*KAPAN TERJADINYA PERTANYAAN BAGI MAYIT?*
*_Syaikh Abdul Muhsin al-'Abbad hafizhahullah*_
*Pertanyaan:*
Disebutkan dalam hadits:
(Minta ampunlah untuk saudara kalian dan mohonlah keteguhan baginya karena sekarang dia sedang ditanya)
kapan dimulainya pertanyaan: ketika dikubur atau setelah mati seperti orang yang telah lama matinya karena disimpan dalam kulkas?
*Jawaban:*
Dimulai ketika dikubur,
adapun orang yang terlambat penguburannya, maka tidak dikatakan: bahwa dia akan ditanya sebelum sampai ke kubur dan dia hanya menjawabnya setelah dikubur,
akan tetapi sebagaimana telah diketahui bahwa seseorang yang belum dikubur seperti orang yang dimakan binatang buas, tenggelam di laut, terbakar api, ataupun yang lainnya; maka tidaklah dikatakan baginya: sesungguhnya dia tidak mengalami perkara seperti orang yang dikubur,
akan tetapi seluruh orang akan mengalaminya,
jadi setiap orang akan ditanya dan disiksa atau diberi nikmat,
sedangkan hal itu terjadi terhadap orang yang mati dengan jalan apa pun, baik dikubur atau pun tidak dikubur.
Syarhu Sunan Abi Dawud 370
http://bit.ly/Al-Ukhuwwah
[ 20.07.2016 ]
متى يكون سؤال الميت؟
السؤال: جاء في الحديث: (استغفروا لأخيكم وسلوا له التثبيت فإنه الآن يسأل)، فمتى يبدأ السؤال: عند الدفن، أو بعد الموت كمن طالت مدته مثلاً ووضع في الثلاجة؟الجواب: يبدأ عند الدفن، وأما من تأخر دفنه فلا يقال: إنه يسأل قبل أن يصل إلى القبر، وإنما قال ذلك بعد دفنه، ولكن كما هو معلوم أن الإنسان الذي لم يقبر كمن أكلته السباع، أو غرق في البحر، أو احترق بالنار أو ما إلى ذلك، فلا يقال: إنه لا يجري له ما يجري لمن يدفن، بل يجري ذلك للجميع، فكل يسأل، وكل يعذب أو ينعم، وذلك بأي طريقة مات، وسواء دفن أو لم يدفن.
*_Syaikh Abdul Muhsin al-'Abbad hafizhahullah*_
*Pertanyaan:*
Disebutkan dalam hadits:
(Minta ampunlah untuk saudara kalian dan mohonlah keteguhan baginya karena sekarang dia sedang ditanya)
kapan dimulainya pertanyaan: ketika dikubur atau setelah mati seperti orang yang telah lama matinya karena disimpan dalam kulkas?
*Jawaban:*
Dimulai ketika dikubur,
adapun orang yang terlambat penguburannya, maka tidak dikatakan: bahwa dia akan ditanya sebelum sampai ke kubur dan dia hanya menjawabnya setelah dikubur,
akan tetapi sebagaimana telah diketahui bahwa seseorang yang belum dikubur seperti orang yang dimakan binatang buas, tenggelam di laut, terbakar api, ataupun yang lainnya; maka tidaklah dikatakan baginya: sesungguhnya dia tidak mengalami perkara seperti orang yang dikubur,
akan tetapi seluruh orang akan mengalaminya,
jadi setiap orang akan ditanya dan disiksa atau diberi nikmat,
sedangkan hal itu terjadi terhadap orang yang mati dengan jalan apa pun, baik dikubur atau pun tidak dikubur.
Syarhu Sunan Abi Dawud 370
http://bit.ly/Al-Ukhuwwah
[ 20.07.2016 ]
متى يكون سؤال الميت؟
السؤال: جاء في الحديث: (استغفروا لأخيكم وسلوا له التثبيت فإنه الآن يسأل)، فمتى يبدأ السؤال: عند الدفن، أو بعد الموت كمن طالت مدته مثلاً ووضع في الثلاجة؟الجواب: يبدأ عند الدفن، وأما من تأخر دفنه فلا يقال: إنه يسأل قبل أن يصل إلى القبر، وإنما قال ذلك بعد دفنه، ولكن كما هو معلوم أن الإنسان الذي لم يقبر كمن أكلته السباع، أو غرق في البحر، أو احترق بالنار أو ما إلى ذلك، فلا يقال: إنه لا يجري له ما يجري لمن يدفن، بل يجري ذلك للجميع، فكل يسأل، وكل يعذب أو ينعم، وذلك بأي طريقة مات، وسواء دفن أو لم يدفن.
Tidak ada tanggapan
Posting Komentar
Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi