Apakah Wanita Hamil Selain Mengqodho' Terkena Kaffaroh Berupa Kewajiban Memberi Makan Orang Miskin Atau Tidak?

Wanita hamil atau menyusui yang mengkhawatirkan kondisi dirinya atau janinnya diberi keringanan untuk tidak berpuasa di bulan romadhon dan wajib bagi mereka mengqodho'. Para ulama fiqh berbeda pendapat apakah selain mengqodho' mereka terkena kaffaroh berupa kewajiban memberi makan orang miskin atau tidak?
Sekelompok ulama berpendapat wajibnya memberi makan sekaligus qodho' dan ukurannya ialah satu mud makanan pokok setempat setiap harinya dan diberikan kepada orang miskin. Pendapat ini diriwayatkan dari ibnu umar dan ibnu abbas dan merupakan pendapat asy syafi'i dan ahmad. Syaikh zaid bin muhammad al madkholy رحمه اللّٰه dalam kitabnya " al afnanun nadiyyah " memilih pendapat ini dengan alasan keluar dari khilaf dan berhati-hati dalam ibadah.
Sekelompok ulama yang lain berpendapat wajibnya qodho' tanpa memberi makan dan ini merupakan pendapat al auza' i, ats tsaury dan ashabur ro'yi. Syaikh ubaid al jabiry حفظه اللّٰه dalam beberapa fatwanya memilih pendapat ini dan beliau menyerupakan wanita hamil atau menyusui yang mengkhawatirkan kondisi dirinya atau janinnya seperti orang sakit.
Dan sebagian ulama yang lain memberikan perincian yaitu apabila ia mengkhawatirkan kondisi dirinya maka ia berbuka dan mengqodho' saja tanpa fidyah, dan jika mengkhawatirkan kondisi anaknya maka ia berbuka dan terkena kewajiban memberi makan orang miskin sekaligus mengqodho'. Syaikh abdul muhsin al 'abbad memilih pendapat ini dalam kitabnya " syarh adabul masyi ilash sholah ".
Adapun penulis lebih tenang dengan pendapat pertama yang mengumpulkan antara qodho' dan memberi makan.wallahu a'lam.
✍Ditulis oleh
khoirurrohim bin abi salim al madury

telegram.me/dinulqoyyim
03/07/2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi