Pertanyaan Dua Malaikat Kepada Mayit yang Tenggelam

KajianIslamTemanggung, [21.05.16 12:51]
⚖ SILSILAH FATAWA ULAMA ⚖
____________๐Ÿ”น__________


*๐Ÿ”น Pertanyaan dua malaikat kepada mayit yang tenggelam๐Ÿ”น*

___________๐Ÿ”ธ___________



✍ _Asy-Syaikh Al Allamah Muhammad Ali Farkus hafidzahullah_


✳️ Pertanyaan _______


_Apakah pertanyaan dua malaikat kepada mayit yang tenggelam terjadi setelah keluarnya ruh atau setelah di kubur ❓_


✅ Jawaban ______



☝️๐Ÿ”ธ  Satu hal yang maklum bahwa pertanyaan dua malaikat terhadap mayit yang dikubur terjadi setelah mayit itu diletakkan di kuburannya.

๐ŸŒผ Sebagaimana hal tersebut diriwayatkan dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda,

  _"Sesungguhnya jika seorang hamba telah diletakkan di kuburannya dan teman-temannya (pengantar jenazah) telah pergi,  mayit itu pun mendengar suara sandal mereka lalu datanglah dua malaikat dan mendudukkannya..."_

✋ ๐Ÿ’ฅAdapun mayit yang tidak diletakkan di kuburannya seperti orang yang mati dimakan binatang buas, ditelan ikan paus atau tubuhnya terbakar sehingga menjadi abu atau tubuhnya hancur terkena ledakan bom,  maka tidak diragukan lagi dia tetap akan ditanya oleh malaikat.


*✍ ๐Ÿ”ฌNamun kita tidak mengetahui tata caranya karena ini adalah perkara ghaib yang hanya bisa diketahui dengan dalil.*


☝️ ๐Ÿ”ธSehingga tidak boleh mengqiyaskan alam nyata dengan alam ghaib.

๐Ÿ”ฐ⏱Adapun siksa kubur akan menimpa jiwa dan tubuh mayit semuanya berdasarkan kesepakatan Ahlus Sunnah wal Jama'ah.

๐Ÿ”๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ฆ๐Ÿ”๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ


 ููŠ ุณุคุงู„ ุงู„ู…ู„ูƒูŠู† ู„ู„ู…ูŠุช ุงู„ุบุฑูŠู‚

ู„ู„ุนู„ุงู…ุฉ ุงู„ุดูŠุฎ ุฃุจูŠ ุนุจุฏ ุงู„ู…ุนุฒ ู…ุญู…ุฏ ุนู„ูŠ ูุฑูƒูˆุณ
____________
ุงู„ู€ู€ุณู€ู€ู€ุคุงู„

ู‡ู„ ุณุคุงู„ ุงู„ู…ู„ูƒูŠู† ู„ู„ู…ูŠِّุช ุงู„ุบุฑูŠู‚ ูŠูƒูˆู† ุจุนุฏ ุฎุฑูˆุฌ ุงู„ุฑูˆุญ ุฃู… ุจุนุฏ ุฃู† ูŠُู‚ْุจَุฑَ؟

ุงู„ู€ู€ู€ุฌู€ู€ูˆุงุจ

ูู…ِู† ุงู„ู…ุนู„ูˆู… ุฃู†َّ ุณُุคุงู„ ุงู„ู…ู„ูƒูŠู† ู„ู„ู…ู‚ุจูˆุฑ ูŠูƒูˆู† ุจุนุฏ ูˆุถุนู‡ ููŠ ู‚ุจุฑู‡ ูƒู…ุง ุซุจุช ุฐู„ูƒ ุนู† ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุขู„ู‡ ูˆุณَู„َّู… ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„: «ุฅِู†َّ ุงู„ุนَุจْุฏَ ุฅِุฐَุง ูˆُุถِุนَ ูِูŠ ู‚َุจْุฑِู‡ِ ูˆَุชَูˆَู„َّู‰ ุนَู†ْู‡ُ ุฃَุตْุญَุงุจُู‡ُ، ุฅِู†َّู‡ُ ู„َูŠَุณْู…َุนُ ู‚َุฑْุนَ ู†ِุนَุงู„ِู‡ِู…ْ، ูَูŠَุฃْุชِูŠู‡ِ ู…َู„َูƒَุงู†ِ ูَูŠُู‚ْุนِุฏَุงู†ِู‡ِ…» ุงู„ุญุฏูŠุซ(ูก).
ุฃู…ّุง ู…ู† ู„ู… ูŠูˆุถุน ููŠ ุงู„ู‚ุจุฑ ูƒู…ู† ุฃูƒู„ุชู‡ ุงู„ุณุจุงุน ูˆุงู„ุญูŠุชุงู† ุฃูˆ ู…ู† ุงุญุชุฑู‚ ุญุชู‰ ุตุงุฑ ุฑู…ุงุฏًุง ุฃูˆ ู…ู† ุดَุชَّุชَู‡ُ ุงู†ูุฌุงุฑ ู‚ู†ุจู„ุฉ ูุฅู†ّู‡ ูˆู„ุง ุดูƒّ ูŠُุณุฃู„، ู„ูƒู† ู…ุน ุงู„ุฌู‡ู„ ุจุงู„ูƒูŠู؛ ู„ุฃู†ّู‡ ุฃู…ุฑ ุบَูŠْุจِูŠّ ุชูˆู‚ูŠููŠٌّ ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ููŠู‡ ู‚ูŠุงุณ ุนุงู„َู… ุงู„ุบูŠุจ ุนู„ู‰ ุนุงู„ู… ุงู„ุดู‡ุงุฏุฉ، ุฃู…ّุง ุนุฐุงุจ ุงู„ู‚ุจุฑ ููŠูƒูˆู† ู„ู„ู†ูุณ ูˆุงู„ุจุฏู† ุฌู…ูŠุนًุง ุจุงุชูุงู‚ ุฃู‡ู„ِ ุงู„ุณُّู†َّุฉ ูˆุงู„ุฌู…ุงุนุฉِ.
__________



[ ๐Ÿ’ป ] WA KITA๐ŸŒSATU

[ ๐Ÿ–ฅ ] Channel :Http://tlgrm.me/kajianislamtemanggung

____________

*๐Ÿ“… SYA'BAN 1437*

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi