BAB KEEMPAT: TAKUT DARI KESYIRIKAN.
TEMA : BAHAYA KESYIRIKAN DAN PENGARUHNYA YANG SANGAT BURUK BAGI SESEORANG.
«»«»«»«»«»«»«»«»«»«»«»إِنَّ اللّهَ لاَ يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَاء
Sesungguhnya Allah Tidaklah Mengampuni Dosa Kesyirikan dan Mengampuni (Dosa) yang di Bawahnya bagi Orang-orang yang DikehendakiNya. (Q.S AnNisaa Ayat 48 dan Ayat 116).
☀️ Penjelasan :
Jika Seseorang Meninggal Dunia dalam Keadaan Membawa Dosa Kesyirikan Belum Sempat Bertaubat, Maka ia Tidak Akan Diampuni oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala dari Dosanya.
Jika itu adalah Syirik Kecil, Maka Allah akan Mengadzabnya Terlebih Dahulu dan Kalau ia adalah Orang yang Beriman, Ujung Akhir Kehidupannya adalah di Jannah (Surga).
Sedangkan Jika Kesyirikannya adalah Syirik Akbar yang Mengeluarkan Seseorang dari Islam, maka ia Kekal di AnNaar (Neraka) Selama-lamanya.
♻️ Berbeda dengan Dosa lain yang Berada di Bawah Kesyirikan, Jika Seseorang Tidak Sempat Bertaubat dari Dosa itu Sebelum Meninggal Dunia, Maka ada Dua Kemungkinan :
Allah Bisa Saja Mengadzabnya karena Dosa itu, atau Allah Ampuni Orang tersebut Tanpa Mendapatkan Adzab. Semua itu atas Kehendak Allah.
Kalau Seseorang Sebelum Meninggal Dunia Bertaubat dari Dosa dengan Sebenar-benarnya Taubat, Meski Dosa itu adalah Kekafiran ataupun Kesyirikan, maka Allah Akan Mengampuni Dosa itu.
قُلْ لِلَّذِينَ كَفَرُوا إِنْ يَنْتَهُوا يُغْفَرْ لَهُمْ مَا قَدْ سَلَفَ
☀️ Penjelasan :
Jika Seseorang Meninggal Dunia dalam Keadaan Membawa Dosa Kesyirikan Belum Sempat Bertaubat, Maka ia Tidak Akan Diampuni oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala dari Dosanya.
Jika itu adalah Syirik Kecil, Maka Allah akan Mengadzabnya Terlebih Dahulu dan Kalau ia adalah Orang yang Beriman, Ujung Akhir Kehidupannya adalah di Jannah (Surga).
Sedangkan Jika Kesyirikannya adalah Syirik Akbar yang Mengeluarkan Seseorang dari Islam, maka ia Kekal di AnNaar (Neraka) Selama-lamanya.
♻️ Berbeda dengan Dosa lain yang Berada di Bawah Kesyirikan, Jika Seseorang Tidak Sempat Bertaubat dari Dosa itu Sebelum Meninggal Dunia, Maka ada Dua Kemungkinan :
Allah Bisa Saja Mengadzabnya karena Dosa itu, atau Allah Ampuni Orang tersebut Tanpa Mendapatkan Adzab. Semua itu atas Kehendak Allah.
Kalau Seseorang Sebelum Meninggal Dunia Bertaubat dari Dosa dengan Sebenar-benarnya Taubat, Meski Dosa itu adalah Kekafiran ataupun Kesyirikan, maka Allah Akan Mengampuni Dosa itu.
قُلْ لِلَّذِينَ كَفَرُوا إِنْ يَنْتَهُوا يُغْفَرْ لَهُمْ مَا قَدْ سَلَفَ
Katakanlah kepada Orang-orang Kafir Jika Mereka Berhenti (dari Kekafiran) ia Akan Diampuni terhadap Dosa yang Telah lalu. (Q.S Al-Anfaal:38).
قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ
Katakanlah : Wahai Hamba-hambaKu yang Melampaui Batas terhadap Dirinya, Janganlah Kalian Putus Asa dari Rahmat Allah. Sesungguhnya Allah Mengampuni Dosa Seluruhnya (Bagi yang Bertaubat). Sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (Q.S Az-Zumar: 53).
Sekelompok Orang yang Berbuat Kesyirikan Pernah Mendatangi Nabi Shollallahu Alaihi Wasalam dan Menyampaikan bahwa Mereka Dulu Bergelimang dengan Dosa, Apakah dengan Masuk Islam Dosa-dosa Mereka akan Diampuni ? Maka Turunlah Firman Allah dalam Surat Al-Furqon Ayat 68-70 dan Diturunkan pula Surat Az-Zumar ayat 53 di atas yang Menunjukkan bahwa Dosa-dosa Mereka akan Diampuni Kalau Mereka Bertaubat.
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ نَاسًا مِنْ أَهْلِ الشِّرْكِ كَانُوا قَدْ قَتَلُوا وَأَكْثَرُوا وَزَنَوْا وَأَكْثَرُوا فَأَتَوْا مُحَمَّدًا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا إِنَّ الَّذِي تَقُولُ وَتَدْعُو إِلَيْهِ لَحَسَنٌ لَوْ تُخْبِرُنَا أَنَّ لِمَا عَمِلْنَا كَفَّارَةً فَنَزَلَ { وَالَّذِينَ لَا يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ وَلَا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُونَ } وَنَزَلَتْ { قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ }
Sekelompok Orang yang Berbuat Kesyirikan Pernah Mendatangi Nabi Shollallahu Alaihi Wasalam dan Menyampaikan bahwa Mereka Dulu Bergelimang dengan Dosa, Apakah dengan Masuk Islam Dosa-dosa Mereka akan Diampuni ? Maka Turunlah Firman Allah dalam Surat Al-Furqon Ayat 68-70 dan Diturunkan pula Surat Az-Zumar ayat 53 di atas yang Menunjukkan bahwa Dosa-dosa Mereka akan Diampuni Kalau Mereka Bertaubat.
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ نَاسًا مِنْ أَهْلِ الشِّرْكِ كَانُوا قَدْ قَتَلُوا وَأَكْثَرُوا وَزَنَوْا وَأَكْثَرُوا فَأَتَوْا مُحَمَّدًا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا إِنَّ الَّذِي تَقُولُ وَتَدْعُو إِلَيْهِ لَحَسَنٌ لَوْ تُخْبِرُنَا أَنَّ لِمَا عَمِلْنَا كَفَّارَةً فَنَزَلَ { وَالَّذِينَ لَا يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ وَلَا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُونَ } وَنَزَلَتْ { قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ }
Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma Bahwa Orang-orang Musyrik yang dulu Banyak Membunuh dan Banyak Berzina Mendatangi Nabi Muhammad Shollallahu Alaihi Wasallam kemudian Mereka Berkata : Sesungguhnya Ucapan dan Dakwahmu adalah Baik, Kalau Seandainya Engkau Khabarkan kepada Kami Bahwa itu (Masuknya ke Dalam Islam) Bisa Menjadi Penghapus Dosa-dosa.
Maka Turunlah Firman Allah : Dan Orang-orang yang Tidak Beribadah kepada Sesembahan Lain bersama Allah dan Tidak Membunuh Jiwa yang Allah Haramkan kecuali dengan Haq dan Mereka Ridak Berzina….(Q.S Al-Furqon ayat 68-70) dan juga Turun Firman Allah : Wahai para HambaKu yang Melampaui Batas terhadap Dirinya Janganlah Putus Asa dari Rahmat Allah… (Q.S Az-Zumar ayat 53)(H.R Al-Bukhari dan Muslim)
Dalil ini disebutkan dalam Bab tentang Takut dari Kesyirikan karena Orang yang Meninggal Dunia Tidak Sempat Bertaubat dari Kesyirikan, Maka ia Tidak Diampuni oleh Allah. Itu adalah Sebuah Kerugian dan Kebinasaan yang Besar akibat Kesyirikan.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Dalil Ketiga:
Pada 04.03.2016 & 14/03/2017
Maka Turunlah Firman Allah : Dan Orang-orang yang Tidak Beribadah kepada Sesembahan Lain bersama Allah dan Tidak Membunuh Jiwa yang Allah Haramkan kecuali dengan Haq dan Mereka Ridak Berzina….(Q.S Al-Furqon ayat 68-70) dan juga Turun Firman Allah : Wahai para HambaKu yang Melampaui Batas terhadap Dirinya Janganlah Putus Asa dari Rahmat Allah… (Q.S Az-Zumar ayat 53)(H.R Al-Bukhari dan Muslim)
Dalil ini disebutkan dalam Bab tentang Takut dari Kesyirikan karena Orang yang Meninggal Dunia Tidak Sempat Bertaubat dari Kesyirikan, Maka ia Tidak Diampuni oleh Allah. Itu adalah Sebuah Kerugian dan Kebinasaan yang Besar akibat Kesyirikan.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Dalil Ketiga:
إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ
عَلَيْكُمْ الشِّرْكُ الْأَصْغَرُ قَالُوا وَمَا الشِّرْكُ الْأَصْغَرُ يَا
رَسُولَ اللَّهِ قَالَ الرِّيَاءُ يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لَهُمْ
يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِذَا جُزِيَ النَّاسُ بِأَعْمَالِهِمْ اذْهَبُوا
إِلَى الَّذِينَ كُنْتُمْ تُرَاءُونَ فِي الدُّنْيَا فَانْظُرُوا هَلْ
تَجِدُونَ عِنْدَهُمْ جَزَاءً
Sesungguhnya salah satu
yang paling aku takutkan terjadi pada kalian adalah syirik kecil. Para
Sahabat bertanya: Apakah syirik kecil itu wahai Rasulullah ? Beliau
bersabda: Riya’. Allah Azza Wa Jalla berkata kepada mereka (orang-orang
yang riya’) pada hari kiamat saat manusia telah diberi balasan pada
amalan-amalannya: Pergilah kalian kepada orang yang menjadi sasaran
riya’ (tempat memamerkan amalan) kalian di dunia, lihatlah apakah kalian
bisa mendapatkan balasan dari mereka ?! (H.R Ahmad dari Mahmud bin
Labiib, dinyatakan sanadnya hasan oleh al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqolaany
dan dishahihkan al-Albany).
Penjelasan:
✏️
Riya’ adalah melakukan amalan untuk ditampakkan kepada manusia dalam
rangka mendapat pujian dari mereka. Muallif (penulis Kitabut Tauhid)
meletakkan hadits ini dalam bab tentang Takut terhadap Kesyirikan,
karena riya’ adalah kesyirikan, dan salah satu hal yang paling
dikhawatirkan Nabi terjadi pada orang-orang yang beriman.
Disebutkan dalam sebuah hadits tentang 3 orang yang pertama kali
dipanggil dalam Pengadilan Allah pada hari kiamat. Yaitu orang yang
meninggal dalam pertempuran jihad fii sabiilillah, seorang Ulama’, dan
seorang yang banyak menginfakkan hartanya di jalan kebaikan saat di
dunia. Mereka semua mengaku melakukannya ikhlas karena Allah, namun
Allah dustakan pengakuan mereka. Sesungguhnya mereka melakukan
ibadah-ibadah yang besar itu untuk mendapat pujian manusia, dan mereka
telah mendapatkannya. Kemudian mereka diseret pada wajahnya dan
dilemparkan ke anNaar (Neraka). Kita memohon keselamatan kepada Allah
dari penyakit riya’ dan adzab anNaar (Neraka).
إِنَّ
أَوَّلَ النَّاسِ يُقْضَى يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَيْهِ رَجُلٌ اسْتُشْهِدَ
فَأُتِيَ بِهِ فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ فَعَرَفَهَا قَالَ فَمَا عَمِلْتَ
فِيهَا قَالَ قَاتَلْتُ فِيكَ حَتَّى اسْتُشْهِدْتُ قَالَ كَذَبْتَ
وَلَكِنَّكَ قَاتَلْتَ لِأَنْ يُقَالَ جَرِيءٌ فَقَدْ قِيلَ ثُمَّ أُمِرَ
بِهِ فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ حَتَّى أُلْقِيَ فِي النَّارِ وَرَجُلٌ
تَعَلَّمَ الْعِلْمَ وَعَلَّمَهُ وَقَرَأَ الْقُرْآنَ فَأُتِيَ بِهِ
فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ فَعَرَفَهَا قَالَ فَمَا عَمِلْتَ فِيهَا قَالَ
تَعَلَّمْتُ الْعِلْمَ وَعَلَّمْتُهُ وَقَرَأْتُ فِيكَ الْقُرْآنَ قَالَ
كَذَبْتَ وَلَكِنَّكَ تَعَلَّمْتَ الْعِلْمَ لِيُقَالَ عَالِمٌ وَقَرَأْتَ
الْقُرْآنَ لِيُقَالَ هُوَ قَارِئٌ فَقَدْ قِيلَ ثُمَّ أُمِرَ بِهِ
فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ حَتَّى أُلْقِيَ فِي النَّارِ وَرَجُلٌ وَسَّعَ
اللَّهُ عَلَيْهِ وَأَعْطَاهُ مِنْ أَصْنَافِ الْمَالِ كُلِّهِ فَأُتِيَ
بِهِ فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ فَعَرَفَهَا قَالَ فَمَا عَمِلْتَ فِيهَا قَالَ
مَا تَرَكْتُ مِنْ سَبِيلٍ تُحِبُّ أَنْ يُنْفَقَ فِيهَا إِلَّا أَنْفَقْتُ
فِيهَا لَكَ قَالَ كَذَبْتَ وَلَكِنَّكَ فَعَلْتَ لِيُقَالَ هُوَ جَوَادٌ
فَقَدْ قِيلَ ثُمَّ أُمِرَ بِهِ فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ ثُمَّ أُلْقِيَ
فِي النَّارِ
Sesungguhnya orang yang pertama kali
didadili pada hari kiamat adalah seseorang yang dianggap mati syahid. Ia
didatangkan dan Allah sebutkan kenikmatan-kenikmatanNya. Ia pun
mengakui kenikmatan-kenikmatan itu. Allah bertanya kepadanya: Apa yang
kamu lakukan untuk mensyukuri kenikmatan-kenikmatan itu? Ia berkata: Aku
berperang karenaMu hingga mati syahid. Allah berfirman: engkau dusta.
Sesungguhnya engkau berperang agar dikatakan bahwa engkau pemberani. Itu
telah dikatakan kepadamu. Kemudian diperintahkan agar ia diseret pada
wajahnya hingga dilemparkan ke anNaar (neraka). Dan didatangkan
seseorang yang mempelajari ilmu, mengajarkannya, dan membaca al-Quran.
Kemudian disebutkan nikmat-nikmat Allah terhadapnya dan diapun
mengakuinya. Allah bertanya kepadanya: Apa yang kamu lakukan untuk
mensyukuri kenikmatan-kenikmatan itu? Ia menjawab: Aku mempelajari ilmu,
mengajarkannya, dan membaca alQuran untukMu. Allah mengatakan: engkau
dusta! Engkau mempelajari ilmu agar engkau dikatakan sebagai seorang
yang berilmu dan engkau membaca alQuran dengan tujuan supaya dikatakan
sebagai pembaca Quran (yang baik) dan itu telah dikatakan manusia
terhadapmu. Kemudian diperintahkan agar ia diseret pada wajahnya hingga
dilemparkan ke anNaar. Dan didatangkan juga seseorang yang Allah luaskan
hartanya. Ia diingatkan dengan nikmat-nikmat Allah dan diapun
mengakuinya. Allah bertanya: Apa yang kau lakukan dengan
kenikmatan-kenikmatan itu? Ia berkata: Tidaklah aku tinggalkan sebuah
jalanpun untuk berinfaq kecuali aku infaqkan karenaMu. Allah berfirman:
engkau dusta. Sesungguhnya engkau melakukan hal itu agar dikatakan bahwa
engkau dermawan. Dan itu telah dikatakan kepadamu. Kemudian
diperintahkan agar ia diseret pada wajahnya hingga dilemparkan ke anNaar
(H.R Muslim dari Abu Hurairah).
Begitu berbahayanya
riya’, sehingga kita hendaknya menjauhinya, dan kalaupun sempat terbetik
perasaan riya’, harusnya berjuang untuk menghilangkannya dan
menggantikannya dengan ikhlas kepada Allah semata.
Ada
kesalahpahaman dari sebagian orang. Mereka mengatakan: Aku tidak mau
sholat di masjid karena khawatir riya’. Ini adalah kesalahan.
Sesungguhnya sholat di masjid bagi laki-laki adalah perintah Nabi. Jika
seseorang sudah berniat kuat datang ke masjid untuk sholat berjamaah,
maka datanglah dengan ikhlas karena Allah. Kalau seseorang meninggalkan
suatu amalan kebaikan karena khawatir omongan manusia maka sesungguhnya
itu juga adalah riya’.
Seorang Ulama, al-Fudhail bin ‘Iyaadh rahimahullah berkata:
تَرْكُ الْعَمَلِ مِنْ أَجْلِ النَّاسِ هُوَ الرِّيَاءَ وَالْعَمَل مِنْ أَجْلِ النَّاسِ هُوَ الشِّرْكُ
Meninggalkan amalan karena manusia adalah riya’ dan melakukan amalan
karena manusia adalah kesyirikan (diriwayatkan oleh Abu Nuaim dalam
Hilyatul Awliyaa’ (8/95)).
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Dikutip dari Draf Buku " Tauhid, Anugerah yang Tak Tergantikan "
▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.
=====================
✍ http://telegram.me/alistiqomahPada 04.03.2016 & 14/03/2017
Tidak ada tanggapan
Posting Komentar
Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi