Waktu Shalat Dhuha

SHOLAT DHUHA
▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫️▫▫️▫️
 Kapankah Waktu Sholat Dhuha ?
 Jawab :
 Rentang Waktu bisa Dilakukannya Sholat Dhuha Sejak 15 Menit setelah Terbit Matahari hingga 10 Menit sebelum Masuk Waktu Dzuhur (Fataawaa Nuurun alad Darb).
 Namun, yang Terbaik Waktunya adalah Saat Anak Unta mulai Kepanasan, yaitu Pertengahan Waktu antara Terbit Matahari hingga Masuk Waktu Dzuhur (al-Majmu’ syarhul Muhadzzab lin Nawawiy)
▶️ Contoh, Jika seandainya Terbit Matahari adalah Jam 6 dan Dzuhur adalah Jam 12, maka Waktu Terbaik melakukan Sholat Dhuha adalah sejak Jam 9 Pagi.
صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ
 Sholat Awwabin (Orang yang Kembali Kepada Allah) adalah Pada saat Anak Unta mulai Kepanasan (H.R Muslim dari Zaid bin Arqom).
 Apakah Keutamaan Melakukan Sholat Dhuha?
1⃣. Sebagai Shodaqoh Harian seluruh Persendian.
 Dalil :
يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى
 Pada Pagi Hari setiap Persendian Anak Adam Perlu dikeluarkan Shodaqohnya. Setiap Tasbih adalah Shodaqoh. Setiap Tahmid adalah Shodaqoh. Setiap Tahlil (ucapan Laa Ilaha Illallah) adalah Shodaqoh. Setiap Takbir adalah Shodaqoh. Memerintahkan kepada yang Ma’ruf dan Melarang dari Kemunkaran adalah Shodaqoh. Yang demikian itu Dicukupi dengan Sholat Dhuha 2 Rokaat. (H.R Muslim dari Abu Dzar).
2⃣. Empat Rokaat Sholat Dhuha bisa Menyebabkan Perlindungan hingga Sore Hari.
 Dalil :
عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ أَنَّهُ قَالَ ابْنَ آدَمَ ارْكَعْ لِي مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ أَكْفِكَ آخِرَهُ
 Dari Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam dari Allah Azza Wa Jalla bahwasanya Dia Berfirman : Wahai Anak Adam, Ruku’lah Empat Rokaat di Awal Siang Niscaya Aku akan Cukupi Engkau hingga Akhir Siang (H.R atTirmidzi, dishahihkan Ibn Hibban dan al-Albany).
~~~~~~~~~~~~~~~~
 Dikutip dari Buku " FIQH BERSUCI DAN SHOLAT SESUAI TUNTUNAN NABI "
▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.
=====================
http://telegram.me/alistiqomah
Pada 02.02.2016

Postingan terkait: