HUKUM TAQLID DAN MENIRU SUARA SEORANG QARI'
Syaik Rabi' bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah
Pertanyaan:
Apa hukum mengikuti suara seorang qari'. Seorang imam menjadi imam rawatib di masjid sedangkan dia mengikuti suara qari' manapun dan tanpa taqlid kepada qari dan imam masjid tertentu seperti taqlid kepada suara Syaikh Sudais? dia menirunya tanpa berlebih-lebihan, boleh ataukah tidak boleh hal ini?
Jawaban:
Barakallahu fiik. Apabila dia belajar di atas suara seseorang-- barakallahu fiik-- lalu menjadi pembawaannya, maka boleh baginya hal itu.
Adapun dia melagukan dan melantunkan sekali waktu taqlid kepada seorang qari' dan di lain waktu taqlid kepada qari' yang lain sebagaimana saya melihat sebagian orang melakukan hal yang demikian yakni taqlid kepada as-Sudais sekali waktu dan di waktu yang lain taqlid kepada asy-Syuraim, lalu di waktu yang lain taqlid kepada Fulan dan terkadang terjadi hal ini dalam satu shalat. Saya melihat hal ini dikarenakan minimnya rasa malu yang tidak pantas dilakukan selamanya.
Seseorang hendaknya membaca al-Quran di atas fitrahnya, sehingga apabila dia belajar di atas suara seseorang---barakallahu fiik-- lalu menjadi pembawaannya, maka boleh baginya hal itu.
Adapun dengan suara qari' yang lain, sekali waktu qari' ini dan di waktu yang lain qari itu, maka tidak boleh.
Majalis Ramadhan 1428 H
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=25210&page=1
bit.ly/Al-Ukhuwwah
Pada 17.02.2016
سؤال وجه للشيخ ربيع
من مجالس رمضان لعام 1428 هـ
يقول هذا ما حكم تقليد اصوات القراء ، الامام يكون اماما راتبا في مسجد وهو يقلد صوت أي قارئ بدون يعني امام يقلد هذا ويقلد هذا ويقلد هذا ؟
امام مسجد ها ، يقلد مثلا صوت الشيخ السديس ؟
Syaik Rabi' bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah
Pertanyaan:
Apa hukum mengikuti suara seorang qari'. Seorang imam menjadi imam rawatib di masjid sedangkan dia mengikuti suara qari' manapun dan tanpa taqlid kepada qari dan imam masjid tertentu seperti taqlid kepada suara Syaikh Sudais? dia menirunya tanpa berlebih-lebihan, boleh ataukah tidak boleh hal ini?
Jawaban:
Barakallahu fiik. Apabila dia belajar di atas suara seseorang-- barakallahu fiik-- lalu menjadi pembawaannya, maka boleh baginya hal itu.
Adapun dia melagukan dan melantunkan sekali waktu taqlid kepada seorang qari' dan di lain waktu taqlid kepada qari' yang lain sebagaimana saya melihat sebagian orang melakukan hal yang demikian yakni taqlid kepada as-Sudais sekali waktu dan di waktu yang lain taqlid kepada asy-Syuraim, lalu di waktu yang lain taqlid kepada Fulan dan terkadang terjadi hal ini dalam satu shalat. Saya melihat hal ini dikarenakan minimnya rasa malu yang tidak pantas dilakukan selamanya.
Seseorang hendaknya membaca al-Quran di atas fitrahnya, sehingga apabila dia belajar di atas suara seseorang---barakallahu fiik-- lalu menjadi pembawaannya, maka boleh baginya hal itu.
Adapun dengan suara qari' yang lain, sekali waktu qari' ini dan di waktu yang lain qari itu, maka tidak boleh.
Majalis Ramadhan 1428 H
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=25210&page=1
bit.ly/Al-Ukhuwwah
Pada 17.02.2016
سؤال وجه للشيخ ربيع
من مجالس رمضان لعام 1428 هـ
يقول هذا ما حكم تقليد اصوات القراء ، الامام يكون اماما راتبا في مسجد وهو يقلد صوت أي قارئ بدون يعني امام يقلد هذا ويقلد هذا ويقلد هذا ؟
امام مسجد ها ، يقلد مثلا صوت الشيخ السديس ؟
ايوه بدون تشدد هل يجوز هذا او لا يجوز ؟
بارك الله فيك اذا يعني تعلم على صوت هذا الرجل بارك الله فيك وصار من طبيعته فله ذلك، واما يتغنى ويتغنج ومرة يقلد هذا القارئ ومرة يقلد ذاك القارئ انا اشوف بعض الناس كذا يفعلون ويقلد السديس ومره يقلد الشريم ومرة يقلد فلان وقد يحصل هذا في صلاة واحدة ، ارى ان هذا من قلة الحياء لا يليق هذا ابدا ، الانسان يقرأ القران على فطرته فاذا تعلم على صوت شخص بارك الله فيك وصارت طبيعتة له فله ذلك اما بغير ، مرة هذا ومرة هذا لا 0
بارك الله فيك اذا يعني تعلم على صوت هذا الرجل بارك الله فيك وصار من طبيعته فله ذلك، واما يتغنى ويتغنج ومرة يقلد هذا القارئ ومرة يقلد ذاك القارئ انا اشوف بعض الناس كذا يفعلون ويقلد السديس ومره يقلد الشريم ومرة يقلد فلان وقد يحصل هذا في صلاة واحدة ، ارى ان هذا من قلة الحياء لا يليق هذا ابدا ، الانسان يقرأ القران على فطرته فاذا تعلم على صوت شخص بارك الله فيك وصارت طبيعتة له فله ذلك اما بغير ، مرة هذا ومرة هذا لا 0
Tidak ada tanggapan
Posting Komentar
Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi