Shahih Muslim hadits nomor 1258 disukainya masuk Makkah dari Ats-Tsaniyyatul ‘Ulya dan keluar Makkah dari Ats-Tsaniyyatus Sufla serta masuk ke negerinya dari jalan yang berbeda dengan jalan keluarnya

٢٢٤ – (١٢٥٨) - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى وَابۡنُ أَبِي عُمَرَ. جَمِيعًا عَنِ ابۡنِ عُيَيۡنَةَ. قَالَ ابۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ لَمَّا جَاءَ إِلَىٰ مَكَّةَ دَخَلَهَا مِنۡ أَعۡلَاهَا، وَخَرَجَ مِنۡ أَسۡفَلِهَا.
224. (1258). Muhammad ibnul Mutsanna dan Ibnu Abu ‘Umar telah menceritakan kepada kami. Semuanya dari Ibnu ‘Uyainah. Ibnul Mutsanna berkata: Sufyan menceritakan kepada kami, dari Hisyam bin ‘Urwan, dari ayahnya, dari ‘Aisyah, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika datang ke Makkah, beliau masuk dari daerah atasnya dan keluar dari daerah bawahnya.
٢٢٥ – (...) - وَحَدَّثَنَا أَبُو كُرَيۡبٍ: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنۡ هِشَامٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ دَخَلَ عَامَ الۡفَتۡحِ مِنۡ كَدَاءٍ مِنۡ أَعۡلَىٰ مَكَّةَ.
قَالَ هِشَامٌ: فَكَانَ أَبِي يَدۡخُلُ مِنۡهُمَا كِلَيۡهِمَا، وَكَانَ أَبِي أَكۡثَرَ مَا يَدۡخُلُ مِنۡ كَدَاءٍ.
225. Abu Kuraib telah menceritakan kepada kami: Abu Usamah menceritakan kepada kami, dari Hisyam, dari ayahnya, dari ‘Aisyah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk (Makkah) pada tahun Fathu Makkah dari gunung Kada`, yaitu dari daerah atas Makkah.
Hisyam berkata: Ayahku masuk dari masing-masing keduanya (dari atas dan dari bawah), namun ayahku paling sering masuk (Makkah) dari gunung Kada`.


dari ismailibnuisa.blogspot.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi