Jual Beli yang Terlarang

Silsilah Fiqih Mu'amalah
〰〰〰〰〰〰〰〰〰
📚 Bab Pertama: Tentang Jual-beli, dan padanya ada beberapa permasalahan:
〰〰

Masalah Keenam: Jual Beli Yang Terlarang:

Syariat telah melarang sebagian jual beli apabila mengakibatkan penyia-nyian  terhadap apa yang lebih penting; seperti menyibukkan diri dari ibadah yang wajib, atau mengakibatkan madhorot bagi lainnya. Dan diantara jual beli yang terlarang darinya:

✏️ 1.  Jual beli setelah adzan kedua di hari jumat.

Tidak sah jual beli dari orang-orang yang wajib menunaikan sholat jumat setelah adzan kedua; berdasarkan firman Allah ta'ala:

(يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ) [سورة الجمعة 9]

"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli." [Qs. Al-Jumu'ah: 9]

Dan sungguh Allah ta'ala telah melarang dari berjualan di waktu ini, dan larangan mengandung pengharaman, dan tidak sah jual beli tersebut.

✏️ 2. Menjual sesuatu bagi orang yang dapat membantu untuk bermaksiat kepada Allah, atau menggunakannya dalam keharaman. Maka tidak boleh menjual sirup bagi orang yang menjadikannya sebagai khomer, dan tidak juga bejana-bejana bagi orang yang menggunakannya untuk minum khomer, dan tidak pula menjual senjata di masa fitnah (melanda) kaum muslimin. Allah ta'ala berfirman:

(وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ )[سورة المائدة 2]

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan". [Qs. Al-Maaidah: 2]

✏️ 3. Seorang muslim menjual atas jualan saudaranya.

Contohnya: seseorang mengatakan kepada orang yang membeli sesuatu dengan harga 10: saya menjual kepadamu seperti itu dengan harga yang lebih rendah darinya, atau aku jual kepadamu dengan barang yang lebih baik dari itu dengan harga yang sama; berdasarkan hadits Ibnu 'Umar rodhiallohu 'anhuma, berkata: berkata rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam:

(ولا يبيع بعضكم على بيع بعض)

"Dan jangan sebagian kalian menjual atas jualan yang lainnya" [1].

✏️ 4. Membeli atas pembelian (lainnya/orang lain).

Misalnya: (seseorang) mengatakan kepada orang yang menjual sesuatu: batalkan jual beli, dan aku akan membelinya darimu dengan (harga) lebih, setelah terjadi kesepakatan antara penjual dengan pembeli atas suatu harga. Dan gambaran ini masuk ke dalam larangan yang disebutkan dalam hadits yang lalu.

✏️ 5. Jual beli 'inah (riba).

Gambarannya: seseorang menjual suatu barang untuk orang lain dengan harga yang telah diketahui hingga batas waktu tertentu, kemudian penjual membeli barang tersebut darinya dengan harga cash lebih murah, dan di akhir jatuh tempo pembeli membayar dengan harga pertama. Seperti menjual sebidang tanah seharga 50.000 yang akan dia lunasi dalam waktu satu tahun, kemudian penjual membelinya dari pembeli dengan 40.000 tunai, dan hutangnya tetap 50.000 yang akan dibayar oleh pembeli di akhir tahun. Dan (jual beli ini) dinamakan 'inah: karena pembeli mengambil tempat (penjualan) barang secara kontan, yakni: tunai langsung.

Dan diharamkan jual beli ini, karena merupakan bentuk pengelabuan yang akan menghantarkan kepada riba, maka dari Ibnu Umar rodhiallohu 'anhuma, berkata: telah bersabda rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam:

(إذا تبايعتم بالعينة، وأخذتم أذناب البقر، وتركتم الجهاد، سلط الله عليكم ذلا لا يرفعه حتى ترجعوا إلى دينك)

"Apabila kalian telah berjualan dengan cara 'inah, dan kalian mengambil ekor-ekor sapi, dan kalian tinggalkan jihad, maka Allah lilitkan atas kalian kehinaan yang tidak akan terangkat hingga kalian kembali kepada agama kalian."[2]
✏️ 6. Menjual barang dagangan sebelum dikuasai.

Misalnya: (seseorang) membeli suatu barang dari orang lain, kemudian dia menjualnya sebelum dikuasai dan dimilikinya.

Dari Abu Huroiroh rodhiallohu 'anhu berkata: telah bersabda rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam:

(من ابتاع طعاما فلا يبعه حتى يقبضه)

"Barangsiapa yang membeli suatu makanan maka jangan menjualnya hingga dia menguasainya."[3]

Dan dari Zaid bin Tsabit radhiallahu 'anhu: "bahwa rasulullah shollallohu 'alaihi wa sallam telah melarang untuk menjual barang disaat membeli, hingga dimilikinya barang tersebut ke rumah mereka." [4]

Maka tidak boleh bagi yang membeli sesuatu untuk menjualnya hingga dia menguasainya dengan penguasaan yang sempurna.

✏️ 7. Menjual buah sebelum masak.

Tidak boleh menjual buah-buahan sebelum masak; takut rusak atau terjadi cacat sebelum dipanen, maka dari Anas radhiallahu 'anhu berkata: telah bersabda rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam:

(أرأيت إن منع الله الثمرة، بم يأخذ أحدكم مال أخيك ؟ )

"Apa pendapat engkau jika Allah mencegah buah tersebut (masak), dengan apa salah satu dari kalian harta saudaranya?"[5]

Dan dari Ibnu Umar rodhiallohu 'anhuma berkata:

(نهى رسول الله -صلى الله عليه وسلم - عن بيع الثمار حتى يبدو صلاحها، نهى البائع والمبتاع)

"Rasulullah shollallohu 'alaihi wa sallam melarang dari menjual buah hingga tampak masak, melarang penjual dan pembeli." [6]

Dan kenali masaknya: dengan warna merah pada buah kurma atau menguning, dan pada anggur dengan warna menghitam dan tampak manis padanya, sedangkan pada biji-bijian dengan kering dan mengeras, dan semisal itu pada buah lainnya.

✏️ 8. Najsy.

Yaitu seseorang menambah harga suatu barang yang ditunjukkan untuk dijual, namun dia tidak ingin membelinya, akan tetapi hanya untuk menipu orang lain dengan itu, dan membuat tertarik kepadanya, dan mengangkat harganya.

Dari Ibnu Umar rodhiallohu 'anhuma: "bahwa rasulullah shollallohu 'alaihi wa sallam melarang dari najsy."[7]

____________
[1] HR. Bukhari no. (2165), Muslim no (1412).

[2] HR. Ahmad (2/28) dan Abu Dawud no. (3462) dan dishahihkan syaikh Albani (As-Silsilah As-Shahihah no. 11)

[3] Muttafaq 'alaihi: HR. Bukhari no.(2136) dan Muslim no. (1525).

[4] HR. Abu Dawud no. (3499), dan dishahihkan oleh imam An-Nawawi sanadnya. (AL-Lu'lu Al-Mashnu' no. (1691).

[5] Muttafaq 'alaihi: HR. Bukhari no. (2199) dan Muslim no. (1555).

[6] Muttafaq 'alaihi: HR. Bukhari no. (2194) dan Muslim no. (1534).

[7] Muttafaq 'alaihi: HR. Bukhari no. (6963) dan Muslim no. (1516).

📚 Al-Fiqh Al-Muyassar Fi Dhow Al-Kitab wa As-Sunnah [juz 1/ hlm. 215-218]

🌎 http://shamela.ws/browse.php/book-22726/page-230

📝 Alih Bahasa:
Al-Ustadz Muhammad Sholehuddin Abu 'Abduh حفظه الله

〰 Teks Arabic 〰

كتاب المعاملات

الباب الأول: في البيوع، وفيه مسائل:

المسألة السادسة: البيوع المنهي عنها:

نهى الشارع الحكيم عن بعض البيوع إذا ترتب عليها تضييع لما هو أهم؛ كأن تشغل عن أداء عبادة واجبة، أو يترتب عليها إضرار بالآخرين. ومن هذه البيوع المنهيِّ عنها:

1 - البيع والشراء بعد الأذان الثاني يوم الجمعة.

لا يصح البيع ولا الشراء ممن تلزمه صلاة الجمعة بعد الأذان الثاني؛ لقوله تعالى: (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ) [الجمعة: 9].

فقد نهى الله تعالى عن البيع في هذا الوقت، والنهي يقتضي التحريم، وعدم صحة البيع.

2 - بيع الأشياء لمن يستعين بها على معصية الله، أويستخدمها في المحرمات. فلا يصح بيع العصير لمن يتخذه خمراً، ولا الأواني لمن يشرب بها الخمر، ولا بيع السلاح في وقت الفتنة بين المسلمين. قال تعالى: (وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ) [المائدة: 2].

3 - بيع المسلم على بيع أخيه.

مثاله أن يقول لمن اشترى شيئاً بعشرة: أنا أبيعك مثله بأرخص منه، أو أبيعك أحسن منه بنفس الثمن؛ لحديث ابن عمر رضي الله عنهما، قال: قال رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: (ولا يبع بعضكم على بيع بعض) (1).

4 - الشراء على الشراء.

مثاله: أن يقول لمن باع شيئاً: اِفْسَخ البيع، وأنا أشتريه منك بأكثر، بعد أن اتفق البائع والمشتري على الثمن. وهذه الصورة داخلة في النهي الوارد في الحديث السابق.
5 - بيع العِينَة.

وصورته: أن يبيع شخصٌ سلعةً لآخر بثمن معلوم إلى أجل، ثم يشتريها منه البائع بثمن حاضرٍ أقل، وفي نهاية الأجل يدفع المشتري الثمن الأول. كأن يبيع أرضاً بخمسين ألفاً يدفعها بعد سنة، ثم يشتريها البائع منه بأربعين ألفاً نقدا، ويبقى في ذمته الخمسون ألفاً يدفعها المشتري على رأس السنة. وسُميت عِينَة: لأن المشتري يأخذ مكان السلعة عيناً، أي: نقداً حاضراً.

وحُرِّم هذا البيع، لأنه حيلةٌ يتوصل بها إلى الربا، فعن ابن عمر رضي الله عنهما، قال: قال رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: (إذا تبايعتم بالعينة، وأخذتم أذناب البقر، وتركتم الجهاد، سَلَّط الله عليكم ذلاً لا يرفعه حتى ترجعوا إلى دينكم) (2).

6 - بيع المبيع قبل قبضه.

مثاله: أن يشتري سلعة من شخص، ثم يبيعها قبل أن يقبضها ويحوزها.

عن أبي هريرة - رضي الله عنه - قال: قال رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: (من ابتاع طعاماً فلا يبعه حتى يقبضه) (3)، وعن زيد بن ثابت - رضي الله عنه -: (أن رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - نهى أن تباع السلع حيث تبتاع، حتى يحوزها التجار إلى رحالهم) (4).

فلا يجوز لمن اشترى شيئاً أن يبيعه حتى يقبضه قبضاً تاماً.

7 - بيع الثمار قبل بدوّ صلاحها.

لا يجوز بيع الثمرة قبل أن يبدو صلاحها؛ خوفاً من تلفها أو حدوثِ عيب بها قبل أخذها، فعن أنس - رضي الله عنه - قال: قال رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: (أرأيتَ إن منع الله الثمرة، بم يأخذ أحدكم مال أخيه؟) (5).

وعن ابن عمر رضي الله عنهما، قال: (نهى رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - عن بيع الثمار حتى يبدو صلاحها، نهى البائع والمبتاع) (6).

ويعرف بدو صلاحها: باحمرار ثمار النخيل أو اصفرارها، وفي العنب أن يَسْوَدَّ وتبدو الحلاوة فيه، وفي الحب أن ييبس ويشتد، ونحو ذلك في بقية الثمار.

8 - النَّجْشُ.

وهو أن يزيد شخصٌ في ثمن السلعة المعروضة للبيع، ولا يريد شراءها، وإنما لِيغرَّ غيره بها، ويرغبه فيها، ويرفع سعرها.

عن ابن عمر رضي الله عنهما: (أن رسول الله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - نهى عن النجش) (7).

........................

(1) رواه البخاري برقم (2165)، ومسلم برقم (1412).

(2) رواه أحمد (2/ 28)، وأبو داود برقم (3462). وصححه الشيخ الألباني (السلسلة الصحيحة برقم 11).

(3) متفق عليه: رواه البخاري برقم (2136)، ومسلم برقم (1525).

(4) رواه أبو داود برقم (3499)، وصحح الإمام النووي إسناده. (اللؤلؤ المصنوع برقم (1691).

(5) متفق عليه: رواه البخاري برقم (2198)، ومسلم برقم (1555).

(6) متفق عليه: رواه البخاري برقم (2194)، ومسلم برقم (1534).

(7) متفق عليه: رواه البخاري برقم (6963)، ومسلم برقم (1516).

📚 الفقه الميسر في ضوء الكتاب والسنة [جزء 1 / صفحة 215-218]حفظه الله

🌎 http://shamela.ws/browse.php/book-22726/page-230

〰〰〰〰〰〰〰
📚🔰Salafy Kendari || https://telegram.me/salafykendari
Pada 10.11.2015


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi