Syahwat yang Tersembunyi

🔰 Renungan Pagi 🔰
——————————————————
🔘 SYAHWAT YANG TERSEMBUNYI.
——————————————————
🎓 Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah:

《 Termasuk dari hal-hal yang perlu diperjelas bahwa seorang insan terkadang tersamarkan baginya kebanyakan dari keadaan dirinya sehingga dia tidak menyadari dengan itu bahwa kebanyakan dari manusia terdapat padanya kecintaan kepada kepemimpinan, tersembunyi dan tidak menyadarinya bahkan dia mengira dirinya ikhlas di dalam beribadah kepada-Nya dan telah tersamarkan baginya cacat-cacat dirinya.

👉 Dan ucapan manusia dalam hal ini banyak dan masyhur, oleh karenanya hal ini dinamakan dengan "syahwat yang tersembunyi".

🔖 Berkata Syaddad bin Aus:

يَا بَقايَا العَرَبِ إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَيْكُمُ الرِّيَاءُ والشَّهْوَةُ الخَفِيَّةُ، قيل لأبي داود السجستاني : مَا الشَّهْوَةُ الخَفِيَّةُ؟ قال: حُبُّ الرِّيَاسَةِ.

"Wahai bangsa Arab, sesungguhnya yang lebih aku takutkan atas kalian ialah riya dan syahwat yang tersembunyi, ditanyakan kepada Abu Dawud As-Sijistani: apakah syahwat yang tersembunyi? Beliau menjawab: cinta kepemimpinan."

☝️ Maka dia tersembunyi, tersamarkan atas manusia dan kebanyakan yang tersamarkan atas pelakunya.

❌ Bahkan demikian juga dengan cinta harta dan gambar (yang haram) karena seorang insan terkadang dia mencintai itu dan dia tidak mengetahui, bahkan jiwanya tenang selama itu ada dan apabila telah hilang maka tampaklah dari kegelisahan jiwanya dan kehancurannya yang menunjukkan atas kecintaannya yang dahulu. 》

          ••┈┈┈••✦✿✦••┈┈┈••

📚 Majmu' Al-Fatawa (16/643).
——————————————————
💎 قال شيخ الإسلام ابن تيمية -رحمه الله-:

"مما يبين أن الإنسان قد يخفى عليه كثير من أحوال نفسه فلا يشعر بها أن كثيرا من الناس يكون في نفسه حب الرياسة كامن لا يشعر به بل إنه مخلص في عبادته وقد خفيت عليه عيوبه. وكلام الناس في هذا كثير مشهور، ولهذا سميت هذه (الشهوة الخفية).
قال شداد بن أوس: يا بقايا العرب إن أخوف ما أخاف عليكم الرياء والشهوة الخفية، قيل لأبي داود السجستاني: ما الشهوة الخفية؟ قال: حب الرياسة.
فهي خفية تخفى على الناس وكثيرا ما تخفى على صاحبها.
بل كذلك حب المال والصورة فإن الإنسان قد يحب ذلك ولا يدري، بل نفسه ساكنة ما دام ذلك موجودا فإذا فقده ظهر من جزع نفسه وتلفها ما دل على المحبة المتقدمة"

📕مجموع الفتاوى | ٦٤٣/١٦📕
@roaea_alshikan_T_Q
----------------------
Broadcast by :
📜 Channel MutiaraASK :
http://bit.ly/MutiaraASK
🌍 Website ASK :
http://bit.ly/BlogASK
💬 BBM Mutiara Salaf :
Pin:54ABD49E | Channel:C001C7FFE
Pada 25.01.2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi