Menerima Bayaran Untuk Ruqyah

MENERIMA BAYARAN UNTUK RUQYAH

Fatwa Nomor:2734

Pertanyaan:
Saya memberikan nasihat dan pengarahan di Tabuk. Saya menjadi imam salat Jumat dan salat jamaah di sebuah masjid besar. Saya juga mendirikan sebuah perpustakaan yang berisi sejumlah buku-buku berharga, berupa buku-buku hadis. Di masjid yang sama, saya mengajar hadis, fikih, tauhid, dan tafsir. Saya juga mengobati pasien yang sakit dengan ruqyah syar`iyyah, sesuai yang diajarkan Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam dalam hadis-hadis sahih, seperti ruqyah yang beliau lakukan untuk keluarga dan para sahabat beliau dan seperti ruqyah yang dilakukan Jibril terhadap beliau (Nabi). Saya tidak keluar dari tuntunan yang ada di dalam hadis-hadis tersebut. Anda tahu bahwa ruqyah terdapat dalam buku-buku hadis. Yang paling banyak saya pakai untuk ruqyah adalah keterangan dalam buku-buku Syaikhul Islam seperti Idhahud Dilalah fi Umumir Risalah dan buku-buku lain karya beliau yang terkenal. Saya juga menggunakan buku-buku Ibnu al-Qayyim, di antaranya Zadul Ma’ad. Perlu Anda ketahui juga bahwa saya mengambil upah dari ruqyah tersebut dengan berdasar dalil dari hadis dalam ash-Shahihain (Shahih Bukhari dan Shahih Muslim), yaitu hadits
Abu Said al-Khudri yang menunjukkan kebolehan ruqyah dan mengambil upah dari ruqyah tersebut. Tentunya hadis tersebut sudah Anda ketahui dengan baik. Yang mendorong saya untuk mengambil upah adalah agar saya tidak meminta-minta harta kepada orang lain. Di samping itu, mata saya buta dan memiliki tanggungan keluarga, sedangkan gaji dari profesi saya tidak mencukupi. Sejauh yang saya tahu hal tersebut boleh-boleh saja, tetapi ada sebagian orang yang tidak mengetahui dalil memprotes saya tanpa alasan. Karena itu, saya berharap kepada Allah dan kemudian kepada Anda agar Anda mengeluarkan fatwa untuk menjelaskan hal yang perlu dijelaskan agar saya mengetahui masalah ini dengan jelas, dan meyakinkan orang-orang yang memprotes saya karena ketidaktahuan mereka terhadap masalah tersebut. Jika Anda melihat bahwa yang saya lakukan ini salah, saya mengharap penjelasan yang dapat meyakinkan saya, dan saya tidak akan menyelisihi pendapat Anda.

Jawaban:
Jika memang kondisi Anda yang sebenarnya adalah seperti yang Anda jelaskan, yaitu bahwa Anda mengobati pasien yang sakit dengan ruqyah syar`iyyah, dan bahwa Anda tidak melakukan ruqyah kecuali dengan cara yang ditetapkan dari Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, dan bahwa dalam hal tersebut Anda selalu berusaha kembali kepada apa yang diterangkan oleh al-Allamah Ibnu Taimiyyah rahimahullah dalam buku-bukunya yang terkenal, dan buku yang ditulis oleh al-Allamah Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah dalam Zadul Ma`ad dan buku-buku lainnya yang merupakan buku-buku Ahlussunnah wal Jamaah, maka yang Anda lakukan boleh-boleh saja. Bahkan, usaha Anda itu terpuji dan mendapatkan pahala, Insya Allah. Tidak masalah jika Anda mengambil upah dari ruqyah tersebut, berdasarkan hadis Abu Sa'id al-Khudri radhiyallahu 'anhu yang telah Anda sebutkan dalam pertanyaan di atas. Kami meminta kepada Allah agar memberi Anda pahala atas nasihat dan pengarahan kepada orang-orang, mengajar mereka, mengimami mereka salat di masjid, sebagaimana yang Anda sebutkan. Juga, kami berdoa untuk Anda atas perpustakaan yang Anda dirikan, yang berisi buku-buku berharga yang merupakan karangan para ulama
Ahlussunnah wal Jamaah. Semoga Allah memberi pahala atas kebaikan Anda kepada saudara-saudara Anda. Kami berdoa kepada Allah agar memberi Anda taufik untuk kebaikan dan amal saleh, dan agar mencukupkan Anda--dengan keutamaan-Nya--untuk tidak meminta-minta kepada manusia. Sesungguhnya Dia Mahasuci, Mahadekat dan Maha Mengabulkan doa.
Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

🇸🇦Al-Lajnah ad-Daimah Lilbuhuts al-Ilmiyyah wa al-Ifta'

Ketua: Abdul Aziz bin Abdullah

http://www.albaidha.net/vb4/showthread.php?t=53200

📁http://bit.ly/Al-Ukhuwwah
Pada 02.04.2016
السؤال: إنني أقوم بالوعظ والإرشاد، وأقوم بالإمامة جمعة وجماعة في أحد الجوامع، وأسست مكتبة فيها كمية من الكتب القيمة من كتب السنة، وأدرس بنفس المسجد في الحديث

والفقه والتوحيد والتفسير، وأعالج المرضى بالرقية الشرعية الثابتة عن رسول الله صلى الله عليه وسلم في الأحاديث الصحيحة كرقيته لأهله وأصحابه، وكرقية جبريل عليه السلام، ولا أخرج عن الأحاديث، وأنت تعلم أن الرقية ثابتة في كتب السنة وأكثر ما أرقي به ما ورد في كتب شيخ الإسلام كـ: [إيضاح الدلالة في عموم الرسالة] وغيرها من كتبه المعروفة، وكتب ابن القيم، منها: [زاد المعاد] . ولا يخفاك أنني آخذ أجرة على ذلك مستدلا بما ورد في الصحيحين من حديث أبي سعيد الخدري الدال على جواز الرقية وأخذ الأجرة عليها، والحديث معروف لدى سماحتكم، والذي يحملني على أخذ الأجرة هو الاستغناء عما في أيدي الناس، وحيث إنني مكفوف البصر ولي ظروف عائلية ولم يحالفني الحظ بوظيفة، ولعلمي أن ذلك جائز وحلال، وقد اعترض علي بعض الجهال بدون دليل؛ لذا أرجو من الله ثم من سماحتكم إصدار فتوى من قبل سماحتكم لبيان ما ينبغي أن يبين لأكون على بصيرة، وإقناعا لمن يعترض جهلا منه، وإن كنت ترى أنني على باطل في عملي هذا فأرجو الإفتاء بما يقنعني وأنا لا أخالف لكم رأيا.

الجواب: إذا كان الواقع منك كما ذكرت من أنك تعالج المرضى بالرقية الشرعية وأنك لم ترق أحدا إلا بما ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم، وأنك تتحرى الرجوع في ذلك إلى ما ذكره العلامة ابن تيمية رحمه الله في كتبه المعروفة، وما كتبه العلامة ابن قيم الجوزية رحمه الله في [زاد المعاد] وأمثالهما من كتب أهل السنة والجماعة فعملك جائز، وسعيك مشكور ومأجور عليه إن شاء الله، ولا بأس بأخذك أجرا عليه؛ لحديث أبي سعيد الخدري رضي الله عنه الذي أشرت إليه في سؤالك. ونسأل الله أن يثيبك على ما ذكرت من أنك قمت بوعظ الناس وإرشادهم والتدريس لهم والصلاة بهم في المسجد، وعلى إنشائك مكتبة فيها كتب قيمة من تأليف أهل السنة والجماعة وأن يجزيك عن إخوانك خير الجزاء، ونرجو الله أن يزيدك توفيقا إلى الخير وعمل المعروف، وأن يغنيك من فضله عما في أيدي الناس إنه سبحانه قريب مجيب الدعاء.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء الفتوى رقم (2734)

عضو عضو نائب رئيس اللجنة الرئيس

عبد الله بن قعود ... عبد الله بن غديان ... عبد الرزاق عفيفي ... عبد العزيز بن عبد الله بن باز


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi