بسم الله الرحمن الرحيم
Takbir yang muqayyad (terikat).
Yaitu bertakbir dibelakang setiap shalat.
Para Ulama telah sepakat atasnya
Berkata An Nawawy dalam Al Majmu' 5/32
"Adapun Takbir Muqayyad/terikat maka disyariatkan pada Idhul Adha tanpa ada perselisihan telah disepakati oleh (Ulama) umat."
Imam An Nawawy juga berkata didalam kitab Al Majmu' 5/31
"Sunnah bertakbir dihari-hari ini dibelakang shalat wajib sebagaimana yang telah dinukil oleh ulama sekarang dari ulama salaf."
Demikian juga yang telah dinukil akan adanya Ijma/kesepakatan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taymiyah dalam Majmu' Fatawa 42/222 dan Ibnu Rajab dalam Fathul Bari 6/123,124.
Berkata Al Imam Ibnu Rajab didalam Fathul Bari 6/124 :
Telah dihikayatkan oleh Imam Ahmad tentang pendapat akan adanya Ijma' Sahabat tentang ini, beliau menghikayatkan dari Sahabat Umar bin Khattab, Ali bin Abi Tholib, Ibnu Mas'ud dan Ibnu 'Abbas.
Berkata Imam An Nawawy didalam Al Majmu' 5/35 :
"Adapun dari amalan yang dilakukan oleh Umar, Ali dan Ibnu Mas'ud dan Ibnu Abbas radhiyallahu ta'ala 'anhum maka yang shahih dari mereka adalah takbir dari Subuh dihari wukuf di Arafah sampai Ashar pada akhir hari Tasyriq (13 Dzulhijjah).
Aku (Syaikh Arafat,-pen) berkata :
"Adapun atsar dari Amirul Mukminin Umar bin Khattab maka telah dikeluarkan oleh Ibnu Abi Syaibah 5681 dan Al Hakim 1/299 dan Al Baihaqy 3/314
Dan atsar dari Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu dari Ibnu Abi Syaibah 5677 dan Al Hakim 1/299 dan Al Baihaqy 3/314
Dan atsar dari Ibnu Mas'ud radhiayallahu anhu dari Ibnu Abi Syaibah 5679, 5680 dan Al Hakim 1/300 dan Al Baihaqy 3/314
Dan atsar dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu dari Ibnu Abi Syaibah 5692 dan Al Hakim 1/299 dan Al Baihaqy 3/314
Aku (Syaikh Arafat,-pen) berkata :
"Dan perbedaan pendapat hanyalah pada waktu takbir muqayyad, kapan dimulai dan kapan berakhirnya setelah shalat-shalat bagi yang tidak ihram ?
Maka terdapat 4 pendapat dikalangan ulama, dan yang paling benar bahwa dia dimulai setelah shalat subuh dihari Arafah (9 Dzulhijjah) sampai shalat Ashar diakhir hari Tasyriq (13 Dzulhijjah) dikarenakan dhohir dari atsar-atsar Sahabat dan ini adalah Madzhab Al Hanabilah (Hambali).
Wallahu a'lam.
📝 Ditulis oleh :
(Syaikh) Arafat bin Hasan Al Muhammadiy Hafidzhahullah
بسم الله الرحمن الرحيم
التكبير المقيد
وهو الإتيان بالتكبير في أدبار الصلوات.
فقد أجمع عليه أهل العلم.
قال النووي في المجموع (٣٢/٥) :
(وأما التكبير المقيد فيشرع في عيد الأضحى بلا خلاف لإجماع الأمة).
وقال النووي في المجموع (٣١/٥):
(السنة أن يكبر في هذه الأيام خلف الفرائض لنقل الخلف عن السلف).
وممن نقل الإجماع شيخ الإسلام في المجموع (٢٢٢/٢٤)، وابن رجب في فتح الباري (١٢٤،١٢٣/٦).
قال ابن رجب في فتح الباري (١٢٤/٦):
(قد حكى الإمام أحمد هذا القول إجماعاً من الصحابة، حكاه عن عمر وعليّ وابن مسعود وابن عباس).
وقال النووي في المجموع (٣٥/٥):
(فأما من فعل عمر وعلي وابن مسعود وابن عباس رضي الله عنهم فصحيح عنهم التكبير من صبح عرفة إلى عصر آخر التشريق).
قلت:فأما آثر أمير المؤمنين عمر بن الخطاب رضي الله عنه، فقد أخرجه ابن أبي شيبة (٥٦٨١)، والحاكم (٢٩٩/١)، والبيهقي (٣١٤/٣).
وأما أثر أمير المؤمنين علي بن أبي طالب رضي الله عنه فعند ابن أبي شيبة (٥٦٧٧)، والحاكم (٢٩٩/١)، والبيهقي (٣١٤/٣).
وأما أثر ابن مسعود رضي الله عنه فعند ابن أبي شيبة (٥٦٧٩) (٥٦٨٠)، والحاكم (٣٠٠/١)، والبيهقي (٣١٤/٣).
وأما أثر ابن عباس رضي الله عنه فعند ابن أبي شيبة (٥٦٩٢)، والحاكم (٢٩٩/١)، والبيهقي (٣١٤/٣).
قلت: والخلاف إنما هو في وقت التكبير المقيد متى يبدأ ومتى ينتهي بعد الصلوات بالنسبة لغير المحرم؟
ففيه أربع أقوال لأهل العلم أصحها أنه يبدأ من بعد صلاة الفجر من يوم عرفة إلى صلاة العصر من آخر أيام التشريق، لظاهر آثار الصحابة وهو مذهب الحنابلة.
والله أعلم.
كتبه: عرفات بن حسن المحمدي
📮 SALAM
Sumber https://telegram.me/salafymakassar/1011
[ 05.09.2016 ]
Tidak ada tanggapan
Posting Komentar
Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi