak berdosa- di antara tengah betis sampai dua mata kaki. Adapun yang di bahwa mata kaki, maka itu berada di neraka. Dan siapa saja yang menyeret sarungnya karena sombong, Allah tidak akan memandangnya.”


dari ismailibnuisa.blogspot.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi