[AUDIO] Pasal ke 4: Keutamaan Shalat - Ustadz Muhammad Higa

[AUDIO] Pasal ke 4: Keutamaan Shalat - Ustadz Muhammad Higa Download MP3 Audio rekaman kajian
๐Ÿ“˜ Sifat Shalat
๐Ÿ‘ค Ustadz Muhammad Higa
๐Ÿ  Masjid Nurul Hujjaj, Wojo, Bantul


๐Ÿ“ข Pasal ke 4: Keutamaan Shalat
๐Ÿ“† 07/12/2015

๐Ÿ’พ https://drive.google.com/uc?id=1JVN3tMhUBFWABhW4vacrP-E0Ss0lag8q&export=download

Bismillah.
Faedah Taklim Malam Selasa, pertemuan ke-5
Pembahasan Kitab Shifat Shalat
Karya Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin

PASAL KEEMPAT
KEUTAMAAN SHALAT DAN FAEDAH-FAEDAHNYA

Telah banyak dalil-dalil dalam Kitab Allah Ta'ala maupun Sunnah Rasul-Nya shallallaah alaihi wa sallam mengenai keutamaan Shalat dan penjagaan terhadapnya, berupa dorongan (targhib) serta hasungan kepadanya.
Allah Ta'ala berfirman:
{ู‚َุฏْ ุฃَูْู„َุญَ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ُูˆู†َ }1{ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู‡ُู…ْ ูِูŠ ุตَู„َุงุชِู‡ِู…ْ ุฎَุงุดِุนُูˆู†َ }2
"Sungguh beruntung kaum mukminin. Yaitu orang-orang yang mereka itu khusyu' dalam SHALATnya". [Al-Mu'minun: 1-2].
Allah Ta'ala juga berfirman:

( ุฅِู†َّ ุงู„ْุฅِู†ุณَุงู†َ ุฎُู„ِู‚َ ู‡َู„ُูˆุนًุง )19( ุฅِุฐَุง ู…َุณَّู‡ُ ุงู„ุดَّุฑُّ  ุฌَุฒُูˆุนًุง) 20( ูˆَุฅِุฐَุง ู…َุณَّู‡ُ  ุงู„ْุฎَูŠْุฑُ ู…َู†ُูˆุนًุง) 21( ุฅِู„َّุง  ุงู„ْู…ُุตَู„ِّูŠู†َ) 22( ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู‡ُู…ْ  ุนَู„َู‰ٰ ุตَู„َุงุชِู‡ِู…ْ ุฏَุงุฆِู…ُูˆู†َ) 23( ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ูِูŠ  ุฃَู…ْูˆَุงู„ِู‡ِู…ْ ุญَู‚ٌّ ู…َّุนْู„ُูˆู…ٌ) 24( ู„ِّู„ุณَّุงุฆِู„ِ ูˆَุงู„ْู…َุญْุฑُูˆู…ِ) 25( ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠُุตَุฏِّู‚ُูˆู†َ  ุจِูŠَูˆْู…ِ ุงู„ุฏِّูŠู†ِ) 26( ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ู‡ُู… ู…ِّู†ْ ุนَุฐَุงุจِ  ุฑَุจِّู‡ِู… ู…ُّุดْูِู‚ُูˆู†َ) 27( ุฅِู†َّ ุนَุฐَุงุจَ ุฑَุจِّู‡ِู…ْ ุบَูŠْุฑُ ู…َุฃْู…ُูˆู†ٍ) 28( ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ู‡ُู…ْ  ู„ِูُุฑُูˆุฌِู‡ِู…ْ ุญَุงูِุธُูˆู†َ) 29( ุฅِู„َّุง ุนَู„َู‰ٰ ุฃَุฒْูˆَุงุฌِู‡ِู…ْ ุฃَูˆْ ู…َุง  ู…َู„َูƒَุชْ ุฃَูŠْู…َุงู†ُู‡ُู…ْ ูَุฅِู†َّู‡ُู…ْ  ุบَูŠْุฑُ ู…َู„ُูˆู…ِูŠู†َ) 30( ูَู…َู†ِ  ุงุจْุชَุบَู‰ٰ ูˆَุฑَุงุกَ ุฐَٰู„ِูƒَ  ูَุฃُูˆู„َٰุฆِูƒَ ู‡ُู…ُ ุงู„ْุนَุงุฏُูˆู†َ) 31( ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ู‡ُู…ْ ู„ِุฃَู…َุงู†َุงุชِู‡ِู…ْ  ูˆَุนَู‡ْุฏِู‡ِู…ْ ุฑَุงุนُูˆู†َ) 32( ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ู‡ُู… ุจِุดَู‡َุงุฏَุงุชِู‡ِู…ْ  ู‚َุงุฆِู…ُูˆู†َ) 33( ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ู‡ُู…ْ ุนَู„َู‰ٰ ุตَู„َุงุชِู‡ِู…ْ ูŠُุญَุงูِุธُูˆู†َ) 34( ุฃُูˆู„َٰุฆِูƒَ ูِูŠ ุฌَู†َّุงุชٍ  ู…ُّูƒْุฑَู…ُูˆู†َ) 35

"Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat resah gelisah.
Apabila ditimpa kesusahan dia gelisah. 
Dan apabila mendapat kebaikan dia bakhil.
Kecuali orang yang SHALAT.
Yang mereka itu senantiasa mengerjakan SHALATnya.
Dan orang yang dalam hartanya tersedia hak tertentu. 
Untuk orang yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa.
Dan orang yang membenarkan Hari Pembalasan.
Dan orang yang takut terhadap adzab Rabb-nya.
Sesungguhnya adzab Rabb mereka itu, tidak seorang pun merasa aman.
Dan orang yang memelihara kemaluannya.
Kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau yang mereka miliki dengan tangan kanan mereka, maka sesungguhnya mereka itu tidak tercela. 
Sesiapa mencari yang selain itu, maka mereka itulah orang yang melampaui batas. 
Dan orang yang memelihara amanah dan janjinya. 
Dan orang yang menegakkan kesaksiannya.
Dan orang yang memelihara SHALATnya.
Mereka itu dalam surga lagi dimuliakan". [Al-Ma'aarij: 19-35]

Adapun sisi pendalilan yang menunjukkan akan keutamaan shalat yaitu bahwasanya Allah mengawali penyebutan sifat-sifat mulia di dalam kedua surat di atas dengan menyebutkan shalat, dan juga menutupnya juga dengan (menyebutkan) shalat. Tidak lain yang demikian itu melainkan karena keutamaan shalat di atas seluruh amalan lain.
Allah Ta'ala berfirman:
(ุงุชْู„ُ ู…َุง ุฃُูˆุญِูŠَ ุฅِู„َูŠْูƒَ ู…ِู†َ ุงู„ْูƒِุชَุงุจِ ูˆَุฃَู‚ِู…ِ ุงู„ุตَّู„َุงุฉَ ۖ)
"Bacalah apa yang diwahyukan kepadamu berupa al-Kitab (al-Qur'an), dan tegakkanlah shalat" [Al-Ankabut: 45]
Maka Allah telah mengkhususkan (penyebutan) shalat diantara semua amalan lain (yang diwahyukan, pent.), ini menjadi dalil yang menunjukkan akan keutamaannya juga.
Allah Ta'ala berfirman:
(ุญَุงูِุธُูˆุง ุนَู„َู‰ ุงู„ุตَّู„َูˆَุงุชِ ูˆَุงู„ุตَّู„َุงุฉِ ุงู„ْูˆُุณْุทَู‰ٰ ูˆَู‚ُูˆู…ُูˆุง ู„ِู„َّู‡ِ ู‚َุงู†ِุชِูŠู†َ )
"Jagalah shalat, dan shalat Wustha (Ashr), dan berdirilah hanyauntuk Allah dengan penuh ketundukan" [Al-Baqarah: 238].
Maka perintah untuk menjaga shalat di atas, menunjukkan bahwa shalat memiliki kedudukan yang besar.

Shalat juga merupakan rukun berupa perbuatan yang pertama kali diwajibkan atas kaum muslimin.
Shalat juga merupakan perkara pertama diantara hak-hak Allah yang akan diperhitungkan hisabnya terhadap seorang hamba pada Hari Kiamat kelak.
Disebutkan dalam hadits:

ุนَู†ْ ุฃَู†َุณٍ ู‚َุงู„َ: ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ: " ุฅِู†َّ ุฃَูˆَّู„َ ู…َุง ุงูْุชَุฑَุถَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َู‰ ุงู„ู†َّุงุณِ ู…ِู†ْ ุฏِูŠู†ِู‡ِู…ُ ุงู„ุตَّู„َุงุฉُ

"Sesungguhnya hal pertama yang diwajibkan Allah atas manusia dari agama mereka adalah shalat, dan yang terakhir tersisa ialah shalat"

ุฅِู†َّ ุฃَูˆَّู„َ ู…َุง ูŠُุญَุงุณَุจُ ุงู„ู†َّุงุณُ ุจِู‡ِ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉِ ู…ِู†ْ ุฃَุนْู…َุงู„ู‡ِู…ُ ุงู„ุตَّู„َุงุฉُ»، ู‚َุงู„َ: " ูŠَู‚ُูˆู„ُ ุฑَุจُّู†َุง ุฌَู„َّ ูˆَุนَุฒَّ ู„ِู…َู„َุงุฆِูƒَุชِู‡ِ ูˆَู‡ُูˆَ ุฃَุนْู„َู…ُ: ุงู†ْุธُุฑُูˆุง ูِูŠ ุตَู„َุงุฉِ ุนَุจْุฏِูŠ ุฃَุชَู…َّู‡َุง ุฃَู…ْ ู†َู‚َุตَู‡َุง؟ ูَุฅِู†ْ ูƒَุงู†َุชْ ุชَุงู…َّุฉً ูƒُุชِุจَุชْ ู„َู‡ُ ุชَุงู…َّุฉً، ูˆَุฅِู†ْ ูƒَุงู†َ ุงู†ْุชَู‚َุตَ ู…ِู†ْู‡َุง ุดَูŠْุฆًุง، ู‚َุงู„َ: ุงู†ْุธُุฑُูˆุง ู‡َู„ْ ู„ِุนَุจْุฏِูŠ ู…ِู†ْ ุชَุทَูˆُّุนٍ؟ ูَุฅِู†ْ ูƒَุงู†َ ู„َู‡ُ ุชَุทَูˆُّุนٌ، ู‚َุงู„َ: ุฃَุชِู…ُّูˆุง ู„ِุนَุจْุฏِูŠ ูَุฑِูŠุถَุชَู‡ُ ู…ِู†ْ ุชَุทَูˆُّุนِู‡ِ، ุซُู…َّ ุชُุคْุฎَุฐُ ุงู„ْุฃَุนْู…َุงู„ُ ุนَู„َู‰ ุฐَุงูƒُู…ْ

"Hal pertama yang akan diperhitungkan adalah shalat. Allah akan mengatakan; Lihatlah pada shalatnya hamba-Ku. Maka jika sempurna shalatnya, dituliskan sempurna pula, namun apabila shalatnya ada kekurangan, Allah mengatakan; Lihatlah apakah ada ibadah tambahan untuk hamba-Ku? Maka jika dijumpai ia memiliki ibadah tambahan, disempurnakan shalat wajibnya dari shalat sunnahnya". (1)

Dan dari Abdullah bin 'Amru -radhiyallah 'anhu-, ia berkata:

 ุฅِู†َّ ุฑَุฌُู„ًุง ุฌَุงุกَ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ، ูَุณَุฃَู„َู‡ُ ุนَู†ْ ุฃَูْุถَู„ِ ุงู„ْุฃَุนْู…َุงู„ِ؟ ูَู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ: " ุงู„ุตَّู„َุงุฉُ "، ุซُู…َّ ู‚َุงู„َ: ู…َู‡ْ؟ ู‚َุงู„َ: " ุงู„ุตَّู„َุงุฉُ "، ุซُู…َّ ู‚َุงู„َ: ู…َู‡ْ؟ ู‚َุงู„َ: " ุงู„ุตَّู„َุงุฉُ " ุซَู„َุงุซَ ู…َุฑَّุงุชٍ ู‚َุงู„َ: ูَู„َู…َّุง ุบَู„َุจَ ุนَู„َูŠْู‡ِ، ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ: " ุงู„ْุฌِู‡َุงุฏُ ูِูŠ ุณَุจِูŠู„ِ ุงู„ู„ู‡ِ

"Sesungguhnya ada seorang lelaki datang kepada Nabi shallallaah alaihi wa sallam, lalu ia bertanya tentang amalan yang paling utama. Maka Rasulullah shallallaah alaihi wa sallam bersabda: "Shalat". Kemudian ia berkata: "Cukup itu saja?", beliau bersabda: "Shalat". Kemudian ia berkata lagi: "Cukup itu saja?, beliau bersabda: "Shalat", tiga kali.
Ia (Abdullah) berkata: Maka tatkala orang tadi merasa kalah, barulah Rasulullah shallallaah alaihi wa sallam bersabda: "Jihad di jalan Allah". Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan juga Ibnu Hibban. (2)

Nabi shallallaah alaihi wa sallam juga pernah bersabda:

ุนَู†ْ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุจْู†ِ ุนَู…ْุฑٍูˆ، ู‚َุงู„َ: ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ: «ุงุณْุชَู‚ِูŠู…ُูˆุง، ูˆَู„َู†ْ ุชُุญْุตُูˆุง، ูˆَุงุนْู„َู…ُูˆุง ุฃَู†َّ ู…ِู†ْ ุฃَูْุถَู„ِ ุฃَุนْู…َุงู„ِูƒُู…ُ ุงู„ุตَّู„َุงุฉَ، ูˆَู„َุง ูŠُุญَุงูِุธُ ุนَู„َู‰ ุงู„ْูˆُุถُูˆุกِ ุฅِู„َّุง ู…ُุคْู…ِู†ٌ

"Luruslah, dan kalian takkan sanggup. Ketahuilah bahwa sebaik-baik amalan kalian adalah shalat, dan tidak ada yang selalu menjaga wudhu melainkan benar-benar seorang mukmin". (3)

Beliau shallallaah alaihi wa sallam juga pernah ditanya tentang amalan apa yang bisa memasukkan ke dalam Jannah, maka beliau menjawab:

ุนَู„َูŠْูƒَ ุจِูƒَุซْุฑَุฉِ ุงู„ุณُّุฌُูˆุฏِ؛ ูَุฅِู†َّูƒَ ู„َุงุชَุณْุฌُุฏُ ู„ِู„َّู‡ِ ุณَุฌْุฏَุฉً ุฅِู„َّุง ุฑَูَุนَูƒَ ุงู„ู„ู‡ُ ุจِู‡َุง ุฏَุฑَุฌَุฉً، ูˆَุญَุทَّ ุนَู†ْูƒَ ุจِู‡َุง ุฎَุทِูŠุฆَุฉً

"Hendaknya engkau memperbanyak sujud untuk Allah, karena tidaklah engkau bersujud satu kali saja hanya untuk Allah kecuali Allah pasti mengangkatmu dengan satu derajat dan menghapus satu kesalahan dengannya". Diriwayatkan oleh Muslim (4)

Demikianlah hadits-hadits seputar keutamaan shalat, dan ini hanya sedikit dari yang sekian banyak. Sengaja kami buat ringkas karena khawatir menjadi panjang pembahasannya dan membosankan.

------------------------
(1) -Penggalan akhir kalimat dikeluarkan oleh: Abu Dawud dalam Kitabus Shalat, Bab Qaulin Nabi shallallaah alaihi wa sallam "Kullu shalaatin..." (864), at-Tirmidzi juga dalam Kitabus Shalat, Bab Maa Jaa'a ann Awwala Maa Yuhaasabu (413), an-Nasaa'i dalam Kitaabus Shalaat, Baab al-Muhaasabah 'alas Shalaat (466), dan Ibnu Maajah dalam Kitaab Iqaamatus Shalawaat, Bab Maa Jaa'a fii Awwali Maa Yuhaasabu (1425).
    -Adapun penggalan awalnya dikeluarkan oleh Abu Ya'la (7/153).
(2) Dikeluarkan oleh Ahmad (2/172) dan Ibnu Hibban; Dzikru al-Khabari ad-Daali 'ala anna as-Shalaata al-Fariidhah Afdhal minal Jihaad al-Faridhah (1722).
(3) Hadits dikeluarkan oleh Ibnu Maajah dalam Kitaabut Thahaarah wa Sunaniha, Baab al-Muhaafazhah 'alal Wudhu' (277, 278), dan ad-Daarimi juga dalam Kitaab at-Thahaarah, Baab Maa Jaa fi at-Thuhuur (681), dan juga Ahmad (5/276)
(4) Dikeluarkan oleh Muslim dalam Kitaabus Shalaat, Baab Fadhlu as-Sujuud (488)

dari t.me/taklim

Kunjungi juga
๐Ÿ“Ustadz Muhammad Higa (Kumpulan Audio dan Artikel/Faidah)
๐Ÿ“kitab sifat shalat nabi (Kumpulan audio dan matan/syarah)
๐Ÿ“salafy bantul (Info dakwah dan jadwal kajian)

Keyword (Kata Kunci) : pengajian islam, audio mp3, kajian sunnah, kajian ilmiah, audio salafy terbaru, download audio kajian salaf, rekaman kajian, audio kajian, salafy indonesia, kajian audio mp3, ceramah agama, kajian islam, ilmu syar'i, ayo ngaji, majelis taklim, telegram, website, blog, dakwah, channel, streaming, update, online, radio islam indonesia, RII, asatidzah, salaf, muslim, ahlussunnah wal jama'ah, islami, manhaj salaf, al qur'an dan sunnah, ayat dan hadits, nasehat, motivasi, pengingat diri, peringatan, sholat, bantul,

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi