Apakah Nabi Muhammad Melihat Allah Saat Isra Mi'raj

Tanya:
Apakah Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah malihat Allah pada saat isra' wal mi'raj? Dan bagaimana pada saat Nabi Ibrahim saat tidur lalu beliau mimpi, apakah mimpi tersebut dia (beliau Nabi Ibrahim), melihat Allah?

Jawab:
Oleh Al Ustadz Abdul Haq Balikpapan hafizhahullah

Yang shahih dalam hal ini, wallahu ta'ala a'lam bahwa rasulullah 'alaihi shallatu wasallam tidak melihat Allah pada peristiwa al isra' wal mi'raj. Dan disebutkan dalam riwayat al imam muslim rahimahullah, ketika nabi ditanya:

هل رأيت ربك؟
Apakah engkau melihat Allah (pada peristiwa al isra' wal mi'raj)

Kata nabi:

نور أنى أراه
Cahaya, cahaya! Bagaimana mungkin aku bisa melihat Allah Subhanahu Wa Ta'ala?

Dan hadits ini shahih. Sehingga jumhur para ulama menyebutkan bahwa nabi tidak pernah melihat Allah sampai pada peristiwa ini.

Adapun yang dialami oleh nabi Ibrahim 'alaihi shallatu wasallam, beliau mimpi mendapatkan wahyu. Dan mimpinya para nabi adalah wahyu. Sehingga tidak disebutkan dalam ayat ataupun dalam hadits yang shahih bahwa nabi Ibrahim melihat Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Namun beliau mimpi mendapatkan wahyu, mendapatkan perintah dari Allah untuk menyembelih putranya yang beliau cintai, Ismail 'alaihi sallam. Dan mimpinya para nabi adalah wahyu, wallahu ta'ala a'lam bishawab.

Download Audio disini

www.thalabilmusyari.web.id

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi