KAPAN WAKTU MENGUCAPKAN DO'A BERBUKA PUASA ? 2⃣
Asy-Syaikh Abdul Muhsin al-'Abbad hafizhahullah
•••••••••••••••••••••
☎️ Pertanyaan:
✅ Hadits (yang menyebutkan doa berbuka puasa):
ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله
"Telah hilang dahaga, telah basah urat-urat, dan telah diraih pahala, insya Allah"
❓ Apakah ini bentuk pengkhabaran yang dikhususkan bagi orang yang mendapatkan hal tersebut pada musim panas saja atau hendaknya diucapkan orang yang berpuasa walaupun dia tidak merasakan keringnya kerongkongan ataupun haus ?
Beliau menjawab,
"Yang nampak bagiku bahwa doa ini diucapkan secara mutlak (tanpa dibatasi dengan waktu atau keadaan,pen), Karena rasa haus (pada orang berpuasa) mesti ada walaupun kadarnya berbeda-beda.
Dan dzikir ini (boleh) diucapkan sebelum berbuka atau setelah berbuka, urusannya dalam hal ini luas/mudah (boleh kita memilih)."
السؤال: حديث: (ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله) هل هذا الإخبار خاص بمن حصل له ذلك في حال الصيف، أم يقوله الذي صام وإن لم يشعر بجفاف عروق ولا ظمأ؟
الجواب: [ الذي يبدو أنه يقال مطلقاً؛ لأن الظمأ يوجد ولكنه يتفاوت. وهذا الذكر يقال قبل الإفطار أو بعده، والأمر في هذا واسع]اهـ.
Asy-Syaikh Abdul Muhsin al-'Abbad hafizhahullah
•••••••••••••••••••••
☎️ Pertanyaan:
✅ Hadits (yang menyebutkan doa berbuka puasa):
ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله
"Telah hilang dahaga, telah basah urat-urat, dan telah diraih pahala, insya Allah"
❓ Apakah ini bentuk pengkhabaran yang dikhususkan bagi orang yang mendapatkan hal tersebut pada musim panas saja atau hendaknya diucapkan orang yang berpuasa walaupun dia tidak merasakan keringnya kerongkongan ataupun haus ?
Beliau menjawab,
"Yang nampak bagiku bahwa doa ini diucapkan secara mutlak (tanpa dibatasi dengan waktu atau keadaan,pen), Karena rasa haus (pada orang berpuasa) mesti ada walaupun kadarnya berbeda-beda.
Dan dzikir ini (boleh) diucapkan sebelum berbuka atau setelah berbuka, urusannya dalam hal ini luas/mudah (boleh kita memilih)."
السؤال: حديث: (ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله) هل هذا الإخبار خاص بمن حصل له ذلك في حال الصيف، أم يقوله الذي صام وإن لم يشعر بجفاف عروق ولا ظمأ؟
الجواب: [ الذي يبدو أنه يقال مطلقاً؛ لأن الظمأ يوجد ولكنه يتفاوت. وهذا الذكر يقال قبل الإفطار أو بعده، والأمر في هذا واسع]اهـ.
Syarh Sunan Abi Daud (27/272), dinukil dari Forum Ajurry
Diterjemahkan Oleh: Tim Warisan Salaf (UA)
〰〰➰〰〰
Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
Channel kami https://bit.ly/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com
12.06.2016
Diterjemahkan Oleh: Tim Warisan Salaf (UA)
〰〰➰〰〰
Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
Channel kami https://bit.ly/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com
12.06.2016
Tidak ada tanggapan
Posting Komentar
Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi