Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4680

٢ – بَابٌ ﴿وَجَاوَزْنَا بِبَنِي إِسْرَائِيلَ الْبَحْرَ فَأَتْبَعَهُمْ فِرْعَوْنُ وَجُنُودُهُ بَغْيًا وَعَدْوًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا أَدْرَكَهُ الْغَرَقُ قَالَ آمَنتُ أَنَّهُ لَا إِلَـٰهَ إِلَّا الَّذِي آمَنَتْ بِهِ بَنُو إِسْرَائِيلَ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ﴾ ۝٩٠
2. Bab “Dan Kami memungkinkan Bani Israil melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Fir'aun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Fir'aun itu telah hampir tenggelam berkatalah dia: Saya beriman bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi melainkan Tuhan yang diimani oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).” (QS. Yunus: 90).

﴿نُنَجِّيكَ﴾ [٩٢] نُلۡقِيكَ عَلَى نَجۡوَةٍ مِنَ الۡأَرۡضِ، وَهُوَ النَّشَزُ: الۡمَكَانُ الۡمُرۡتَفِعُ.
“Kami selamatkan (badanmu)” (QS. Yunus: 92) artinya kami damparkan badanmu di atas sebuah tempat yang tinggi di muka bumi.
٤٦٨٠ – حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ: حَدَّثَنَا غُنۡدَرٌ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ أَبِي بِشۡرٍ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ جُبَيۡرٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَدِمَ النَّبِيُّ ﷺ الۡمَدِينَةَ، وَالۡيَهُودُ تَصُومُ عَاشُورَاءَ، فَقَالُوا: هَٰذَا يَوۡمٌ ظَهَرَ فِيهِ مُوسَى عَلَى فِرۡعَوۡنَ، فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ لِأَصۡحَابِهِ: (أَنۡتُمۡ أَحَقُّ بِمُوسَى مِنۡهُمۡ، فَصُومُوا). [طرفه في: ٢٠٠٤].
4680. Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepadaku: Ghundar menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami, dari Abu Bisyr, dari Sa’id bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbas, beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah dan orang-orang Yahudi berpuasa hari Asyura. Mereka mengatakan: Ini adalah hari saat Musa menang terhadap Fir’aun. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada para sahabatnya, “Kalian lebih berhak terhadap Musa daripada mereka. Oleh karena itu, berpuasalah kalian.”


dari ismailibnuisa.blogspot.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi