Shahih Muslim hadits nomor 1392 Uhud adalah sebuah gunung yang mencintai kami dan kami pun mencintainya

٩٣ - بَابٌ أُحُدٌ جَبَلٌ يُحِبُّنَا وَنُحِبُّهُ
93. Bab Uhud adalah sebuah gunung yang mencintai kami dan kami pun mencintainya

٥٠٣ - (١٣٩٢) - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ الۡقَعۡنَبِيُّ: حَدَّثَنَا سُلَيۡمَانُ بۡنُ بِلَالٍ، عَنۡ عَمۡرِو بۡنِ يَحۡيَىٰ، عَنۡ عَبَّاسِ بۡنِ سَهۡلٍ السَّاعِدِيِّ، عَنۡ أَبِي حُمَيۡدٍ قَالَ: خَرَجۡنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي غَزۡوَةِ تَبُوكَ. وَسَاقَ الۡحَدِيثَ. وَفِيهِ: ثُمَّ أَقۡبَلۡنَا حَتَّىٰ قَدِمۡنَا وَادِيَ الۡقُرَىٰ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِنِّي مُسۡرِعٌ، فَمَنۡ شَاءَ مِنۡكُمۡ فَلۡيُسۡرِعۡ مَعِي، وَمَنۡ شَاءَ فَلۡيَمۡكُثۡ). فَخَرَجۡنَا حَتَّىٰ أَشۡرَفۡنَا عَلَى الۡمَدِينَةِ، فَقَالَ: (هٰذِهِ طَابَةُ، وَهٰذَا أُحُدٌ، وَهُوَ جَبَلٌ يُحِبُّنَا وَنُحِبُّهُ).
[البخاري: كتاب فضائل المدينة، باب المدينة طابة، رقم: ١٨٧٢].
503. (1392). ‘Abdullah bin Maslamah Al-Qa’nabi telah menceritakan kepada kami: Sulaiman bin Bilal menceritakan kepada kami, dari ‘Amr bin Yahya, dari ‘Abbas bin Sahl As-Sa’idi, dari Abu Humaid, beliau mengatakan: Kami pernah keluar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam perang Tabuk. Beliau membawakan sebuah hadis. Dalam hadis tersebut: Kemudian kami berangkat pulang hingga tiba di Wadi (lembah) Al-Qura, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya aku bergegas. Jadi siapa saja di antara kalian ingin, silakan bergegas bersamaku dan siapa saja yang ingin, silakan tinggal.” Lalu kami keluar lebih dahulu, hingga kami telah dapat melihat Madinah dari atas, beliau bersabda, “Ini (Madinah) adalah Thabah dan ini adalah Uhud. Uhud adalah gunung yang mencintai kami dan kami pun mencintainya.”


dari ismailibnuisa.blogspot.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi