Sahabat Nabi Muhammad

SAHABAT NABI MUHAMMAD SHOLLALLAAHU ALAIHI WASALLAM
▫️▪️▫️▪️▫️▪️▫️▪️▫️▪️▫️
Sahabat adalah
Seseorang yang Bertemu dengan Nabi dalam Keadaan Muslim dan Mati dalam Keadaan Beriman.

Jika Pernah Bertemu dengan Nabi dalam Keadaan Beriman kemudian Murtad dan Tidak Kembali kepada Islam, maka Bukanlah Sahabat Nabi.
Seperti : Qurroh bin alMaysaroh dan alAsy’ats bin Qoys.

Jika Sebelum Mati Kembali ke Islam (Setelah sebelumnya Murtad), maka Termasuk dalam Kelompok Sahabat Nabi, seperti : Abdullah bin Abi Sarj.

Seseorang yang Bertemu/Melihat Nabi walaupun Pertemuan itu Terjadi Sebelum Diutusnya Nabi dan Kemudian dia Mati dalam Keadaan Hanafiyah (Muslim) maka termasuk Sahabat Nabi seperti : Zaid bin ‘Amr bin Nufail.

Jika Pertemuan itu Terjadi pada Saat dia Masih sangat Kecil (Bayi), seperti Bayi-bayi yang Ditahnik(Dikunyahkan Kurma oleh Nabi kemudian Dioleskan pada Langit-langit Mulut Bayi), maka Bukan termasuk Sahabat.

Namun, jika Usianya Lebih dari itu (Balita), walaupun Belum Mencapai Baligh, maka termasuk Sahabat Nabi seperti : AlHasan, AlHusein, dan Ibnu Zubair.

‘Bertemu’ dengan Nabi bisa berarti ‘Melihat’ Langsung, Menemui Beliau (Walaupun Tidak Bisa Melihat, seperti : Ibnu Ummi Maktum yang buta), atau Mendengar Ucapan Beliau secara Langsung. (Walaupun Terhalangi dari Melihat Beliau)

(Lihat Tadriibur Roowi karya Imam AsSuyuuthi juz 2 hal 209 cetakan Maktabatur Riyaadl alhadiitsah dan al-Istii’aab karya Yusuf bin Abdillah bin Muhammad bin Abdil Barr juz 1 hal 24 cetakan Daarul Jayl Beirut tahun 1412 H).    
~~~~~~~~~~~~~~~~
Dikutip dari Buku "Memahami Makna Bacaan Sholat"
(Sebuah Upaya Menikmati Indahnya Dialog Suci dengan Ilahi).
▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.
=====================
http://telegram.me/alistiqomah
Pada 07/02/2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi