Kebid'ahan Di Hari 'Asyura

❁✿❁
Silsilah Fatawa Fiqih Puasa
━━━━━━━━━━━━━━━━━━━
KEBID'AHAN DI HARI ASYURA'.
━━━━━━━━━━━━━━━━━━━ 
✍ Berkata Al-Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah _rahimahullah_:
« Hadits-hadits tentang celak di hari Asyura', berhias, memberi hadiah, shalat pada hari Asyura', dan lain sebagainya dari keutamaan-keutamaan, tidak shahih darinya sedikitpun, tidak pula satu hadits pun, dan tidak shahih dari Nabi _shallallahu 'alaihi wa sallam_ tentang hal itu sama sekali, selain hadits tentang puasa padanya, dan selain itu maka batil.
Dan aku berikan contoh tentang hal itu ialah:
((ﻣﻦ ﻭﺳﻊ ﻋﻠﻰ ﻋﻴﺎﻟﻪ ﻳﻮﻡ ﻋﺎﺷﻮﺭاء ﻭﺳﻊ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﺳﺎﺋﺮ ﺳﻨﺘﻪ))
_"Barangsiapa yang memperluas (pemberian nafkahnya) kepada keluarganya pada hari Asyura', maka Allah akan lapangkan baginya di tahun lainnya."_ [HR. Al-Baihaqi dari Ibnu Mas'ud. Pent]
▪️ Berkata Al-Imam Ahmad: _"tidaklah shahih hadits ini"_.
❌ Adapun hadits bercelak, memakai minyak rambut dan minyak wangi, maka termasuk dari hadits yang dibuat-buat oleh para pendusta, kemudian diterima oleh yang lainnya dan dijadikannya sebagai hari yang menyakitkan dan menyedihkan, dan dua kelompok mubtadi' yang keluar dari sunnah.
 Sedangkan ahlussunnah mereka melakukan pada hari tersebut, apa yang telah diperintahkan Nabi _shallallahu 'alaihi wa sallam_ dari puasa, dan mereka menjauhkan diri dari apa yang diperintahkan syaitan dari kebid'ahan. »
           •┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈•
 Al-Manar Al-Munif Fi As-Shahih wa As-Dha'if, halaman (98).
——————————————
(❌) من ​بـَدع عاشــوراء (❌)
❒ قال الإمام ابن قيم الجوزية -رحمه الله-:
" أحاديث الاكتحال يوم عاشوراء، والتزين والتوسعة والصلاة فيه، وغير ذلك من فضائل، لا يصح منها شيء ، ولا حديث واحد، ولا يثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم فيه شيء، غير أحاديث صيامه، وما عداها فباطل.
وأمثل ما فيها: من وسع على عياله يوم عاشوراء، وسع الله عليه سائر سنته؛ قال الإمام أحمد: لا يصح هذا الحديث.
وأما حديث الاكتحال والإدهان والتطيب، فمن وضع الكذابين، وقابلهم آخرون فاتخذوه يوم تألم وحزن، والطائفتان مبتدعتان خارجتان عن السنة.
وأهل السنة يفعلون فيه، ما أمر به النبي صلى الله عليه وسلم من الصوم، ويجتنبون ما أمر به الشيطان من البدع."
المنار المنيف في الصحيح والضعيف:(ص/89).

━━━━━━━━━━━━━━━━━━━

Bolehkah memasak makanan tertentu di hari 'Asyura?

✍ Al-'Allamah Rabi' bin Hadi 'Umair Al-Madkhali _hafizhahullah_ :
*Pertanyaan*:
● Apakah boleh memasak makanan tertentu di hari Asyura'?

*Jawaban*:
« Apabila pada mereka ada sebuah keyakinan bahwasanya memasak pada hari Asyura' beras India, atau gandum fulani, atau manisan fulaniyah dan menganggapnya termasuk dari amalan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah 'Azza wa Jalla maka ini adalah *bid'ah* _barokallah fikum_. »
           •┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈•
*Sumber artikel*:
http://www.rabee.net/ar/questions.php?cat=45&id=347
——————————————
❒ سئل العَلّامَــة رَبِــيعْ بن هَادِي عُمــيْر الــمدخلي-حَـفظَهُ الله-:
هل يجوز طبخ أكل معين في عاشوراء؟
  ❪✵❫ الجَــ↶ـــوَابُ: 
" إذا كان عندهم عقيدة أنّه يُطبَخ في عاشوراء الأرز الهندي أو البرّ الفلاني أو الحلوى الفلانية ويعتبرها من القُرَب إلى الله عزّ وجلّ فهذه بدعة  بارك الله فيكم."
()- المصدر من هنـ↶ـا :
http://www.rabee.net/ar/questions.php?cat=45&id=347
-━━━━━━━━━━━━━━━━━━━ 
✍ Berkata Al-'Allamah Abdul Aziz bin Baaz _rahimahullah_:
« Tidak boleh mengkhususkan hari Asyura' dengan membuat makanan, tidak pula dengan menampilkan perhiasan, memakai minyak wangi dan berhias diri, serta tidak juga dengan sedekah dan seterusnya dari apa-apa yang dilakukan oleh para mubtadi' (pelaku kebid'ahan).
❌ Sebagaimana tidak boleh menjadikannya sebagai hari kesedihan dan ratapan sebagaimana yang dilakukan kaum syi'ah, akan tetapi yang disyari'atkan pada hari ini ialah puasanya dengan berpuasa satu hari sebelumnya atau satu hari setelahnya sebagaimana puasanya Nabi _shallallahu 'alaihi wa sallam_ dan sebagaimana beliau perintahkan untuk berpuasa bersama dengan satu hari sebelumnya atau satu hari setelahnya sebagai bentuk penyelisihan terhadap kaum yahudi.
❌ Adapun doa Fatimah binti Rasulullah _shallallahu 'alaihi wa sallam_ dan beristighatsah dengan Fatimah atau dengan selain beliau dari orang-orang yang telah mati maka itu termasuk dari syirik besar dan termasuk dosa yang tidak akan diampuni kecuali dengan taubat kepada Allah _Subhanahu wa ta'ala_ maka itu merupakan amalan yang diharamkan dengan pengharaman yang besar di hari Asyura' maupun selainnya,
▪️ adapun menghiasi tubuh dengan hena (pacar) di tempat yang gelap dan perkara-perkara yang dilakukan di hari itu maka itu termasuk dari khurafat dan kesesatan serta merupakan sarana menuju kesyirikan sehingga wajib meyakini akan kebatilannya dan tidak boleh menoleh kepadanya. »
وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
          •┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈•
 Al-Lajnah Ad-Daimah Li Al-Buhuts Al-Ilmiah wa Al-Ifta, fatwa no. (22177) (1/151).
——————————————
❒ قال علماء اللجنة الدائمة برئـاسة العلّامــة : عــبدُ الــعزِيــز بن بــازٍ رحــمُه الله:
" لا يجوز تخصيص يوم عاشوراء بعمل طعام ، ولا إظهار زينة وتطيب وتجمل ، ولا صدقة . إلى غير ذلك مما يفعله المبتدعة .
كما لا يجوز جعله يوم حزن ونياحة كما تفعله الشيعة ، وإنما المشروع في هذا اليوم صيامه صيام يوم قبله أو يوم بعده كما صامه النبي - صلى الله عليه وسلم - وأمر بصيامه مع صيام يوم قبله أو يوم بعده مخالفة لليهود .
وأما دعاء فاطمة بنت الرسول - صلى الله عليه وسلم - والاستغاثة بها أو بغيرها من الأموات فهو من الشرك الأكبر والذنب الذي لا يغفر إلا بالتوبة إلى الله - سبحانه وتعالى - فهو محرم عظيم التحريم في يوم عاشوراء أو غيره ، وأما عملية الحناء في مكان مظلم وما ذكر مما يحصل من جراء ذلك فهو من الخرافات والضلالات ووسائل الشرك فيجب اعتقاد بطلانه وعدم الالتفات إليه .
وبالله التوفيق ، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم."
()- المصدر من هنـ↶ـا :
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإِفتاء الفتوى رقم (22177)(الجزءرقم:1،الصفحةرقم:151)
[ https://goo.gl/tt2tcl ]
----------------------
Broadcast by :
_*Ahlus Sunnah Karawang;*_
Channel MutiaraASK,
http://tlgrm.me/MutiaraASK
Website ASK,
http://bit.ly/BlogASK
BBM Mutiara Salaf,
Pin:5F0E3F06 |Channel:C001C7FFE
[ 09/10/2016 ]

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi