Jangan Safar Sendirian

🌺🎋🔹SILSILAH DURUS : RIYADHUS SHOLIHIN  (4)🔹🎋🌺

🚙📖 KITAB ADAB SAFAR

🚫🚗 JANGAN SAFAR SENDIRIAN..!!

🇸🇦🇲🇨
عن ابن عمر رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لو أن الناس يعلمون من الوحدة ما أعلم ما سار راكب بليل وحده رواه البخاري
✅Artinya : Dari ibnu Umar, Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata , berkata Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam: “Seandainya manusia mengetahui apa yang aku ketahui dari safar bersendirian , maka mereka tidak akan, melakukan safar sendiri pada malam hari.
📙(HR Al Bukhari 2998)”

💯Syarh (Penjelasan) Hadits : Oleh Asy Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin : “Tidak sepantasnya bagi seseorang untuk melakukan safar (berpergian) sendirian , karena bisa jadi dia tertimpa sakit, atau tidak sadarkan ”diri, atau dia dikuasai oleh seseorang (yang berniat jahat; pen) dan hal-hal terlarang lainnya. yang mana tidak ada seorangpun yang bisa membela dia atau mengabarkan (tentang keadaan) dia dan hal hal yang semisal itu.

✅(Hukum ini) berlaku untuk orang yang melakukan safar yang benar-benar terjadi kesendirian dalam safar tersebut.  Adapun pada safar yang dilakukan dalam keadaan (di jalan) yang umum, yang dilalui oleh kendaraan setiap detik, maka (jika seseorang berada pada mobil sendirian) pada keadaan safar yang semisal ini ,  hal ini tidak termasuk dalam larangan hadits (lihat syarh Riyadhus Sholihin , oleh Syaikh Al Utsaimin)

📝Ditulis oleh : Ustadz Abu Khuzaimah Al Fadanji Hafizhahullah

📮(Padang 4 Rabi’ Al Awwal 1437 H, Des 2015)
___________________

Posting :
Rabu, 16 Des 2015
Jam 13.45 wib

~~~~~~~~~~~~~~~~~~
📡🌍 Publikasi :
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Link Access :
📟https://bit.ly/1SG3mC3
---------------------------
📮https://telegram.me/SilsilatusSholihin

====================
🇮🇩💫Ⓜ️Ma'had Silsilatus Sholihin Padang


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi