Sangat Besarnya Keharaman Isbal pada Sarung, Sikap Mengungkit-ungkit Pemberian, dan Melariskan Dagangan dengan Sumpah

 KITAB KE-1: KITABUL IMAN (KEIMANAN).
 Bab ke-46: Sangat Besarnya Keharaman Isbaal (Menjulurkan Kain Hingga Mata Kaki) pada Sarung, Sikap Mengungkit-ungkit Pemberian, dan Melariskan Dagangan dengan Sumpah . Juga Penjelasan tentang Tiga Orang yang Allah Tidak Berbicara kepada Mereka, tidak Melihat kepada Mereka, tidak Mensucikan Mereka, dan Bagi Mereka Adzab yang Pedih.
✅ Hadits no 171.
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَابْنُ بَشَّارٍ قَالُوا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ عَلِىِّ بْنِ مُدْرِكٍ عَنْ أَبِى زُرْعَةَ عَنْ خَرَشَةَ بْنِ الْحُرِّ عَنْ أَبِى ذَرٍّ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « ثَلاَثَةٌ لاَ يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلاَ يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ وَلاَ يُزَكِّيهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ » قَالَ فَقَرَأَهَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- ثَلاَثَ مِرَارٍ. قَالَ أَبُو ذَرٍّ خَابُوا وَخَسِرُوا مَنْ هُمْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « الْمُسْبِلُ وَالْمَنَّانُ وَالْمُنَفِّقُ سِلْعَتَهُ بِالْحَلِفِ الْكَاذِبِ ».
 Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah dan Muhammad bin al-Mutsannaa dan Ibnu Basysyaar mereka berkata: telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far dari Syu’bah dari Ali bin Mudrik dari Abu Zur’ah dari Khorasyah bin al-Hurr dari Abu Dzar –semoga Allah meridhainya- dari Nabi shollallahu alaihi wasallam beliau bersabda: Ada 3 kelompok orang yang Allah tidak akan berbicara kepada mereka pada hari kiamat, Allah tidak melihat kepada mereka dan mensucikan mereka, dan bagi mereka adzab yang pedih. Rasulullah shollallahu alaihi wasallam mengucapkannya 3 kali. Abu Dzar berkata: Sungguh celaka dan merugi mereka. Siapakah mereka wahai Rasulullah? Rasul bersabda: orang yang musbil (menjulurkan kain pakaiannya dari atas hingga matakaki), orang yang mengungkit-ungkit pemberian, orang yang berusaha melariskan barang dagangannya dengan sumpah dusta.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
 Dikutip dari Buku "Terjemah Shahih MUSLIM (Abul-Husain Muslim bin al-Hajjaj an-Naisaburi Rahimahullah)". Jilid 1
☀️ Penerbit : Cahaya Sunnah- Bandung
▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah
=====================
✍ http://telegram.me/alistiqomah
[ 03/11/2016 ]
PERINGATAN! Berikut himbauan al Ustadz Abu Utsman Kharisman terkait Channel Telegram Al-Istiqomah silakan baca di link ini

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi