Berangkat Pada Pagi Hari

🌷🔹SILSILAH DURUS RIYADHIS SHOLIHIN🔹🌷

🚗🚕ADAB SAFAR ; BERANGKAT DI PAGI HARI

 🇸🇦🇲🇨
وعن صخْرِ بنِ وَدَاعَةَ الغامِدِيِّ الصَّحابيِّ رضي اللَّه عنْهُ، أَنَّ رسُول اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ:"اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتي في بُكُورِها "وكَان إِذا بعثَ سَرِيَّةً أَوْ جَيْشَاً بعَثَهُم مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ وَكان صخْرٌ تَاجِراً، وَكَانَ يَبْعثُ تِجارتهُ أَوَّلَ النَّهار، فَأَثْرى وكَثُرَ مالُهُ. رواه أَبو داود والترمذيُّ وَقالَ: حديثٌ حسن.
 
✅Artinya : Dari Shokr bin Wada’ah Al Ghomidi, Radhiyallahu ‘anhu Bahwasanya Nabi Shollallahu ‘alaihi Wa Sallam, bersabda : “ Wahai Allah, Karuniakanlah kebaikan yang banyak pada umatku pada waktu Bukur (awal siang) mereka “ dan dahulu Nabi kalau mengutus pasukan beliau mengutusnya pada awal siang , dan dahulunya Shokr Radhiyallahu ‘anhu adalah seorang pedagang, beliau biasa mengirim barang dagangannya pada awal siang, maka dia menjadi kaya raya dan melimpah hartanya

📖(HR Abu daud dan At tirmidzi dan beliau berkata, Hadits Hasan)

💯Hadits Ini dishohihkan oleh Al Imam Al Albany dalam kitab Shohih At Tirmidzi, Pada Hadits ini nabi meminta kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk mengkaruniakan kebaikan yang banyak kepada umatnya yang beramal pada waktu Bukur. Berkata Asy Syaikh Al Utsaimin dalam syarh riyadhusssolihin waktu Bukur adalah di Awal siang.

💾Secara Bahasa AL BUKUR artinya adalah Awal Siang sampai terbit Matahari, sedangkan An Nahar (siang) secara bahasa adalah cahaya yang ada antar terbit fajar sampai tenggelam matahari (Mu'jam Lughotil Arabiyyah Al Mu'ashiroh)

📣Asy Syaikh Al Utsaimin mengatakan :

Allah Ta’ala berfirman :

وَجَعَلْنَا النَّهَارَ مَعَاشًا

Artinya : "Dan kami jadikan siang (An Nahar)  sebagai penghidupan “

✅“Maka barang siapa yang menghadapi harinya (untuk beramal ) pada waktu ini , akan membuat dia mendapatkan barakah (kebaikan) yang banyak “ (Syarh Riyadhus Sholihin 3/78)

👉Kesimpulan: Awal siang
(al Bukur) yg dimaksud dlm konteks hadits ini adalah dari setelah fajar sampai masuk waktu dhuha (terbitnya matahari)

Allahu A’lam Bisshowab

📝Ditulis oleh : Ustadz Abu Khuzaimah Al Fadanji Hafizhahullah

(Padang 27 Shofar 1437 H, Des 2015)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~
📡🌍 Publikasi :
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Link Access :
📟https://bit.ly/1SG3mC3
---------------------------
📮https://telegram.me/SilsilatusSholihin

====================
🇮🇩💫Ⓜ️Ma'had Silsilatus Sholihin Padang
Pada 09.12.2015


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi