Ad-Durarul Bahiyyah - Kitab Haji

كِتَابُ الۡحَجِّ

يَجِبُ عَلَى كُلِّ مُكَلَّفٍ مُسۡتَطِيعٍ فَوۡرًا.
Haji itu wajib atas setiap mukalaf yang mampu dengan segera.
فَصۡلٌ يَجِبُ تَعۡيِينُ نَوۡعِ الۡحَجِّ بِالنِّيَّةِ مِنۡ تَمَتُّعٍ أَوۡ قِرَانٍ أَوۡ إِفۡرَادٍ، وَالۡأَوَّلُ أَفۡضَلُهَا وَيَكُونُ الۡإِحۡرَامُ مِنَ الۡمَوَاقِيتِ الۡمَعۡرُوفَةِ وَمَنۡ كَانَ دُونَهَا فَمَهَّلُهُ أَهۡلُهُ حَتَّى أَهۡلُ مَكَّةَ مِنۡ مَكَّةَ.

Pasal

  • Wajib menentukan jenis haji dengan niat berupa tamatuk, kiran, atau ifrad. Yang pertama (tamatuk) adalah yang paling afdal.
  • Ihram dimulai dari mikat-mikat yang telah diketahui.
  • Dan siapa saja yang tinggal di tempat yang lebih dekat daripada mikat, maka tempat ihlalnya adalah tempat tersebut sampai pun penduduk Makkah dari Makkah.
فَصۡلٌ وَلَا يَلۡبَسُ الۡمُحۡرِمُ الۡقَمِيصَ، وَلَا الۡعِمَامَةَ، وَلَا الۡبُرۡنُسَ، وَلَا السَّرَاوِيلَ، وَلَا ثَوۡبًا مَسَّهُ وَرۡسٌ وَلَا زَعۡفَرَانٌ، وَلَا الۡخُفَّيۡنِ إِلَّا أَنۡ لَا يَجِدَ نَعۡلَيۡنِ فَلۡيَقۡطَعۡهُمَا حَتَّى يَكُونَا أَسۡفَلَ مِنَ الۡكَعۡبَيۡنِ، وَلَا تَنۡتَقِبُ الۡمَرۡأَةُ، وَلَا تَلۡبَسُ الۡقُفَّازَيۡنِ، وَمَا مَسَّهُ الۡوَرۡسُ وَالزَّعۡفَرَانُ، وَلَا تُطَيِّبُ ابۡتِدَاءً، وَلَا يَأۡخُذُ مِنۡ شَعۡرِهِ أَوۡ بَشَرِهِ إِلَّا لِعُذۡرٍ، وَلَا يَرۡفُثُ، وَلَا يَفۡسُقُ، وَلَا يُجَادِلُ، وَلَا يَنۡكَحُ، وَلَا يَخۡطُبُ، وَلَا يَقۡتُلُ صَيۡدًا، وَمَنۡ قَتَلَ فَعَلَيۡهِ جَزَاءُ مِثۡلَ مَا قَتَلَ مِنَ النَّعَمِ يَحۡكُمُ بِهِ ذَوَا عَدۡلٍ، وَلَا يَأۡكُلُ مَا صَادَ غَيۡرُهُ إِلَّا إِذَا كَانَ الصَّائِدُ حَلَالًا وَلَمۡ يَصُدۡهُ لِأَجۡلِهِ، وَلَا يۡعۡضُدُ مِنۡ شَجَرِ الۡحَرَمِ إِلَّا الۡإِذۡخِرَ، وَيَجُوزُ لَهُ قَتۡلُ الۡفَوَاسِقِ الۡخَمۡسِ، وَصَيۡدُ حَرَمِ الۡمَدِينَةِ وَشَجَرِهِ كَحَرَمِ مَكَّةَ، إِلَّا أَنَّ مَنۡ قَطَعَ مِنۡ شَجَرِهِ أَوۡ خَبۡطِهِ كَانَ سَلۡبُهُ حَلَالًا لِمَنۡ وَجَدَهُ، وَيَحۡرُمُ صَيۡدُ وَجٍّ وَشَجَرُهُ.

Pasal

  • Lelaki yang berihram tidak boleh memakai gamis, serban, penutup kepala, sirwal, baju yang terkena wars (wewangian) dan za’faran (safron), dua sepatu kecuali kalau ia tidak mendapatkan dua sandal maka boleh ia potong sepatu tersebut sehingga menjadi lebih rendah daripada kedua mata kaki.
  • Wanita tidak boleh memakai niqab (penutup wajah), tidak boleh mengenakan sarung tangan, tidak boleh memakai wangi-wangian dan za’faran.
  • Tidak boleh memakai wangi-wangian ketika memulai ihram. 
  • Seorang yang berihram tidak boleh mengambil rambut atau kulitnya kecuali karena ada uzur,
  • tidak boleh:
    • berkata kotor,
    • berbuat fasik,
    • berdebat,
    • menikah,
    • meminang.
  • Tidak boleh membunuh binatang buruan. Siapa saja yang membunuh binatang buruan, maka wajib menebus dengan binatang ternak yang semisal binatang yang ia bunuh yang diputuskan oleh dua orang yang adil.
  • Tidak boleh memakan binatang yang diburu oleh orang lain kecuali apabila si pemburu sedang tidak ihram dan tidak memburu untuk orang yang sedang ihram.
  • Tidak boleh mencabut tanaman di daerah Haram kecuali idzkhir.
  • Boleh membunuh lima binatang yang fasik.
  • Dan binatang buruan dan tanaman di tanah haram Madinah sama seperti di tanah haram Makkah kecuali bahwa siapa saja yang memotong tanamannya atau memangkas dahannya maka peralatannya halal bagi yang mendapatkannya.
  • Haram berburu di lembah Wajj (di Thaif) dan haram pula pepohonannya.
فَصۡلٌ وَعِنۡدَ قُدُومِ الۡحَاجِّ مَكَّةَ يَطُوفُ لِلۡقُدُومِ سَبۡعَةَ أَشۡوَاطٍ، يَرۡمُلُ فِي الثَّلَاثَةِ الۡأَوَّلِ، وَيَمۡشِي فِيمَا بَقِيَ، وَيُقَبِّلُ الۡحَجَرَ الۡأَسۡوَدَ أَوۡ يَسۡتَلِمُهُ بِمِحۡجَنٍ وَيُقَبِّلُ الۡمِحۡجَنَ وَنَحۡوَهُ، وَيَسۡتَلِمُ الرُّكۡنَ الۡيَمَانِي، وَيَكۡفِي الۡقَارِنَ طَوَافٌ وَاحِدٌ وَسَعۡيٌ وَاحِدٌ، وَيَكُونُ حَالُ الطَّوَافِ مُتَوَضِّئًا سَاتِرًا لِعَوۡرَتِهِ، وَالۡحَائِضُ تَفۡعَلُ مَا يَفۡعَلُ الۡحَاجُّ، غَيۡرَ أَنۡ لَا تَطُوفَ بِالۡبَيۡتِ، وَيُنۡدَبُ الذِّكۡرُ حَالَ الطَّوَافِ بِالۡمَأۡثُورِ، وَبَعۡدَ فَرَاغِهِ يُصَلِّي رَكۡعَتَيۡنِ فِي مَقَامِ إِبۡرَاهِيمَ، ثُمَّ يَعُودُ إِلَى الرُّكۡنِ فَيَسۡتَلِمُهُ.

Pasal

  • Ketika orang yang haji tiba di Makkah, maka ia tawaf karena kedatangan (tawaf qudum) sebanyak tujuh putaran. Berlari kecil pada tiga putaran awal dan berjalan pada putaran sisanya.
  • Disyariatkan mencium Hajar Aswad atau menyentuhnya dengan tongkat lalu mencium tongkat itu atau semisalnya.
  • Mengusap Rukun Yamani.
  • Bagi yang haji kiran cukup tawaf dan sai satu kali.
  • Tawaf harus dilakukan dengan berwudu dan menutup auratnya.
  • Wanita yang haid melakukan semua yang diperbuat jamaah haji kecuali ia tidak boleh tawaf di Kakbah.
  • Disunahkan berzikir ketika tawaf dengan zikir yang teriwayatkan dari Nabi.
  • Setelah selesai tawaf, ia salat dua rakaat di Maqam Ibrahim. Kemudian ia kembali ke Hajar Aswad dan menyentuhnya.
فَصۡلٌ وَيَسۡعَى بَيۡنَ الصَّفَا وَالۡمَرۡوَةَ سَبۡعَةَ أَشۡوَاطٍ دَاعِيًا بِالۡمَأۡثُورِ، وَإِذَا كَانَ مُتَمَتِّعًا صَارَ بَعۡدَ السَّعۡيِ حَلَالًا، حَتَّى إِذَا كَانَ يَوۡمُ التَّرۡوِيَةِ أَهَلَّ بِالۡحَجِّ.

Pasal

  • Sai antara Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali dengan berdoa dengan doa yang disyariatkan.
  • Apabila ia haji tamatuk, maka setelah sai ia telah halal sampai kemudian pada hari tarwiyah ia berihlal untuk haji.
فَصۡلٌ ثُمَّ يَأۡتِي عَرَفَةَ صُبۡحَ يَوۡمِ عَرَفَةَ مُلَبِّيًا مُكَبِّرًا، وَيَجۡمَعُ الۡعَصۡرَيۡنِ فِيهَا وَيَخۡطُبُ ثُمَّ يُفِيضُ مِنۡ عَرَفَةَ وَيَأۡتِي الۡمُزۡدَلِفَةَ وَيَجۡمَعُ فِيهَا بَيۡنَ الۡعِشَاءَيۡنِ، وَيَبِيتُ بِهَا ثُمَّ يُصَلِّي الۡفَجۡرَ، وَيَأۡتِي الۡمَشۡعَرَ فَيَذۡكُرُ اللهَ عِنۡدَهُ وَيَقِفُ بِهِ إِلَى قَبۡلِ طُلُوعِ الشَّمۡسِ ثُمَّ يَدۡفَعُ حَتَّى يَأۡتِي بَطۡنَ مُحَسِّرٍ، ثُمَّ يَسۡلُكُ الطَّرِيقَ الۡوُسۡطَى إِلَى الۡجَمۡرَةِ الَّتِي عِنۡدَ الشَّجَرَةِ وَهِيَ جَمۡرَةُ الۡعَقَبَةِ فَيَرۡمِيهَا بِسَبۡعِ حَصَيَاتٍ يُكَبِّرُ مَعَ كُلِّ حَصَاةٍ، وَلَا يَرۡمِيهَا إِلَّا بَعۡدَ طُلُوعِ الشَّمۡسِ، إِلَّا النِّسَاءَ وَالصِّبۡيَانَ فَيَجُوزُ لَهُمۡ قَبۡلَ ذٰلِكَ، وَيَحۡلِقُ رَأۡسَهُ أَوۡ يُقَصِّرُهُ فَيَحِلُّ لَهُ كُلُّ شَيۡءٍ إِلَّا النِّسَاءَ، وَمَنۡ حَلَقَ أَوۡ ذَبَحَ أَوۡ أَفَاضَ إِلَى الۡبَيۡتِ قَبۡلَ أَنۡ يَرۡمِيَ فَلَا حَرَجَ، ثُمَّ يَرۡجِعُ إِلَى مِنًى فَيَبِيتُ بِهَا لَيَالِي التَّشۡرِيقِ، وَيَرۡمِي فِي كُلِّ يَوۡمٍ مِنۡ أَيَّامِ التَّشۡرِيقِ الۡجَمَرَاتِ الثَّلَاثَ بِسَبۡعِ حَصَيَاتٍ مُبۡتَدِئًا بِالۡحَمۡرَةِ الدُّنۡيَا ثُمَّ الۡوُسۡطَى ثُمَّ جَمۡرَةِ الۡعَقَبَةِ، وَيُسۡتَحَبُّ لِمَنۡ يَحُجُّ بِالنَّاسِ أَنۡ يَخۡطُبَهُمۡ يَوۡمَ النَّحۡرِ، وَفِي وَسَطِ أَيَّامِ التَّشۡرِيقِ وَيَطُوفُ الۡحَاجُّ طَوَافَ الۡإِفَاضَةِ وَهُوَ طَوَافُ الزِّيَارَةِ يَوۡمَ النَّحۡرِ، وَإِذَا فَرَغَ مِنۡ أَعۡمَالِ الۡحَجِّ طَافَ لِلۡوَدَاعِ.

Pasal

  • Kemudian ia mendatangi padang Arafah pada waktu Subuh di hari Arafah dengan bertalbiyah dan bertakbir.
  • Menjamak Zuhur dan Asar di situ dan khotbah.
  • Kemudian keluar dari Arafah mendatangi Muzdalifah dan menjamak Maghrib dan Isya.
  • Lalu bermalam di situ dan salat Subuh.
  • Lalu mendatangi Masy’aril Haram, kemudian berzikir kepada Allah di situ dan berhenti sampai sebelum terbit matahari.
  • Kemudian meninggalkan tempat itu sampai di lembah Muhassir.
  • Kemudian ia menempuh jalan yang tengah ke arah jamrah yang ada di sebelah pohon, yaitu Jamrah Aqabah. Ia melemparinya dengan tujuh kerikil. Setiap kerikil ia bertakbir. Dan ia tidak boleh melemparnya kecuali setelah terbit matahari. Kecuali bagi wanita dan anak kecil, boleh bagi mereka melempar sebelum itu.
  • Lalu menggundul kepala dan memangkas pendek seluruh rambut kepala, maka setelah ini semua halal baginya kecuali menggauli istri.
  • Siapa saja yang menggundul, menyembelih, atau tawaf ifadhah di Kakbah sebelum melempar, tidak mengapa.
  • Kemudian kembali ke Mina lalu bermalam di sana selama malam-malam tasyrik.
  • Setiap hari dari hari-hari tasyrik disyariatkan melempar tiga jamrah masing-masing dengan tujuh kerikil, dimulai dari jamrah yang paling dekat (jamrah ula), kemudian tengah (jamrah wusta), lalu Jamrah Aqabah.
  • Disunahkan bagi siapa yang memimpin haji serombongan manusia untuk berkhotbah kepada mereka pada hari Nahar dan pada pertengahan hari-hari tasyrik.
  • Orang yang berhaji disyariatkan tawaf ifadhah, yaitu tawaf kunjungan pada hari Nahar.
  • Apabila setelah selesai dari amalan haji, disyariatkan tawaf wada.
فَصۡلٌ وَالۡهَدۡيُ أَفۡضَلُهُ الۡبَدَنَةُ، ثُمَّ الۡبَقَرَةُ، ثُمَّ الشَّاةُ، وَتُجۡزِىءُ الۡبَقَرَةُ وَالۡبَدَنَةُ عَنۡ سَبۡعَةٍ، وَيَجُوزُ لِلۡمُهۡدِي أَنۡ يَأۡكُلَ مِنۡ لَحۡمِ هَدۡيِهِ وَيَرۡكَبَ عَلَيۡهِ؛ وَيُنۡدَبُ إِشۡعَارُهُ وَتَقَلِيدُهُ، وَمَنۡ بَعَثَ بِهَدۡيٍ لَمۡ يَحۡرُمۡ عَلَيۡهِ شَيۡءٌ مِمَّا يَحۡرُمُ عَلَى الۡمُحۡرِمِ. 

Pasal

  • Hadyu yang paling afdal adalah unta, lalu sapi, lalu kambing.
  • Sapi dan unta cukup untuk tujuh orang.
  • Orang yang berhadyu boleh untuk makan dari daging binatang sembelihannya dan menungganginya.
  • Disunahkan isy’ar (memberi tanda dengan menyobek punuk unta / sapi sehingga darahnya mengalir pada rambutnya) dan memberinya kalung.
  • Siapa saja yang mengirimkan hadyu, maka tidak haram atasnya apa-apa yang diharamkan untuk orang yang berihram. 

بَابُ الۡعُمۡرَةِ الۡمُفۡرَدَةِ

يُحۡرِمُ لَهَا مِنَ الۡمِيقَاتِ، وَمَنۡ كَانَ فِي مَكَّةَ خَرَجَ ِإلَى الۡحِلِّ ثُمَّ يَطُوفُ وَيَسۡعَى وَيَحۡلِقُ أَوۡ يُقَصِّرُ؛ وَهِيَ مَشۡرُوعَةٌ فِي جَمِيعِ السَّنَةِ.

Bab Umrah Tersendiri

  • Melakukan ihram mulai dari mikat-mikat. Siapa saja yang tinggal di Makkah, maka harus keluar ke tanah halal.
  • Kemudian tawaf, sai, dan menggundul atau mencukur pendek semua rambut.
  • Umrah disyariatkan di sepanjang tahun.


dari ismailibnuisa.blogspot.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi