Apa Hukum Mencium Mushaf Ketika Jatuh Dari Tempat Yang Tinggi

APA HUKUM MENCIUM MUSHAF KETIKA JATUH DARI TEMPAT YANG TINGGI
Samahatus syaikh Abdul Aziz Bin Baaz رحمه اللّٰه menjawab :
▪️Kami tidak mengetahui dalil tentang disyariatkannya mencium mushaf, namun kalau seseorang menciumnya maka tidak mengapa; dikarenakan diriwayatkan dari 'Ikrimah Bin Abi Jahl salah seorang shohabat yang mulia رضي اللّٰه عنه bahwa ia biasa menciumnya dan mengatakan ini adalah kalam Robbku, kesimpulannya mencium mushaf tidak mengapa namun tidak disyariatkan dan disana tidak ada dalil yang menunjukkan disyariatkannya perbuatan tersebut, namun seandainya seseorang menciumnya dalam rangka mengagungkan dan menghormatinya ketika terjatuh dari tangannya atau dari tempat yang tinggi maka tidak mengapa insya Allah.
Sumber : http://www.binbaz.org.sa/fatawa/2065
ما حكم تقبيل المصحف عند سقوطه من مكان مرتفع؟
للشيخ العلامة ابن باز رحمه الله :
«لا نعلم دليلاً على شرعية تقبيله، ولكن لو قبله الإنسان فلا بأس؛ لأنه يروى عن عكرمة بن أبي جهل الصحابي الجليل رضي الله تعالى عنه أنه كان يقبل المصحف ويقول هذا كلام ربي، وبكل حال التقبيل لا حرج فيه ولكن ليس بمشروع وليس هناك دليل على شرعيته، ولكن لو قبله الإنسان تعظيماً واحتراماً عند سقوطه من يده أو من مكان مرتفع فلا حرج في ذلك ولا بأس إن شاء الله».
المصــدر :
http://www.binbaz.org.sa/fatawa/2065
•┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈•
telegram.me/dinulqoyyim
25/10/2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi