Fawaaid Channel Telegram Tajwid Muslimah Bulan Januari 2016


روضة المجودين, [24.01.16 14:32]
📕 Al Ghōribul Al Qirō'ah 📚
..: Pert. 1: Muqaddimah :..
----------✿✿✿----------

        ﺑﺴﻢ اللّٰه ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ.

   ﺍﻟﺤﻤﺪ لله ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ اللّٰه ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻣﻦ ﻭﺍﻟﺎﻩ، ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ:

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

💐Akhawati fillāh, semoga Allāh merahmati kami, dan kalian semua, In Syā' Allāh pada hari ini kita akan mulai pelajaran kita, yaitu:
👉"Al Ghōribul Al Qirō'ah" yang termasuk dalam salah satu bab dalam ilmu tajwid.

✒️Kami memilih bab ini, agar kalian dapat memahami bacaan-bacaan asing di dalam Al Qur'ān.

📝Sebelum kita mulai, kami mengharapkan agar kalian
-Bārakallāhu Fīkunna- bukan hanya sekadar membaca, dan memahami setiap pelajaran yang ada, melainkan dianjurkan untuk menulisnya, namun bukan merupakan suatu yang wajib yang dapat membebani kalian. Yang dengannya, kami berharap agar pelajaran yang kalian dapatkan tidak hilang begitu saja.

☝️Kita memohon kepada Allāh agar Allāh memberikan kita ilmu yang bermanfaat, kemudahan untuk dapat mengamalkan ilmu, dan menjadikan amalan-amalan kita sebagai pemberat timbangan kebaikan di akhirat. Āmīn.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🌻DALIL KEUTAMAAN MEMBACA AL QUR'AN DENGAN TARTIL🌻

1⃣Al Qur'ān
Allāh Ta'ālā berfirman:
وَرَتِّلِ الْقُرْءَانَ تَرْتِیْلًا.
(القرآن الکریم سورة المزّمّل: ٤)
"... Dan bacalah Al Qur'ān itu dengan perlahan-lahan."
(QS. Al-Muzzammil: 4)
2⃣Hadits
Dari Al Bara' bin 'Azib Radhiyallāhu 'Anhu, beliau berkata, Rasulullāh Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda:
زَیِّنُوا الْقُرْآنَ بِأَصْوَاتِكُمْ!
"Hiasilah Al Qur'ān dengan suara-suara kalian!"
(HR. Abu Dawud, dan An Nasa'i dishahihkan oleh Syaikh Al Albani Rahimahullāh)

💺Sehingga dengan mempelajari Al Qur'ān, serta mengamalkannya, kita berharap agar termasuk ke dalam apa yang disabdakan Rasulullāh Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam sebagai berikut:

🌹Rasulullāh Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda dalam hadits 'Utsman bin 'Affan diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari Rahimahullāh:
خَیْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْءَانَ وَعَلَّمَهُ.
"Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Qur'ān, dan yang mengajarkannya."

🌻TAHAPAN MEMBACA AL QUR'AN🌻

✔️Secara umum, tahapan belajar Al Qur'ān dibagi menjadi 3, yaitu:
1⃣Belajar metode membaca Al Qur'ān dengan baik, dan benar dari dasar (jilid 1-6 khatam). Misal: Al Qiro'āh, Tahsin, dan yang semisalnya. Pada umumnya kalian lebih mengenal dengan "Iqro" yang terdiri dari beberapa jilid, Wallāhu A'lam.
2⃣Belajar Al Ghōribul Al Qirō'ah bersamaan dengan Al Qur'ān dari juz 1.
3⃣Belajar tajwid, dan penjelasan makna, serta istilah-istilah secara rinci.

🌻BACAAN GHORIB🌻

❓Apakah yang dimaksud bacaan ghorib?
👉Bacaan ghorib merupakan bacaan asing dalam Al Qur'ān dimana antara tulisan dengan cara membacanya tidak sama, sehingga harus dipelajari secara khusus agar tidak salah dalam membacanya, yang tentunya jika disengaja akan berdosa, dan berkurang pahalanya, hal ini disebabkan akan berbeda maknanya dengan yang seharusnya.

❓Lalu mengapa bacaan ghorib tidak ditulis langsung saja yang benar (antara tulisan, dan cara membacanya) agar tidak salah dalam membacanya?
👉Karena memang harus demikian, sudah baku (tauqify) penulisannya pada rotsmul utsmani (mushaf dari Saudi dimana penulisannya bersumber dari mushaf yang dikirim khalifah Utsman bin 'Affan radhiyallāhu 'anhu ke daerah-daerah islam untuk digandakan, Wallāhu A'lam), jadi tidak boleh diganti sendiri, sebab dalam penulisan rotsmul utsmani terdapat penambahan/pengurangan/pergantian huruf.

🔑Selain "bacaan ghorib", di dalam Al Qur'ān juga terdapat "bacaan musykillah".

❓Bacaan musykillah, yaitu bacaan hati-hati yang mengandung isykal (kesulitan) yang sebenarnya antara tulisan, dan cara membacanya sama, namun lisan sering terpleset, sehingga salah membaca.

❗️Perhatikan kedua contoh bacaan ghorib berikut:
1。Pada أَنَا-فَأَنَا
👉Na-nya نَا dibaca pendek.
(QS. Al Anbiya: 25)
2。Pada جَآءَنَا
👉Naa-nya نَا dibaca panjang 2 harakat.
(QS. Al Maidah: 19)

✒️Kedua contoh tersebut merupakan contoh bacaan ghorib yang sama-sama mengandung "نَا", namun berbeda cara membacanya.

#ghorib

روضة المجودين, [24.01.16 14:32]
⭕️ Tulisan: أَنَا/فَأَنَا.
🔉Cara membacanya: na (dibaca pendek).
⭕️Tulisan: جَآءَنَا.
🔉Cara membacanya: naa (dibaca panjang 2 harakat).
❓Ada yang tahu alasannya?

Na'am.
Perbedaan antara tulisan dengan cara membacanya inilah yang dinamakan bacaan ghorib.
❓Mengapa demikian?

✈️Penjelasan akan datang pada pertemuan berikutnya, In Syā' Allāh.

🌺Semoga Allāh Ta'ālā senantiasa memberikan cahaya dan kesempurnaan iman kepada kita semua, karena dengan-Nya hati ini hidup dan tunduk kepada Allāh ‘Azza wa Jalla.

Wallāhu Ta'ālā A'lam bishShowāb.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

ﻭﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻧﺒﻴﻨﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ العالمين.
وزادنا الله علما نافعا.
وبارك الله فيكن.

----------------------------------------
✒️ Ditulis oleh Ummu 'Abdirrahmān حفظها الله.
📖 Muraja'ah: Ummu Ad Darda' Al Malanjiyyah حفظها الله.
----------------------------------------

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

🎀https://bit.ly/TajwidMuslimah

#ghorib

روضة المجودين, [24.01.16 14:34]
📕 Al Ghōribul Al Qirō'ah 📚
..: Pert. 2:  جَآءَنَا - فَأَنَا - أَنَا :..
----------✿✿✿----------

        ﺑﺴﻢ اللّٰه ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ.

   ﺍﻟﺤﻤﺪ لله ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻣﻦ ﻭﺍﻟﺎﻩ، ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ:

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

🌻Ana (أَنَا), Fa'ana (فَأَنَا), dan Jaaaa'anaa (جَآءَنَا)🌻

Pada pelajaran kali ini, kita akan mulai membahas contoh-contoh bacaan ghorib di dalam Al Qur'ān, sebagai berikut:

1⃣Pada أَنَا, dan فَأَنَا.

🔊Cara membaca:
✅Na-nya dibaca pendek ketika washal (dibaca tidak berhenti/bersambung).
👉Ana
✅Jika terpaksa waqaf (berhenti), naa dibaca panjang 2 harakat.
👉Anaa

🔐Alasan:
✅Na ( نَا ) pada أَنَا, dan فَأَنَا dibaca pendek ketika di washal, karena merupakan dhamir "ana" yang berarti "saya" dengan tanda di depan berupa hamzah bentuk alif ( أَ ). Sedangkan alif ( ا ) diakhir نَا hanya tambahan saja, jadi tidak memanjangkan bacaan hanya memang sudah seperti itu cara penulisannya pada rotsmul utsmani.
👉Kecuali jika terpaksa waqaf (berhenti) maka dibaca panjang 2 harakat.

🌻Contoh:
QS. Al-Anbiyaa: 25 ( أَنَا )
QS. Az-Zukhruf: 81 ( فَأَنَا )

Contoh ( أَنَا )
وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَسُولٍ إِلَّا نُوحِي إِلَيْهِ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدُونِ
-Wamaa arsalnaa min qablika min rasuulin illaa nuuhii ilayhi annahu laa ilaaha illaa ana fa'buduun-
(QS. Al-Anbiyaa: 25)
👆Perhatikan pada "ana".
Jika kita tidak cukup nafas atau ingin berhenti pada bacaan "ana" (waqaf), maka dibaca panjang 2 harakat, kemudian ibtida' (mengulang kembali) dari kalimat sebelumnya, dan washal dengan "ana" dibaca pendek. Pada saat mengulang dapat dimulai dari "annahu" atau "laaaa...".

Jadi, seperti ini bacanya (perhatikan pada "ana"):
1. Wamaa arsalnaa min qablika min rasuulin illaa nuuhii ilayhi annahu laa ilaaha illaa ana fa'buduun.
👆ketika washal "ana pendek"
2. Wamaa arsalnaa min qablika min rasuulin illaa nuuhii ilayhi annahu laa ilaaha illaa anaa (berhenti),
(lalu mengulang kembali dari) annahu laa ilaaha illaa ana fa'buduun.
👆ketika waqaf

Contoh ( فَأَنَا )
قُلْ إِنْ كَانَ لِلرَّحْمَٰنِ وَلَدٌ فَأَنَا أَوَّلُ الْعَابِدِينَ
-Qul in kaana lilrrahmaani waladun fa'ana awwalul 'aabidiin-
(QS. Az-Zukhruf: 81)
--->Sama dengan أَنَا cara membacanya.

2⃣Pada جَآءَنَا

🔊Cara membaca:
✅Naa-nya dibaca panjang 2 harakat ketika washal, dan waqaf.

🔐Alasan:
Naa ( نَا ) pada جَآءَنَا berarti "kami telah datang", dan bukan berarti "saya" pada dhamir ana (saya), melainkan dhamir nahnu (kami), dan didahului hamzah qoth'i (hamzah yang asli dalam bentuk hamzah 👉 ء , dia berharakat jika dibaca, dan tidak hilang ketika di washal). Jadi, karena dia bukan dhamir ana yang berarti "saya" maka cara membacanya jika washal, dan waqaf --> dibaca panjang 2 harakat.

🌻Contoh ( جَآءَنَا )
Al-Mulk: 9 ( جَآءَنَا )

قَالُوا بَلَىٰ قَدْ جَآءَنَا نَذِيرٌ فَكَذَّبْنَا وَقُلْنَا مَا نَزَّلَ اللَّهُ مِنْ شَيْءٍ إِنْ أَنْتُمْ إِلَّا فِي ضَلَالٍ كَبِيرٍ.

Qaluu balaa qad jaaaa'anaa nadziirun fakadzdzabna waqulnaa maa nazzala Allaahu min shay'in in antum illaa fii dhalaalin kabiir.
👆Perhatikan "anaa" pada "jaaaa'anaa".
Jika kita tidak cukup nafas atau ingin berhenti (waqaf) maupun ketika washal, maka dibaca panjang 2 harakat.

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

1⃣2⃣3⃣Sebagai latihan, cara menghitung harakat (misal 2 harakat) dapat menggunakan jam, yaitu dengan hitungan selama 2 detik atau menggunakan ketukan atau dengan menekuk jari. Kita dapat menerapkan cara mana saja yang mudah bagi kita, kecuali jika sudah mahir hanya dikira-kira saja selama 2 harakat maka tidak mengapa tanpa harus menggunakan alat bantu -In Syā' Allāh-.

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

⚠️Kesimpulan
1. Semua ulama' الرسم sepakat menulis (na) dengan ditambah alif di belakang.
2. Pada أَنَا, dan فَأَنَا semua ulama' qiro'ah sepakat membacanya PENDEK saat washal, dan PANJANG (2 harakat) saat waqaf pada bacaan yang mengandung dhamir ana atau saya.
👆penjelasan dalam kitab An Nasyr
3. Pada جَآءَنَا saat washal, dan waqaf dibaca PANJANG (2 harakat).

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

Wallāhu Ta'ālā A'lam bishShowāb.

🎀https://bit.ly/TajwidMuslimah

#ghorib

روضة المجودين, [24.01.16 14:36]
📕 Al Ghōribul Al Qirō'ah 📚
..: Pert. 3: الْأَنَامِلَ أَنَاسِيَّ أَنَابُوْا أَنَابَ :..
----------✿✿✿----------

         ﺑﺴﻢ اللّٰه ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ.

   ﺍﻟﺤﻤﺪ لله ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻣﻦ ﻭﺍﻟﺎﻩ، ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ:

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

3⃣Pada الْأَنَامِلَ أَنَاسِيَّ أَنَابُوْا أَنَابَ

❓Masih ingat dengan Ana (أَنَا), dan Faana (فَأَنَا)? Silakan dipelajari kembali contoh bacaan ghorib nomor satu.

✔️Semua "ana ( أَنَا )" yang diawali dengan alif ( أ ) yang berarti "saya" dibaca pendek, dan jika terpaksa waqaf dibaca panjang 2 harakat, kecuali pada 4 tempat berikut:
1⃣Pada أَنَابَ, artinya "kembali".
⚠️Adapun أَنَابَ, kembali disini maksudnya kembali dari perbuatan dosa (kesalahan/maksiat) yang berarti pula "bertaubat".
2⃣Pada أَنَابُوْا, artinya "(mereka) kembali".
3⃣Pada أَنَاسِيَّ, artinya "manusia".
4⃣Pada الْأَنَامِلَ, artinya "ujung jari". 

🌻 Contoh ( أَنَابَ )
وَيَقُولُ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوْلَا أُنْزِلَ عَلَيْهِ آيَةٌ مِنْ رَبِّهِ ۗ قُلْ إِنَّ اللَّهَ يُضِلُّ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي إِلَيْهِ مَنْ أَنَابَ.
(QS.  Ar-Ra'd: 27)

🌻 Contoh ( أَنَابُوْا )
وَالَّذِينَ اجْتَنَبُوا الطَّاغُوتَ أَنْ يَعْبُدُوهَا وَأَنَابُوا إِلَى اللَّهِ لَهُمُ الْبُشْرَىٰ ۚ فَبَشِّرْ عِبَادِ.
(QS. Az-Zumar: 17)

🌻 Contoh ( أَنَاسِيَّ )
لِنُحْيِيَ بِهِ بَلْدَةً مَيْتًا وَنُسْقِيَهُ مِمَّا خَلَقْنَا أَنْعَامًا وَأَنَاسِيَّ كثيرًا.
(QS.  Al-Furqān: 49)

🌻 Contoh ( الْأَنَامِلَ )
هَا أَنْتُمْ أُولَاءِ تُحِبُّونَهُمْ وَلَا يُحِبُّونَكُمْ وَتُؤْمِنُونَ بِالْكِتَابِ كُلِّهِ وَإِذَا لَقُوكُمْ قَالُوا آمَنَّا وَإِذَا خَلَوْا عَضُّوا عَلَيْكُمُ الْأَنَامِلَ مِنَ الْغَيْظِ ۚ قُلْ مُوتُوا بِغَيْظِكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ.
(QS: Ali Imrān: 119)

🔊Cara membaca:
✅Naa pada keempat tempat tersebut jika washal, dan waqaf tidak dibaca pendek, melainkan tetap dibaca panjang 2 harakat.

🔐Alasan:
Karena أَنَا pada الْأَنَامِلَ أَنَاسِيَّ أَنَابُوْا أَنَابَ bukan dhamir mutakallim wahdah yang berarti "saya", melainkan merupakan gabungan sebuah kalimat yang tidak dipisahkan. Akan tetapi, karena anak-anak atau pemula cenderung keliru, maka berhati-hatilah dalam membacanya.

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

⚠️Kesimpulan
1. Pada أَنَا, dan فَأَنَا semua ulama' qirō'ah sepakat membacanya PENDEK saat washal, dan PANJANG (2 harakat) saat waqaf pada bacaan yang mengandung dhamir ana atau saya.
(Penjelasan dalam kitab An Nasyr)
2. Pada جَآءَنَا saat washal, dan waqaf dibaca PANJANG (2 harakat).
3. Pada َالْأَنَامِلَ أَنَاسِيَّ أَنَابُوْا أَنَاب saat washal, dan waqaf dibaca PANJANG (2 harakat).

Wallāhu Ta'ālā A'lam bishShowāb.

🎀https://bit.ly/TajwidMuslimah

#ghorib

روضة المجودين, [24.01.16 14:39]
📕 Al Ghōribul Al Qirō'ah 📚
       ..: Pelajaran Ke-5 :..
----------✿✿✿----------

      ﺑﺴﻢ اللّٰه ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ.

   ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻣﻦ ﻭﺍﻟﺎﻩ، ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ:

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

7⃣Pada يبصط بصطة

🔊Cara membaca:
✅Huruf ص dibaca س.

🔐Alasan:
1. Karena ada tanda sin (س) kecil di atas ص.
-->Perhatikan gambar ke-1
2. Karena mengikuti bacaan thoriqoh Ubaid bin Ash Shobah dari riwayat Imam Hafsh.

🌻 Contoh (يبصط)
-->Perhatikan gambar ke-1
(QS. Al Baqarah: 245)





🌻 Contoh (بصطة)
-->Perhatikan gambar ke-2
(QS. Al A'raf: 69)

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

8⃣Pada أم هم المصيطرون

🔊Cara membaca:
✅Huruf ص boleh dibaca ص, dan boleh dibaca س.

🔐Alasan:
Karena mengikuti bacaan thoriqoh Ubaid bin Ash Shobah dari riwayat Imam Hafsh.

🌻 Contoh (أم هم المصيطرون)
-->Perhatikan gambar ke-3
(QS. At Thur: 37)

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

1⃣0⃣Pada أَفَإِیْن, dan  مِنْ نَّبَإِیْ

🔊Cara membaca:
✅Pada أَفَإِیْن --> Bacaan hati-hati Fa' (ف) dibaca pendek.
✅Pada مِنْ نَّبَإِیْ --> Bacaan hati-hati Ba' (ب) dibaca pendek.

🔐Alasan:
Karena dalam rotsmul utsmani terdapat penambahan huruf,  pengurangan huruf, atau pergantian huruf. Dalam hal ini (pada أَفَإِیْن, dan  مِنْ نَّبَإِیْ ), termasuk dalam kalimat yang mendapatkan penambahan huruf ياء, jadi hanya tambahan saja, sehingga tidak memanjangkan bacaan dan di dalam mushaf biasa ditandai dengan tanda bulatan kecil penuh ( ْ  ).

📮Mengapa yang ditekankan pada alif yang tidak dibaca pada buku ghorib?
❓Karena ini untuk anak-anak atau pemula dimana mereka sering salah bacaan, sehingga memanjangkan با, dan فا.
(Kitab حق التلاوة)

📝Catatan:
1. Pada mushaf biasa tertulis أَفَاْئِنْ, namun pada  mushaf yang rotsmul utsmani tertulis أَفَإِیْن.
2. Pada mushaf biasa tertulis مِنْ نَبَاْئِ pada mushaf yang rotsmul utsmani tertulis مِنْ نَّبَإِیْ.
3. Sebaiknya menggunakan mushaf Arab (rotsmul utsmani).

🌻 Contoh (أَفَإِیْن)
-->Perhatikan gambar ke-4
(QS. Ali Imran: 144)

🌻 Contoh (مِنْ نَّبَإِیْ)
-->Perhatikan gambar ke-5
(QS. Al An'ām: 34)



          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

Wallāhu Ta'ālā A'lam bishShowāb.

🎀https://bit.ly/TajwidMuslimah

#ghorib


روضة المجودين, [24.01.16 14:41]
📕 Al Ghōribul Al Qirō'ah 📚
       ..: Pelajaran Ke-6 :..
----------✿✿✿----------

         ﺑﺴﻢ اللّٰه ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ.

   ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻣﻦ ﻭﺍﻟﺎﻩ، ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ:

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

1⃣0⃣Pada أَلَّا تَعْدِلُوا ۚ اعْدِلُوا

🔊Cara membaca:
✅Jika washal dibaca
 أَلَّا تَعْدِلُوا اعْدِلُوا
(allaa ta'dilu'dilu).

🔐Alasan:
Karena kedua alif (ا di belakang و, dan ا di depan ع) hanya tambahan, jadi tidak dibaca.

🌻 Contoh
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ ۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَىٰ أَلَّا تَعْدِلُوا ۚ اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ. [المائدة: 8]

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

1⃣1⃣Pada يَلْهَث ۚ  ذَّلِك 

🔊Cara membaca:
✅Jika washal dibaca يَلْهَذَّلِك.

🔐Alasan:
Karena termasuk idghom mutajānisain (dua huruf yang sama makhrajnya, akan tetapi beda sifatnya ث bertemu dengan ذ).

🌻 Contoh
وَلَوْ شِئْنَا لَرَفَعْنَاهُ بِهَا وَلَٰكِنَّهُ أَخْلَدَ إِلَى الْأَرْضِ وَاتَّبَعَ هَوَاهُ ۚ فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ الْكَلْبِ إِن تَحْمِلْ عَلَيْهِ يَلْهَثْ أَوْ تَتْرُكْهُ يَلْهَث ۚ ذَّلِكَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا ۚ فَاقْصُصِ الْقَصَصَ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ. [الأعراف: 176]

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

1⃣2⃣Pada لَا تَعْلَمُونَهُمْ ۚ اللَّهُ يَعْلَمُهُمْ

🔊Cara membaca:
✅Jika washal dibaca
لَا تَعْلَمُونَهُمُ اللَّهُ يَعْلَمُهُمْ. 

🔐Alasan:
Karena sukun bertemu dengan sukun jadi yang pertama diberi harakat.

🌻 Contoh
وَأَعِدُّوا لَهُم مَّا اسْتَطَعْتُم مِّن قُوَّةٍ وَمِن رِّبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ وَآخَرِينَ مِن دُونِهِمْ لَا تَعْلَمُونَهُمْ ۚ اللَّهُ يَعْلَمُهُمْ  ۚ وَمَا تُنفِقُوا مِن شَيْءٍ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنتُمْ لَا تُظْلَمُونَ. [الأنفال: 60]

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

1⃣3⃣Pada مَلَاْئِهِمْ - مَلَاْئِهِ

🔊Cara membaca:
✅La-nya dibaca pendek.

🔐Alasan:
Sudah ma'ruf, karena alif setelah lam hanya tambahan saja dalam rotsmul utsmani, sehingga tidak memanjangkan bacaan, dan di dalam mushaf biasa ditandai dengan tanda bulatan kecil penuh ( ْ  ).

🌻 Contoh
Carilah contoh bacaan tersebut di dalam mushaf.

Semangat!
          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

Wallāhu Ta'ālā A'lam bishShowāb.

🎀https://bit.ly/TajwidMuslimah

#ghorib

روضة المجودين, [24.01.16 14:44]
📕 Al Ghōribul Al Qirō'ah 📚
       ..: Pelajaran Ke-7 :..
----------✿✿✿----------

         ﺑﺴﻢ اللّٰه ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ.

   ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻣﻦ ﻭﺍﻟﺎﻩ، ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ:

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

1⃣4⃣Awal surat Baro'ah/At-Taubah tidak membaca basmallāh, akan tetapi membaca ta'awudz.

🔊Cara membaca:
✅Ketika memulai membaca awal surat At-Taubah tidak didahului dengan membaca basmallāh, melainkan dengan membaca ta'awudz saja.

🔐Catatan:
Membaca basmallāh di awal surat itu hukumnya, sebagai berikut:
a.  WAJIB
     Pada الْفَاتِحَة ketika melakukan shalat, karena basmallāh masuk hitungan ayat.

b.  HARAM
     Pada التَّوْبَة, karena:
     1) At Taubah turun dalam semangat perang, sedangkan basmallāh untuk suasana damai.
(lihat: Qulyubi)
     2) Ada sebagian ulama' quro' yang berpendapat bahwa At Taubah, dan Al Anfal bahwa keduanya adalah satu surat.

🔎Perhatian:
Haram disini, yaitu haram secara qiro'ah (pembacaan) saja, bukan secara fiqih.

c.  SUNNAH
     Pada awal surat selain dua di atas membaca basmallāh.

🌻 Contoh
Al Qur'an surat At-Taubah.

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

Wallāhu Ta'ālā A'lam bishShowāb.

🎀https://bit.ly/TajwidMuslimah

#ghorib

روضة المجودين, [24.01.16 14:49]
📕 Al Ghōribul Al Qirō'ah 📚
       ..: Pelajaran Ke-8 :..
----------✿✿✿----------

       ﺑﺴﻢ اللّٰه ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ.

   ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻣﻦ ﻭﺍﻟﺎﻩ، ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ:

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

1⃣5⃣Pada مَجْرىهَا

🔊Cara membaca:
✅Memiringkan bunyi fathah pada kasrah huruf roo kira-kira 2/3 harakat, seperti bunyi "kare atau sate". Jadi, membacanya bukan "majriihaa", melainkan "majreehaa".

🔐Catatan:
-Bacaan "majreehaa" ini disebut bacaan IMALAH (memiringkan bunyi fathah pada kasrah huruf roo kira-kira 2/3 harakat, seperti bunyi "kare atau sate").
-Majreehaa berasal dari  "majrooha" dari fi'il جري يجري yang artinya berjalan di atas sesuatu. Dalam surat ini, berjalan di atas air dimana keadaannya tidak stabil, maka diimalahkan.
-Di dalam mushaf bacaan imalah ditandai dengan belah ketupat kecil di bawah huruf roo.
(lihat mushaf)
-Ukuran miring bacaan 2/3 harakat.
-Di dalam mushaf, bacaan imalah hanya ada satu, yaitu "majreehaa" saja, tidak ada yg lain selain bacaan ini, maka tidak boleh dimiring-miringkan, misal alaehem (asal: alaihim).

🌹TANBIH 📢

👉🏻Pendapat ini menurut riwayat Imam Hafsh dari Imam Ashim (yang qiro'ahnya kita ikuti).

📚Adapun beberapa qiro'ah lain tidak hanya satu, biasanya pada alif yg ditulis dengan yā (wadhdhuhaa), contoh pada Surat Ad Dhuhaa.

Akan tetapi, kita tetap mengikuti pendapat menurut riwayat Imam Hafsh dari Imam Ashim (yang qiro'ahnya kita ikuti), yaitu bacaan imalah hanya ada satu yaitu "majreehaa" saja.

🌻 Contoh
Al Qur'an Surat Hud: 41.

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

1⃣6⃣Pada ارْكَب مَّعَنَا

🔊Cara membaca:
✅Huruf bā sukun dibaca mīm sukun, jadi dibaca "irkamma'anaa".

🔐Catatan:
-Bacaan "irkamma'anaa" ini merupakan contoh bacaan idghom mutajanisain, karena lisan orang Arab sulit mengucapkan huruf بْ (bā sukun) bertemu م (mīm), maka untuk memudahkan diidghomkan huruf ب, karena sama makhrajnya.

🌻 Contoh
Al Qur'an Surat Hud: 42.

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

Wallāhu Ta'ālā A'lam bishShowāb.

🎀https://bit.ly/TajwidMuslimah

#ghorib

روضة المجودين, [24.01.16 14:51]
📕 Al Ghōribul Al Qirō'ah 📚
         ..: Pelajaran Ke-9 :..
-----------------✿✿✿-----------------

         ﺑﺴﻢ اللّٰه ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ.

   ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻣﻦ ﻭﺍﻟﺎﻩ، ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ:

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

1⃣7⃣Pada یَوْمِئِذٍ

🔊Cara membaca:
✅Bacaan hati-hati "mīm" dibaca kasrah.

🔐Catatan:
Termasuk bacaan hati-hati bagi mereka yang membaca "mīm" dengan fathah.

🌻Contoh
Al Qur'ān Surat Hud: 66 dan Al-Ma'ārij: 11.

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

1⃣8⃣Pada لٰكِنَّا

🔊Cara membaca:
✅Na-nya dibaca pendek.

🔐Catatan:
Dibaca pendek, karena لٰكِنَّا pada Surat Al-Kahfi merupakan gabungan "lakin" dan "ana" (dhamir mutakallim wahdah), sehingga berlaku hukum bacaan untuk ana (saya) dimana "na" dibaca pendek.
⚠️Lihat: Pelajaran Ke-2

🌻 Contoh
Al Qur'ān Surat Al-Kahfi: 38.

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

1⃣9⃣Pada وَلٰكِنَّا

🔊Cara membaca:
✅Naa-nya dibaca panjang.

🔐Catatan:
Selain Surat Al-Kahfi, Naa-nya dibaca panjang 2 harakat, karena "Naa" pada Surat Al-Qashash: 45 bukan merupakan dhamir ana (saya), melainkan dhamir "kami" jadi tidak berlalu hukum bacaan untuk ana (saya).

🌻 Contoh
Al Qur'ān Surat Al-Qashash: 45.

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

2⃣0⃣Pada ثَمُوْدَا

🔊Cara membaca:
✅Da-nya dibaca pendek ketika washal, sedangkan ketika waqaf dibaca panjang 2 harakat atau boleh disukun (ثَمُوْد).

🔐Catatan:
Imam Hafs membacanya pendek, akan tetapi ada qiro'ah lain yang membacanya dengan tanwin. Adapun ketika waqaf dibaca panjang 2 harakat atau boleh di sukun (ثَمُوْد).
(Kitab An-Nashr)

🌻 Contoh
Al Qur'ān Surat Hud: 68, Al-Furqon: 38, Al-Ankabut: 37, An-Najm: 51.

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

Wallāhu Ta'ālā A'lam bishShowāb.

🎀https://bit.ly/TajwidMuslimah

#ghorib

روضة المجودين, [24.01.16 14:52]
📕 Al Ghōribul Al Qirō'ah 📚
         ..: Pelajaran Ke-10 :..
-----------------✿✿✿-----------------

                 ﺑﺴﻢ اللّٰه ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ.

   ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻣﻦ ﻭﺍﻟﺎﻩ، ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ:

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

2⃣1⃣Pada لَا تَأْمَنَّا

❓Disebut bacaan "ISYMAM", yaitu mencampur fathah dengan dhommah disertai bibir mecucu (.pent) sebagai isyarat bunyi dhommah.

👄Jadi, kedua bibir maju (mecucu) antara bunyi dengung tasydid sebagai isyarat bunyi dhommah.

💽Ada empat cara pembacaan isymam, namun yang masyhur adalah yang telah disebutkan di atas.

❓Isymam dapat dikatakan pula bunyi bacaan yang mengikuti rasm (mentasydid nuun), akan tetapi gerakan bibir mengikuti lafazh asalnya, yaitu dhommah.

🔊Cara membaca:
✅Tahan pada nuun tasydid selama 2 harakat, antara dengung 2 harakat itu majukan bibir (mecucu), seakan-akan ada dhommah nuun tanpa suara. Jadi, hanya bibir yang maju/mecucu saja. Setelah itu, buka mulutnya pada nuun fathah (naa).

Laa ta'man (tahan dan majukan bibir) naa.

🔐Catatan:
-Bacaan isymam hanya ada satu pada Al Qur'ān Surat Yusuf: 11.
-Tandanya adalah wajik kecil/jajaran genjang mini.
-Bacaan isymam dapat pula dibaca dengan "ROUM", dimana keduanya banyak digunakan ketika waqaf (berhenti), seluruh imam quro' membolehkan di tempat yang memenuhi syarat.

❓ROUM adalah membaca dengan 1/3 harakat, artinya menyimpan suara dhommah meski sedikit, cepat, dan amat pelan.

🔎Kandungan arti bacaan isymam dan roum, sebagai berikut:
🎀1⃣🎀Isymam
-Masih ada bekas i'rab rafa'.
-Agar yang tuli mengetahui adanya dhommah pada bacaan tersebut dengan melihat bibir mecucu.
🎀2⃣🎀Roum
-Bermanfaat bagi yang buta, karena masih menyimpan suara dhommah meski sedikit, dan amat pelan.
-Karena dibunyikan dhommahnya dengan cepat, dan pelan/suara tidak jelas benar, jadi setengah nggremeng.

⚠️Nuun tidak dengung atau tasydid sebab didhommah saja, yang tulisan asalnya لَا تَأْمَنُنَا.

Pada لَا تَأْمَنُنَا mengandung 2 pelajaran, yaitu:
1. Idghom kabiir: mengidghomkan 2 huruf yang sama hidup.

Pada لَا تَأْمَنُنَا menjadi لَا تَأْمَنَّا.

2. Isymam seperti kaidah di atas.

🌻Contoh
Al Qur'ān Surat Yusuf: 11.

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

Wallāhu Ta'ālā A'lam BishShowāb.

🎀https://bit.ly/TajwidMuslimah

#ghorib

روضة المجودين, [24.01.16 14:53]
🎀 بــــــــسم اللّٰه الرحمن الرحيم 🎀

🔊SEMANGAT BELAJAR AL-QÔ'IDATU AN-NŪRRÔNIYYĀTU❗️

🌈Hujan sudah berhenti☔️
🌈مطِرْنَا بِفَضْلِ اللّٰهِ وَرَحْمَتِهِ☔️

🌸Sudah jāmilah semua ya?🚿
Mā Syā' Allāh.

📚Mari belajar Al Qô'idatu An Nūrrôniyyatu!📣

                   Alif📌
                        Baa📌
                             Taa📌
                                  Tsaa📌

🌹Rasulullāh Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda dalam hadits 'Utsman bin 'Affan diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari Rahimahullāh:
خَیْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْءَانَ وَعَلَّمَهُ.
"Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Qur'ān, dan yang mengajarkannya."
________________________________

💺 Pemateri: Al Ustādz Abu Ubaidah 'Abdurrahmān Hafizhahullāh.
💽 Potongan Rekaman Kajian Manhajus Salikīn, dan Al Qô'idatu An Nūrrôniyyatu di Masjid Al Muhajirin, Bekasi.

📶]⇆[🌍» Ingin bergabung bersama "Taman Orang-Orang Yang Bertajwid"?

KLIK JOIN ↷
http://bit.ly/TajwidMuslimah

Bārakallāhu fīkunna.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
            🌹روضة المجودين📕
🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

روضة المجودين, [25.01.16 11:51]
🎀 بــــــــسم اللّٰه الرحمن الرحيم 🎀

🔊 SEMANGAT BELAJAR AL-QÔ'IDATU AN-NŪRRÔNIYYATU❗️

🌈Hujan sudah berhenti☔️
🌈مطِرْنَا بِفَضْلِ اللّٰهِ وَرَحْمَتِهِ☔️

🌸Sudah jāmilah semua ya?🚿
Mā Syā' Allāh.

📚Mari belajar Al Qô'idatu An Nūrrôniyyatu!📣

                   Alif📌
                        Baa📌
                             Taa📌
                                  Tsaa📌

🌹Dalam hadits 'Utsman bin 'Affan yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari Rahimahullāh, Rasulullāh Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda:
<<خَیْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْءَانَ وَعَلَّمَهُ>>
"Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al Qur'ān, dan yang mengajarkannya."
________________________________

💺 Pemateri: Al Ustādz 'Abdurrahmān Hafizhahullāh.
💽 Potongan Rekaman Kajian Manhajus Salikīn, dan Al Qô'idatu An Nūrrôniyyatu di Masjid Al Muhajirin, Bekasi.

✒️Jangan lupa menyiapkan alat tulis, dan kitabnya.

📶]⇆[🌍» Ingin bergabung dengan "Taman Orang-Orang Yang Bertajwid"?

🌷— — —•••••••↷
↻ KLIK JOIN ⇣⇣
http://bit.ly/TajwidMuslimah

Bārakallāhu fīkunna.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
             🌷روضة المجودين✏️
🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

روضة المجودين, [25.01.16 11:51]
[ Ustadz Abdurrahman – P1_AlQoidatuAnNurroniyyatu ]
Link download : https://archive.org/download/ilmoe/per1.mp3

روضة المجودين, [25.01.16 11:51]
[ Ustadz Abdurrahman – P2_AlQoidatuAnNurroniyatu ]
Link download : https://archive.org/download/ilmoe/per2.mp3

روضة المجودين, [25.01.16 14:02]
 
[ ⬆️Download Aplikasi Kitab Al Qô'idatu An Nūrrôniyyatu di Play Store. ]

روضة المجودين, [28.01.16 20:09]
📕 Al Ghōribul Al Qirō'ah 📚
       ..: Pelajaran Ke-11 :..
----------✿✿✿----------

      ﺑﺴﻢ اللّٰه ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ.

   ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻭﺍﻟﺼﻠﺎﺓ ﻭﺍﻟﺴﻠﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻣﻦ ﻭﺍﻟﺎﻩ، ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ:

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

22. Pada مِاْئَتَيْنِ - مِاْئَةٌ -  مِاْئَةٍ

🔊Cara membaca:
✅Bacaan hati-hati, mim dibaca pendek.

🔐Catatan:
-Bacaan hati-hati, mim dibaca pendek (alif dianggap tidak ada).
-Tandanya adalah bulatan kecil
( ْ  ) di atas alif.
-Lafadz ini termasuk penambahan alif pada rotsmul utsmani, jadi alif hanya ziyadah/tambahan saja, sehingga tidak memanjangkan bacaan.

🌻Contoh
الْآنَ خَفَّفَ اللَّهُ عَنكُمْ وَعَلِمَ أَنَّ فِيكُمْ ضَعْفًا ۚ فَإِن يَكُن مِّنكُم مِّائَةٌ صَابِرَةٌ يَغْلِبُوا مِائَتَيْنِ ۚ وَإِن يَكُن مِّنكُمْ أَلْفٌ يَغْلِبُوا أَلْفَيْنِ بِإِذْنِ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ مَعَ الصَّابِرِينَ [الأنفال: ٦٦]
         
          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

23.Pada الدُّنْيَا - بُنْيَانٌ - صِنْوَانٌ - قِنْوَانٌ

🔊Cara membaca:
✅Nun sukun (نْ) dibaca jelas (izhhar wajib/mutlaq).

🔐Catatan:
-Karena nun sukun bertemu dengan wau/ya dalam satu kalimat, sehingga harus dibaca jelas.
-Bacaan ini dinamakan izhhar wajib/mutlaq.

🌻 Contoh
وَفِي الْأَرْضِ قِطَعٌ مُّتَجَاوِرَاتٌ وَجَنَّاتٌ مِّنْ أَعْنَابٍ وَزَرْعٌ وَنَخِيلٌ صِنْوَانٌ وَغَيْرُ صِنْوَانٍ يُسْقَىٰ بِمَاءٍ وَاحِدٍ وَنُفَضِّلُ بَعْضَهَا عَلَىٰ بَعْضٍ فِي الْأُكُلِ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ [الرعد: ٤]

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

24.Pada ضُعْفًا - ضَعْفًا - ضَعْفٍ

🔊Cara membaca:
✅Dhodh-nya (ض) boleh dibaca fathah/dhummah baik ketika washal, atau waqaf. Namun, yang lebih utama dibaca fathah.

🔐Catatan:
-Jika dhodh dibaca dhummah, maka semua dhodh pada kata ضَعْفًا - ضَعْفٍ juga dibaca dhammah menjadi ضُعْفًا - ضُعْفٍ. Demikan pula jika dibaca fathah, maka dibaca fathah semua.

🌻 Contoh
 اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن ضَعْفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ ضَعْفٍ قُوَّةً ثُمَّ جَعَلَ مِن بَعْدِ قُوَّةٍ ضَعْفًا وَشَيْبَةً ۚ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ ۖ وَهُوَ الْعَلِيمُ الْقَدِيرُ
[الروم: ٥٤]

          〰🌻〰🌻〰🌻〰🌻〰

Wallāhu Ta'ālā A'lam bishShowāb.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

ﻭﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻧﺒﻴﻨﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﻋﻠﻰ آﻟﻪ ﻭﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ العالمين.
زادنا الله علما نافعا.
بارك الله فيكن.

---------------------------------------
✒️ Ummu 'Abdirrahmān Humairā' حفظها الله.
📖 Muraja'ah: Ummu Ad Darda' Al Malanjiyyah حفظها الله.
----------------------------------------

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

🎀https://bit.ly/TajwidMuslimah

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi