Orang Yang Mengetahui Merupakan Hujjah Atas Orang Yang Tidak Mengetahui

*ORANG YANG MENGETAHUI MERUPAKAN HUJJAH ATAS ORANG YANG TIDAK MENGETAHUI*

🕳 al-'Allamah asy-Syaikh DR. Rabi' bin Hadi al-Madkhali _hafizhahullah_ berkata:

🖱 "Muhammad bin Jarir mengatakan: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Humaid. Telah menceritakan pula kepada kami, Ibrahim bin Mukhtar dari Ibnu Juraij dari Atha' dari Ka'ab bin 'Ujrah dari Nabi _shallallahu 'alaihi wasallam_ ketika menerangkan firman Allah _subhanahu wa ta'ala_:

{ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا الْحُسْنَى وَزِيَادَةٌ}

_"Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (al-Jannah) dan tambahannya"_ (Yunus: 26)

📶 Di dalam sanad hadits ini terdapat seorang perawi yang bernama Ibnu Humaid dan terdapat pembicaraan tentang Muhammad bin Humaid ar-Razi dikalangan ahlul hadits.

🍁 Dimana al-Imam Ahmad memberi rekomendasi kepada Ibnu Humaid.

▶ Sedangkan ahlul hadits selain al-Imam Ahmad telah mengkritik, melemahkan dan bahkan bersikap keras di dalam melemahkannya.

💥 Termasuk diantara ahlul hadits yang melemahkannya adalah Ibnu Khuzaimah. Pernah ada yang mengatakan kepada beliau: "Sesungguhnya al-Imam Ahmad telah memberikan pujian dan rekomendasi kepada Ibnu Humaid" Ibnu Khuzaimah pun berkata : *"Seandainya al-Imam Ahmad mengetahui (keadaan Ibnu Humaid) sebagaimana yang kami ketahui, niscaya dia tidak akan memberi rekomendasi kepadanya"*.

☑ Ini adalah merupakan metode yang ditempuh oleh (para ulama) ahlus sunnah wal jama'ah dan ahlul hadits, yaitu *"Orang yang mengetahui merupakan hujjah atas orang yang tidak mengetahui"*. Demikian pula *"al-jarh (kritikan) lebih didahulukan atas ta'dil (pujian)"*.

❎ *Dan dalam hal ini tidaklah menunjukkan kerendahan atau kekurangan dari seorang imam yang memberi rekomendasi kepada orang tersebut*, kemudian datang kejelasan dari imam yang lain yang selevel dengannya atau (bahkan) dibawahnya, lalu dia membuktikannya dengan hujjah dan bukti atas celaannya terhadap orang yang diberi rekomendasi oleh imam tersebut.

🔃 Tidak ada masalah dalam hal ini. *Perselisihan dalam hal ini tidaklah disebut sebagai suatu sikap yang merendahkan atau menyelisihi (imam yang lainnya). Mengapa? Karena mereka berpusat dengan hujjah dan bukti. Mereka tidak menginginkan kecuali kebenaran. Mereka juga tidak menginginkan kecuali wajah Allah _'azza wa jalla_, sehingga mereka tidak pernah merasa takut akan celaan orang-orang yang suka mencela. Semua itu mereka lakukan karena Allah. Tidak ada pula yang mengatakan, "Demi Allah, Ahmad telah memberi rekomendasi kepadanya lalu mengapa aku mengkritiknya?!"*

⚠📛 *Demi Allah ini merupakan kekeliruan! Para 'Ulama itu tidak pernah mengucapkan ucapan seperti ini, bahkan mereka menerangkan (kondisi seseorang) dengan benar. Lalu para ulama sunnah (yang datang setelahnya) pun menyambutnya dengan dada yang lapang, tidak terlihat sedikitpun keberatan pada diri-diri mereka untuk menerimanya selama-lamanya!*

⚫🗯 Akan tetapi, kita sekarang berada di sebuah masa yang penuh dengan kegelapan dan kebodohan yang merajalela. Sebuah masa dimana ahlul bid'ah dan ahlul hawa gencar menyerang ahlus sunnah wal jama'ah.

🌸 Al-Imam Ahmad adalah seorang imam ahlus sunnah. Sehingga tidak ada seorangpun yang mengatakan: "Sesungguhnya (pendapat beliau) menyelisihi (pendapat) Ibnu Warah dan Ibnu Khuzaimah serta selain mereka yang mengkritik Muhammad bin Humaid!" Para Ulama itu juga tidak mengatakan, "Sesungguhnya mereka telah merendahkan al-Imam Ahmad dan menyelisihinya". TIDAK! Bahkan mereka semua menghormati al-Imam Ahmad.

✅ Anda akan dapati para pengikut Ahmad demikian pula para pengikut asy-Syafi'i; apabila ada seseorang yang dipuji oleh al-Imam Ahmad, namun ternyata para ulama selain beliau mengkritiknya, sedangkan hujjah bersama pihak yang mengkritik, niscaya para pengikut al-Imam Ahmad akan menerima kritikan pihak yang memiliki hujjah tersebut. Demikian pula para pengikut asy-Syafi'i, apabila al-Imam asy-Syafi'i memberi rekomendasi kepada seseorang, semisal Ibrahim bin Abi Yahya, padahal para 'ulama selain beliau mengkritiknya, maka para pengikut asy-Syafi'i akan menerima kritikan tersebut.

🌑🖐🏻 Mereka tidak mengatakan *"Demi Allah, dia adalah Imam kami. Demi Allah kami akan bersikap fanatik kepadanya karena beliau telah memberikan rekomendasi kepada si fulan dan dengan fanatik buta ini pula kami menaruh kepercayaan kepada orang yang telah dikritik ini. Kami akan menolak hujjah dan bukti-bukti tersebut dengan hujjah imam kami". Sungguh betapa jauhnya mereka dari perkataan semacam ini.*

🔆☀ Demikianlah, para ulama' itu mendidik ummat diatas manhaj yang benar lagi berkah ini. Dan wajib bagi siapapun untuk meninggalkan sikap ta'ashshub kepada orang tertentu, siapapun dia kecuali kepada Nabi _shallallahu 'alaihi wa sallam_. Beliaulah sosok yang tidak boleh dikritik dan tidak boleh pula untuk diterima pendapat orang yang menyelisihinya. Sesungguhnya Nabi _shallallahu 'alaihi wasallam_ senantiasa berpusat pada al-haq, dimanapun beliau berada. Demikian juga para sahabat beliau selalu berpusat pada al-haq.

❌ Adapun selain mereka, *"maka setiap orang bisa diterima pendapatnya dan bisa ditolak"*

📼 diambil dari : Kaset kedua dari penjelasan beliau terhadap kitab *"Haadil Arwah"*

====================

🔍--- من ﻋﻠﻢ ﺣﺠﺔ ﻋﻠﻰ ﻣَﻦْ ﻟﻢ ﻳﻌﻠﻢ ---🔎

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻟﺪﻛﺘﻮﺭ ﺭﺑﻴﻊ ﺑﻦ ﻫﺎﺩﻱ ﺍﻟﻤﺪﺧﻠﻲ ﺣﻔﻈﻪ ﺍﻟﻠﻪ :

(( ﻗﺎﻝ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺟﺮﻳﺮ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺍﺑﻦ ﺣﻤﻴﺪ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺑﻦ ﺍﻟﻤﺨﺘﺎﺭ ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﺟﺮﻳﺞ ﻋﻦ ﻋﻄﺎﺀ ﻋﻦ ﻛﻌﺐ ﺑﻦ ﻋﺠﺮﺓ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻲ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ :
{ ﻟِﻠَّﺬِﻳﻦَ ﺃَﺣْﺴَﻨُﻮﺍ ﺍﻟْﺤُﺴْﻨَﻰ ﻭَﺯِﻳَﺎﺩَﺓٌ } ،

🖌 ﻭﻫﺬﺍ ﺇﺳﻨﺎﺩ ﻓﻴﻪ ﺍﺑﻦ ﺣﻤﻴﺪ ﻓﻴﻪ ﻛﻼﻡ، " ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻤﻴﺪ ﺍﻟﺮﺍﺯﻱ " ، ﻭﻓﻴﻪ ﻛﻼﻡ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻤﺤﺪﺛﻴﻦ،

ﻳﺰﻛﻴﻪ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ،

ﻭﻳﻨﺘﻘﺪﻩ ﻏﻴﺮﻩ ﻭﺿﻌَّﻔﻪ ﻭﻳﺒﺎﻟﻎ ﻓﻲ ﺗﻀﻌﻴﻔﻪ،

ﻭﻣﻤﻦ ﻳﻀﻌﻔﻪ ﺍﺑﻦ ﺧﺰﻳﻤﺔ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ، ﻓﻘﻴﻞ ﻟﻪ : ﺇﻥَّ ﺃﺣﻤﺪ ﻳُﻌﺪِّﻟﻪ ﺃﻭ ﻳﺰﻛﻴﻪ، ﻓﻘﺎﻝ : ﻟﻮ ﻋﺮﻓﻪ ﺃﺣﻤﺪ ﻛﻤﺎ ﻋﺮﻓﻨﺎﻩ ﻣﺎ ﺯﻛﺎﻩ .!

💡ﻭﻫﺬﺍ ﻣﻨﻬﺞ ﻳﺴﻴﺮ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻭﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻭﺃﻫﻞ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ، ﻭﻫﻮ ﺃﻥَّ ﻣَﻦْ ﻋﻠﻢ ﺣﺠﺔ ﻋﻠﻰ ﻣَﻦْ ﻟﻢ ﻳﻌﻠﻢ، ﻭﺃﻥَّ ﺍﻟﺠﺮﺡ ﻣﻘﺪَّﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺘﻌﺪﻳﻞ،

ﻭﺃﻧﻪ ﻻ ﻏﻀﺎﺿﺔ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﻭﻻ ﻧﻘﺺ ﻣﻦ ﺃﻱ ﺇﻣﺎﻡ ﻳﺰﻛِّﻲ ﺭﺟﻼً ﺛﻢ ﻳﺄﺗﻲ ﻣﻦ ﻫﻮ ﻣﺜﻠﻪ ﺃﻭ ﺩﻭﻧﻪ ﻓﻴﺜﺒﺖ ﺑﺎﻟﺤﺠﺔ ﻭﺍﻟﺒﺮﻫﺎﻥ ﺍﻟﻄﻌﻦ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﺍﻟﺬﻱ ﺯﻛَّﺎﻩ ﺫﻟﻜﻢ ﺍﻹﻣﺎﻡ .

❗ﻻ ﺿﻴﺮ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ، ﻭﻻ ﺣﺮﺝ، ﻭﻻ ﻳﻘﺎﻝ ﺗﻨﻘﺺ، ﻭﻻ ﻳﻘﺎﻝ ﻣﺨﺎﻟﻒ، ﻭﻻ ﻳﻘﺎﻝ ﺷﻲﺀ، ﻟﻤﺎﺫﺍ؟ ﻷﻧﻬﻢ ﻳﺪﻭﺭﻭﻥ ﻣﻊ ﺍﻟﺤﺠﺞ ﻭﺍﻟﺒﺮﺍﻫﻴﻦ، ﻻ ﻳﺮﻳﺪﻭﻥ ﺇﻻ ﺍﻟﺤﻖ، ﻭﻻ ﻳﺮﻳﺪﻭﻥ ﺇﻻ ﻭﺟﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ، ﻓﻼ ﺗﺄﺧﺬﻫﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻮﻣﺔ ﻻﺋﻢ، ﻭﻻ ﻳﻘﻮﻝ : ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺯﻛَّﺎﻩ ﺃﺣﻤﺪ ﻓﻠﻤﺎﺫﺍ ﺃﻧﺎ ﺃﺟﺮﺣﻪ؟ !

❗ﻭﺍﻟﻠﻪ ﻫﺬﺍ ﻏﻠﻂ، ﻣﺎ ﻳﻘﻮﻟﻮﻥ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻜﻼﻡ، ﺑﻞ ﻳﺼﺪﻋﻮﻥ ﺑﺎﻟﺤﻖ، ﻭﻳﺘﻠﻘﺎﻩ ﺃﺋﻤﺔ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻛﻠﻬﻢ ﺑﺼﺪﻭﺭٍ ﺭﺣﺒﺔ، ﻻ ﻳﺮﻭﻥ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺣﺮﺟﺎً ﺃﺑﺪﺍً،

ﻟﻜﻦ ﺍﻵﻥ ﻧﺤﻦ ﻓﻲ ﻋﺼﺮ ﺍﻟﻈﻠﻤﺎﺕ، ﻭﺍﻟﺠﻬﻞ ﺍﻟﻜﺜﻴﻒ، ﺍﻟﺬﻱ ﺷﻨَّﻪ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻭﺍﻷﻫﻮﺍﺀ ﻋﻠﻰ ﻣﻨﻬﺞ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻭﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ .

☝🏻 ﻓﺎﻹﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ ﺇﻣﺎﻡ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺴﻨﺔ، ﻣﺎ ﻗﺎﻝ ﺃﺣﺪ : ﺃﻥَّ ﻣﺨﺎﻟﻔﺔ ﺍﺑﻦ ﻭﺍﺭﺓ ﻭﺍﺑﻦ ﺧﺰﻳﻤﺔ ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ ﻣﻤﻦ ﺟﺮَّﺣﻮﺍ " ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻤﻴﺪ " ؛ ﻣﺎ ﻗﺎﻟﻮﺍ ﺇﻧﻬﻢ ﻳﻨﺘﻘﺼﻮﻥ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ ﺃﻭ ﻳﺨﺎﻟﻔﻮﻩ ! ، ﻻ ﻛﻠﻬﻢ ﺳﻠَّﻤﻮﺍ .

ﻓﺘﺠﺪ ﺃﺻﺤﺎﺏ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﺃﺻﺤﺎﺏ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻣﺪﺣﻪ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﺟﺮَّﺣﻪ ﻏﻴﺮﻩ ﻭﺍﻟﺤﺠﺔ ﻣﻌﻬﻢ، ﻳﻘﺒﻠﻮﻥ ﺟﺮﺡ ﺻﺎﺣﺐ ﺍﻟﺤﺠﺔ، ﻭﻛﺬﻟﻚ ﺃﺗﺒﺎﻉ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ، ﺇﺫﺍ ﺯﻛﻰ ﻣﺜﻞ " ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻳﺤﻴﻰ " ، ﻭﺟﺮﺣﻪ ﻏﻴﺮﻩ، ﺗﻠﻘﻮﺍ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺠﺮﺡ ﺑﺎﻟﻘﺒﻮﻝ،

ﻭﻣﺎ ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺇﻣﺎﻣﻨﺎ، ﻭﺍﻟﻠﻪ ﻧﺘﻌﺼﺐ ﻟﻪ، ﻷﻧﻪ ﺯﻛَّﻰ ﻓﻼﻧﺎً، ﻭﻧﺤﻦ ﺑﻬﺬﻩ ﺍﻟﻌﺼﺒﻴﺔ ﺍﻟﻌﻤﻴﺎﺀ ﻧﺜﺒﺖ ﺃﺭﻛﺎﻥ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﺍﻟﻤﺠﺮﻭﺡ، ﻭﻧﺪﻓﻊ ﺑﺤﺠﺔ ﺇﻣﺎﻣﻨﺎ ﺍﻟﺤﺠﺔ ﻭﺍﻟﺒﺮﻫﺎﻥ؟ ! ﺣﺎﺷﺎﻫﻢ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻟﻮﺍ ﻫﺬﺍ .

🖌 ﻭﻫﻜﺬﺍ ﻳﻜﻮﻥ ﺗﺮﺑﻮﺍ ﻋﻠﻰ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻤﻨﻬﺞ ﺍﻟﻤﺒﺎﺭﻙ ﺍﻟﻄﻴﺐ، ﻭﻳﺠﺐ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﺘﻌﺼﺐ ﻷﻱ ﺷﺨﺺٍ ﻛﺎﺋﻦ ﻣﻦ ﻛﺎﻥ ! ؛ ﺇﻻ ﻣﺤﻤﺪﺍً ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻓﻬﻮ ﺍﻟﺬﻱ ﻻ ﻳﻨﺘﻘﺪ ﻭﻻ ﺗﻘﺒﻞ ﻣﺨﺎﻟﻔﺘﻪ ﻣﻦ ﺃﺣﺪ، ﻓﺈﻥَّ ﻣﺤﻤﺪﺍً ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺪﻭﺭ ﻣﻊ ﺍﻟﺤﻖ ﺃﻳﻦ ﻣﺎ ﺩﺍﺭ، ﻭﺃﺻﺤﺎﺏ ﻣﺤﻤﺪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻛﺬﻟﻚ ﻳﺪﻭﺭ ﻣﻌﻬﻢ ﺍﻟﺤﻖ ﺃﻳﻦ ﻣﺎ ﺩﺍﺭﻭﺍ،

ﻭﻣﻦ ﻋﺪﺍﻫﻢ " ﻓﻜﻞ ﻳﺆﺧﺬ ﻣﻦ ﻗﻮﻟﻪ ﻭﻳﺮﺩ ."

📼 ‏[ منقول من :  ﺍﻟﺸﺮﻳﻂ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻣﻦ ﺗﻌﻠﻴﻘﻪ ﻋﻠﻰ ﻛﺘﺎﺏ " ﺣﺎﺩﻱ ﺍﻷﺭﻭﺍﺡ " ]

------------------------
⭐🌈 Majmu'ah Riyadhul Jannah As-Salafy
------------------------
Dari https://telegram.me/goresanfawaid/318
[ 29/11/2016 ]


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi