Fawaaid Channel Telegram al-Ukhuwwah Bulan November 2016
MAKNA KATA MANHAJ
Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd al 'Abbad al Badr hafizhahullah
Pertanyaan:
Kami mendengar ucapan Anda tentang kata manhaj dan bahwasannya kata ini sesuai penyandarannya. Apa pendapat Anda tentang ucapan orang yang berpendapat kata ini bid'ah (perkara baru dalam syariat), sehingga tidak boleh digunakan?
Jawaban:
Bagaimana bisa kata manhaj suatu yang bid'ah! sedangkan kata ini termasuk pembicaraan orang arab dan memiliki makna yang benar dalam bahasa arab. Namun kata manhaj sesuai penyandarannya karena manhaj setiap kaum adalah apa yang mereka letakkan dan terima untuk diri mereka.
Sehingga jika manhaj itu benar manhaj itu pun benar dan bila manhaj itu batil maka manhaj itu pun batil.
Oleh karenanya ada yang mengatakan: manhaj ahlussunnah waljamaah dalam masalah aqidah demikian dan demikian, manhaj mereka dalam masalah amal demikian dan demikiaan.Seperti thariqah mereka dalam masalah aqidah adalah mempercayai nash (teks) dan dalil serta tidak mempercayai akal karena akal menurut mereka mengikuti dalil sedangkan akal yang benar itu tidak menyelisihi dalil. Dengan demikian tidak dikatakan sesungguhnya kata manhaj itu bid'ah dan tidak boleh dipakai akan tetapi makna kata manhaj itu benar hanya saja manhaj itu sesuai penyandarannya. Karena setiap kelompok memiliki manhaj dan setiap jamaah memiliki manhaj dan thariqah. Inilah yang terjadi dan tidak berbahaya padanya.
๐Syarh Sunan Abi Dawud 328
http://bit.ly/Al-Ukhuwwah
ู ุนูู ููู ุฉ (ู ููุฌ)
ุงูุณุคุงู: ุณู ุนูุง ููุงู ูู ูู ููู ุฉ ุงูู ููุฌ، ูุฃููุง ุจุญุณุจ ู ุง ุชุถุงู ุฅููู، ูู ุง ุฑุฃููู ูู ููู ู ู ูุงู: ูู ู ุญุฏุซุฉ ูุง ูุฌูุฒ ุงุณุชุนู ุงููุง؟ ุงูุฌูุงุจ: ููู ุชููู ู ุญุฏุซุฉ؟! ููู ู ู ููุงู ุงูุนุฑุจ، ูููุง ู ุนًูู ุตุญูุญ ูู ุงููุบุฉ ุงูุนุฑุจูุฉ، ูููููุง ุจุญุณุจ ุงูุฅุถุงูุฉ، ูู ููุฌ ูู ููู ูู ู ุง ูุถุนูู ูุงุฑุชุถูู ูุฃููุณูู ، ูุฅุฐุง ูุงู ุฐูู ุงูู ููุฌ ุญูุงً ููู ุญู، ูุฅุฐุง ูุงู ุจุงุทูุงً ููู ุจุงุทู، ูููุฐุง ููุงู: ู ููุฌ ุฃูู ุงูุณูุฉ ูุงูุฌู ุงุนุฉ ูู ุงูุนููุฏุฉ ูุฐุง ููุฐุง، ูู ููุฌูู ูู ุงูุนู ู ูุฐุง ููุฐุง، ูุงูู ููุฌ ูู ุงูุทุฑููุฉ، ูุทุฑููุชูู ูู ุงูุนููุฏุฉ ุฃููู ูุนูููู ุนูู ุงููุตูุต ูุงููููู، ููุง ูุนูููู ุนูู ุงูุนููู، ุฅุฐ ุงูุนููู ุนูุฏูู ุชุงุจุนุฉ ูููููู، ูุงูุนูู ูุง ูุฎุงูู ุงูููู، ููุง ููุงู: ุฅููุง ู ุญุฏุซุฉ ูุฅููุง ูุง ุชุณุชุนู ู، ุจู ู ุนูุงูุง ุตุญูุญ، ููููุง ุจุญุณุจ ู ุง ุชุถุงู ุฅููู؛ ููู ูุฑูุฉ ููุง ู ููุฌ، ููู ุฌู ุงุนุฉ ููุง ู ููุฌ ูุทุฑููุฉ، ููุฐุง ูู ุงููุงูุน، ููุง ู ุญุฐูุฑ ููู.
AL-UKHUWWAH, [08.11.16 06:18]
TETAPNYA NIKMAT DAKWAH
Syaikh Shalih bin Fawzan al Fawzan hafizhahullah berkata:
"Segala sesuatu yang bersandar kepada al Quran dan hadits, maka sungguh akan kekal dengan ijin Allah Ta'ala."
๐Muhadharah Himayatusy Syabab Minal Afkaril Haddamah
๐http://www.alfawzan.af.org.sa/node/16230
http://bit.ly/Al-Ukhuwwah
ُّููู ุดูุกٍ ูุฑุชูุฒ ุนูู ุงููุชุงุจ ูุงูุณَُّูุฉ ูุฅَُّูู ูุจูู ุจุฅุฐู ุงููู،
AL-UKHUWWAH, [10.11.16 04:58]
HUKUM MASUKNYA WANITA HAIDH KE MASJID
Syaikh Shalih bin Fawzan al Fawzan hafizhahullah
Pertanyaan:
Hukum masuknya wanita haidh dalam masjid atau sekitar masjid karena menghadiri majelis dzikir (ilmu)?
Jawaban:
Tidak boleh, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:
"Tidak dihalalkan masjid bagi orang yang haidh dan junub."
Sehingga tidak boleh tinggal di masjid.Namun jika dia ingin mendengarnya hendaknya dia berada pada tempat di luar masjid karena mikrofon akan menyalurkan suara kepadanya--walhamdulillah---.
Jadi, dia bisa berada di mobil atau pun berada pada tempat di luar masjid.
http://www.alfawzan.af.org.sa/node/14710
http://bit.ly/Al-Ukhuwwah
ุญูู ุฏุฎูู ุงูู ุฑุฃุฉ ุงูุญุงุฆุถ ุฅูู ุงูู ุณุฌุฏ.
ุงูุณุคุงู:
ุญูู ุฏุฎูู ุงูู ุฑุฃุฉ ุญุงุฆุถ ุฏุงุฎู ุงูู ุณุฌุฏ ุฃู ูู ู ุญูุท ุงูู ุณุฌุฏ ู ู ุฃุฌู ุญุถูุฑ ุงูุฐูุฑ؟
ุงูุฌูุงุจ: ูุง ูุฌูุฒ، ุงูุฑุณูู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูููู: "ูุงَ ุฃُุญُِّู ุงْูู َุณْุฌِุฏَ ِูุญَุงุฆِุถٍ َููุงَ ุฌُُูุจٍ"، ููุง ูุฌูุฒ ุฃู ุชูุจุซ ูู ุงูู ุณุฌุฏ، ูุชุฌูุณ ูู ุงูู ุณุฌุฏ ุฅุฐุง ูุงูุช ุชุฑูุฏ ุงูุงุณุชู ุงุน ุชุตูุฑ ูู ู ูุงู ุฎุงุฑุฌ ุงูู ุณุฌุฏ ูุงูู ููุฑููู ููุฏ ูููุง ุงูุตูุช ูุงูุญู ุฏ ููู ุชุตูุฑ ูู ุงูุณูุงุฑุฉ ุชุตูุฑ ูู ู ูุงู ุฎุงุฑุฌ ุงูู ุณุฌุฏ.
AL-UKHUWWAH, [16.11.16 18:40]
PEMBELAAN SYAIKH ABDUL MUHSIN AL 'ABBAD TERHADAP SYAIKH RABI' DAN TAHDZIR DARI KITAB SAYYID QUTHUB
Pertanyaan:
Sebagian orang berkata: Sesungguhnya manhaj Syaikh Rabi' al Madkhali hafizhahullah dalam membantah Sayyid Quthub batil karena hanya menyebutkan celaan saja, apa pendapat Anda?
Jawaban:
Permasalahan orang yang berkata harus menyebutkan kebaikan disamping menyebutkan kejelekan tidaklah diperlukan. Sehingga barang siapa yang hendak mentahdzir (memperingatkan) dari suatu perkara, apakah dia mesti mencari kebaikan orang yang ditahdzir darinya?
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam ketika didatangi seorang wanita yang berkonsultasi tentang Sahabat Muawiyah dan Abu Jahm Radhiyallahu 'Anhuma, apa jawab Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam kepadanya? Apakah Beliau mengatakan kepadanya: Muawiyah penulis wahyu, dia begini dan begitu, dia seorang yang sangat faqir dan tidak memiliki harta? Atau pun Beliau bersabda: (Adapun Muawiyah dia seorang yang sangat faqir dan tidak memiliki harta) karena ini berkaitan dengan pernikahan (dan adapun Abu Jahm, dia tidak pernah melepaskan tongkatnya dari pundaknya)
Dan sudah dimaklumi bahwa permasalahan ini adalah permasalahan tahdzir sedangkan tahdzir itu membutuhkan penjelasan perkara yang manusia mesti mengetahuinya sehingga merekapun berhati-hati seperti penulis ini, meskipun dia memiliki kebaikan dan kejelekan, namun pantaskah seseorang membaca kitab yang ada di dalamnya campuran ini dan pembicaran yang tidak berguna dan kata-kata bagus
Tahdzir semisal terhadap kitab dan naskah yang seseorang mengeluarkannya karena bermadharat dan tidak keluar dari kitab tersebut faidah yang positif, inilah yang sesungguhnya. Sehingga sudah dimaklumi bahwa mayoritas ulama dulu dan sekarang ketika membantah seseorang mereka menyebutkan perkara yang wajib untuk berhati-hati darinya.
Adapun sifat baik yang dia miliki, maka kebaikan itu untuknya, namun manusia waspada dari madharat dan bahaya yang ada dalam kitab.
๐Syarh Sunan Abi Dawud kaset 117
http://telegram.me/ukhwh
๐http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=3439
ุฏูุงุน ุงูุดูุฎ ุนุจุฏ ุงูู ุญุณู ุงูุนุจุงุฏ ุนู ุงูุดูุฎ ุฑุจูุน ูุงูุชุญุฐูุฑ ู ู ูุชุจ ุณูุฏ ูุทุจ [ ู ู ุดุฑุญ ุณูู ุฃุจู ุฏุงูุฏ]
ู ููุฌ ุงูุดูุฎ ุฑุจูุน ุงูู ุฏุฎูู ูู ุงูุฑุฏ ุนูู ุณูุฏ ูุทุจ
ุงูุณุคุงู: ุงูุจุนุถ ูููููู: ุฅู ู ููุฌ ุงูุดูุฎ ุฑุจูุน ุงูู ุฏุฎูู ุญูุธู ุงููู ูู ุงูุฑุฏ ุนูู ุณูุฏ ูุทุจ ุจุงุทู؛ ูุฃูู ูู ูุฐูุฑ ุญุณูุงุชู، ูุฅูู ุง ุฐูุฑ ุงูู ุทุงุนู ููุท، ูู ุง ุฑุฃููู ؟
ุงูุฌูุงุจ: ูุถูุฉ ุงููุงุฆููู ุจุฃูู ูุงุจุฏ ู ู ุฐูุฑ ุงูุญุณูุงุช ู ุน ุฐูุฑ ุงูุณูุฆุงุช ููุณุช ุถุฑูุฑูุฉ، ูู ู ู ู ูุฑูุฏ ุฃู ูุญุฐุฑ ู ู ุดูุก ูู ูุจุญุซ ุนู ุญุณูุงุช ุฐูู ุงูุฐู ูุญุฐุฑ ู ูู؟ ุงูุฑุณูู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูู ุง ุฌุงุกุชู ุงูู ุฑุฃุฉ ุงูุชู ุชุณุชุดูุฑู ูู ู ุนุงููุฉ ููู ุฃุจู ุงูุฌูู ู ุงุฐุง ูุงู ููุง ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ؟ ูู ูุงู ููุง: ู ุนุงููุฉ ูุงุชุจ ุงููุญู، ููู ูุฐุง ููู ูุฐุง ููู ูุฐุง، ููู ุตุนููู ูุง ู ุงู ูู؟ ุฃู ูุงู: (ุฃู ุง ู ุนุงููุฉ ูุตุนููู ูุง ู ุงู ูู)؛ ูุฃู ูุฐุง ูุชุนูู ุจุงูุฒูุงุฌ، (ูุฃู ุง ุฃุจู ุงูุฌูู ููุง ูุฏุน ุงูุนุตุง ุนู ุนุงุชูู)، ูู ู ุงูู ุนููู ุฃู ุงููุถูุฉ ูู ูุถูุฉ ุชุญุฐูุฑ، ูุงูุชุญุฐูุฑ ูุชุทูุจ ุจูุงู ุงูุฃุดูุงุก ุงูุชู ูููู ุงููุงุณ ุนูู ุนูู ุจูุง ุญุชู ูุญุฐุฑูุง ู ุซู ูุฐุง ุงููุงุชุจ، ููู ูุงู ุนูุฏู ุญุณูุงุช ูุนูุฏู ูุฐู ุงูุณูุฆุงุช ูู ูุตูุญ ุฃู ุงูุฅูุณุงู ููุฑุฃ ูุชุงุจุงً ููู ูุฐุง ุงูุฎูุท، ูููู ุงูุบุซ ูุงูุณู ูู؟ ุงูุชุญุฐูุฑ ู ู ู ุซู ูุฐู ุงููุชุงุจุงุช ูู ู ูุฐู ุงูู ุคููุงุช ุงูุชู ูุฎุฑุฌ ุงูุฅูุณุงู ู ููุง ุจู ุถุฑุฉ، ููุง ูุฎุฑุฌ ู ููุง ุจูุงุฆุฏุฉ ู ุญููุฉ ูุฐุง ูู ุงูุฐู ููุจุบู، ูู ุนููู ุฃู ูุซูุฑุงً ู ู ุงูุนูู ุงุก ุงูู ุชูุฏู ูู ูุงูู ุชุฃุฎุฑูู ุนูุฏู ุง ูุฑุฏูู ุนูู ุดุฎุต ูุฐูุฑูู ุงูุฃู ูุฑ ุงูุชู ูุฌุจ ุฃู ูุญุฐุฑ ู ููุง، ูุฃู ุง ู ุง ุนูุฏู ู ู ุงูุตูุงุช ุงูุทูุจุฉ، ูุงูุญุณูุฉ ููุฐู ูู، ูููู ุงููุงุณ ูุญุฐุฑูู ู ู ุงูุถุฑุฑ، ูู ู ุงูุฎุทุฑ ุงูุฐู ูููู ูู ุงููุชุจ.
ุงูู ุฑุฌุน : ุดุฑุญ ุงูุดูุฎ ูุณูู ุฃุจู ุฏุงูุฏ . ุงูุดุฑูุท 171 . ูู ุงูุฃุณุฆูุฉ ุงูุชู ุชุฃุชู ุจุนุฏ ุดุฑุญู ูุจุงุจ : ู ุง ุฌุงุก ููู ู ููุฑุฃ ุงูุณุฌุฏุฉ ุจุนุฏ ุงูุตุจุญ
AL-UKHUWWAH, [19.11.16 22:47]
HUKUM MEMATIKAN SPEAKER KETIKA IQAMAH
Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin rahimahullah
Pertanyaan:
Fadhilatusy Syaikh! Sebagian muadzin mematikan amplifier ketika iqamah sedangkan shalat ada di dalam dan di luar masjid?
Syaikh: Kenapa dia mematikannya?
Pembawa acara: Dia mematikannya karena hanya menggunakannya ketika adzan saja.
Syaikh: Ini tidak mengapa karena ini bisa jadi lebih baik yakni speaker hanya digunakan ketika adzan, inilah yang lebih baik.
Namun jika speaker digunakan pada iqamah tidak mengapa. Adapun jika digunakan dalam shalat jangan, sebab menggunakannya ketika shalat akan menyebabkan gangguan orang yang berada dekat dari masjid.
Penanya: Meskipun di dalam masjid, Syaikh?
Syaikh: Meskipun di dalam masjid, tidak ada sebabnya, selama masjidnya tidak besar dan jamaahnya tidak banyak serta mendengar dengan jels bacaan imam, apa manfaatnya?
Penanya: Namun sebagian makmum tidak mendengar suara imam?
Syaikh: Jika masjidnya luas atau banyak jamaahnya sehingga perlu memperdengarkan suara, maka tidak mengapa menggunakan speaker.
๐Liqa' al Bab al Maftuh 75
http://telegram.me/ukhwh
ุญูู ุฅุบูุงู ู ูุจุฑ ุงูุตูุช ุนูุฏ ุงูุฅูุงู ุฉ
ุงูุณุคุงู: ูุถููุฉ ุงูุดูุฎ! ุจุนุถ ุงูู ุคุฐููู ูุทูุฆูู ุฌูุงุฒ ุชูุจูุฑ ุงูุตูุช ุนูุฏ ุงูุฅูุงู ุฉ ูุงูุตูุงุฉ ูู ุงูุฏุงุฎู ูุงูุฎุงุฑุฌ؟ุงูุดูุฎ: ููู ุงุฐุง ูุทูุฆู؟ู ุฏุงุฎูุฉ: ูุทูุฆู ูุง ูุดุบูู ุฅูุง ูู ุงูุฃุฐุงู ููุท.ุงูุดูุฎ: ูุฐุง ูุง ุจุฃุณ ุจู ูุฐุง ููุฏ ูููู ุฎูุฑุงً، ูุนูู ููู ู ูุจุฑ ุงูุตูุช ูุง ูุณุชุนู ู ุฅูุง ุนูุฏ ุงูุฃุฐุงู ูุฐุง ูู ุงูุฃุญุณู، ููู ุฅุฐุง ุงุณุชุนู ู ูู ุงูุฅูุงู ุฉ ููุง ุจุฃุณ، ุฃู ุง ุฅุฐุง ุงุณุชุนู ู ูู ุงูุตูุงุฉ ููุง؛ ูุฃู ุงุณุชุนู ุงูู ูู ุงูุตูุงุฉ ูุคุฏู ุฅูู ุงูุชุดููุด ุนูู ู ู ูุงู ูุฑูุจุงً ู ู ุงูู ุณุฌุฏ.ุงูุณุงุฆู: ููู ูุงู ุงูุฏุงุฎูู ูุง ุดูุฎ؟!ุงูุดูุฎ: ุญุชู ุงูุฏุงุฎูู ููุณ ูู ุฏุงุน، ู ุง ุฏุงู ุงูู ุณุฌุฏ ููุณ ูุจูุฑุงً ูููุณ ููู ุฌู ุงุนุงุช ูุซูุฑุฉ ููุณู ุนูู ุงูุฅู ุงู ุณู ุงุนุงً ู ุญููุงً ู ุง ุงููุงุฆุฏุฉ؟ุงูุณุงุฆู: ููู ุจุนุถูู ู ุง ูุณู ุน ุตูุชู.ุงูุดูุฎ: ุฅุฐุง ูุงู ุงูู ุณุฌุฏ ูุงุณุนุงً ุฃู ุงูุฌู ุงุนุงุช ูุซูุฑุฉ ูุญุชุงุฌูู ุฅูู ุฅุณู ุงุน ุงูุตูุช ููุง ุจุฃุณ.
AL-UKHUWWAH, [24.11.16 20:55]
BAGAIMANA MEMBANTAH ORANG YANG TIDAK SEPENDAPAT DENGAN ADZAN PERTAMA PADA HARI JUMAT?
Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin rahimahullah
Pertanyaan:
Fadhilatusy Syaikh! Kami katakan: Sesungguhnya sunnah sahabat Utsman Radhiyallahu 'Anhu pada adzan pertama di hari Jumat adalah sunnah yang tsabit dan shahih, inilah yang benar, namun sebagian ikhwan di Sudan mendatangkan syubhat kepada kami yaitu mereka mengatakan: Bahwa 'Utsman Radhiyallahu 'Anhu melakukan sunnah ini di pasar, sehingga barangsiapa ingin menerapkan sunnah 'Utsman Radhiyallahu 'Anhu, hendaknya dia lakukan di pasar, namun jangan adzan di satu masjid dengan dua adzan, Bagaimana kami membantah mereka?
Jawaban:
Kita bantah mereka, bahwasannya 'Utsman Radhiyallahu 'Anhu melakukan sunnah adzan pertama di pasar karena tidak adanya speaker. Sekiranya dia adzan di.masjid atau tempat yang dekat dari masjid, tentunya tidak didengar orang pasar.Adapun sekarang-- alhamdulillah--ada speaker.
Kemudian Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memiliki dua muadzin di satu masjid yaitu Bilal dan Ibnu Maktum Radhiyallahu 'Anhuma. Keduanya adzan di satu tempat.
๐Liqa' al Bab al Maftuh 75
http://telwgram.me/ukhwh
ููููุฉ ุงูุฑุฏ ุนูู ู ู ูุง ูุฑู ุงูุฃุฐุงู ุงูุฃูู ููู ุงูุฌู ุนุฉ
ุงูุณุคุงู: ูุถููุฉ ุงูุดูุฎ! ูููุง: ุฅู ุณูุฉ ุนุซู ุงู ุฑุถู ุงููู ุนูู ูู ุงูุฃุฐุงู ุงูุฃูู ููู ุงูุฌู ุนุฉ ูู ุณูุฉ ุซุงุจุชุฉ ูุตุญูุญุฉ، ููุฐุง ุตุญูุญ، ูููู ููุงู ุจุนุถ ุงูุฅุฎูุงู ูู ุงูุณูุฏุงู ููุฑุฏูู ุนูููุง ุดุจูุฉ ููู ูููููู: ุฃู ุนุซู ุงู ุฑุถู ุงููู ุนูู ูุนู ูุฐู ุงูุณูุฉ ูู ุงูุณูู، ูู ู ุฃุฑุงุฏ ุฃู ูุทุจู ุณูุฉ ุนุซู ุงู ุฑุถู ุงููู ุนูู ููููุนู ูู ุงูุณูู ููู ูุง ูุคุฐู ูู ุงูู ุณุฌุฏ ุงููุงุญุฏ ุฃุฐุงููู، ูููู ูุฑุฏ ุนูููู ؟ ุฌุฒุงู ุงููู ุฎูุฑุงً.ุงูุฌูุงุจ: ูุฑุฏ ุนูููู ุจุฃู ุนุซู ุงู ุฑุถู ุงููู ุนูู ุฌุนููุง ูู ุงูุณูู؛ ูุฃูู ููุณ ููุงู ู ูุจุฑ ุตูุช، ูู ุฃุฐู ูู ุงูู ุณุฌุฏ ุฃู ูุฑูุจุงً ู ู ุงูู ุณุฌุฏ ูู ูุณู ุนู ุฃูู ุงูุณูู، ุฃู ุง ุงูุขู ูุงูุญู ุฏ ููู ู ูุจุฑ ุงูุตูุช ู ูุฌูุฏ، ุซู ุฅู ุงูุฑุณูู ุนููู ุงูุตูุงุฉ ูุงูุณูุงู ูุงู ูู ู ุคุฐูุงู ูู ู ุณุฌุฏ ูุงุญุฏ ุจูุงู ูุงุจู ุฃู ู ูุชูู ، ูุคุฐูุงู ูู ู ูุงู ูุงุญุฏ.
Tidak ada tanggapan
Posting Komentar
Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi