Fawaaid Channel Telegram al-Ukhuwwah Bulan Desember 2016

AL-UKHUWWAH, [07.12.16 00:13]
PERBEDAAN ANTARA SYIRIK BESAR DAN SYIRIK KECIL

📀Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Alu asy Syaikh hafizhahullah

Pertanyaan:
Apa pendapat Anda Samahatukum tentang masalah perbedaan antara syirik kecil dan syirik besar dari sisi ampunan?

Jawaban:
Ulama memiliki dua pendapat:

➡️pendapat yang mengatakan:

Sesungguhnya Firman Allah Jalla wa 'Ala'

إِنَّ اللَّهَ لا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ

Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia. (An Nisa':116)

Adalah jenis kesyirikan yang tidak diampuni Allah. Akan tetapi syirik besar akan kekal pelakunya dalam neraka sedangkan syirik kecil akan disiksa pelakunya sesuai kadar kesyirikannya kemudian akan dikeluarkan dari neraka.

➡️Ulama lainnya menjadikan syirik kecil termasuk syirik besar.

Setidak-tidaknya syirik disifati dengan suatu yang jelek dan keji.

Kita memohon kepada Allah Ta'ala keselamatan.

🌏http://www.mufti.af.org.sa/node/2223


http://telegram.me/ukhwh

الفرق بين الشرك الأكبر والشرك الأصغر

السؤال : ما هو رأي سماحتكم في مسألة الفرق بين الشرك الأصغر، والشرك الأكبر من حيث المغفرة؟

الجواب: العلماء لهم رأيان: قولٌ يقول: إن قول الله جل وعلا: ( إن الله لا يغفر أن يشرك به )، جنس الشرك لا يغفره الله، لكن الأكبر يخلد في النار، والأصغر يعذب صاحبه على قدره، ثم يخرج منها؛ ومنهم، من جعل الشرك الأصغر من جنس الكبائر، ; وعلى كل حال وصف الشرك قبيح، وشنيع، نسأل الله العافية.

AL-UKHUWWAH, [08.12.16 04:39]
BERDUSTA TANPA SENGAJA, HARAMKAH❓

🔉Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Alu asy Syaikh

Pertanyaan:
Ini seorang pendengar mengatakan, berdusta tanpa sengaja, haramkah?

Jawaban:
Asalnya diharamkan dusta dan dusta termasuk akhlak orang munafik. Hanyalah dusta diberi rukhshah (keringanan) pada hadits dalam tiga kondisi:

➡️seorang suami dengan istrinya,

➡️mendamaikan antara manusia,

➡️dalam perang dengan musuh

Sehingga bila tidak dalam kondisi ini, maka pada asalnya dusta itu haram.

🌏http://www.mufti.af.org.sa/node/2673

http://telegram.me/ukhwh

الكذب من غير قصد هل هو حرام؟

السؤال: هذا مستمع يقول الكذب من غير قصد هل هو حرام؟

الجواب: الأصل تحريم الكذب وأنه من أخلاق المنافقين إنما رخص في الكذب ثلاثة في الحديث الرجل لامرأته والمرأة زوجها، والإصلاح بين الناس، وفي الحرب مع الأعداء فقط وإلا في الأصل في الكذب أنه حرام.

AL-UKHUWWAH, [10.12.16 20:07]
MENGANGKAT JARI DALAM TASYAHHUD

🔉Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah

Pertanyaan:
Ketika mengucapkan dua kalimat syahadat dan ketika mengangkat jari , ketika kami mengucapkan: (Asyahadu allaa ilaaha illallaah wa asyhadu anna muhammadarrasulullah -shallallahu ''alaihi wa sallam-), maka setiap orang shalat mengangkat jarinya dengan cara tertentu. Ada yang mengangkatnya sekali dan ada yang mengangkatnya dua kali karena dia beralasan sesungguhnya keduanya kalimat syahadat. Ada pula yang menggerakkan jarinya hingga akhir shalawat Ibrahim. Mohon Anda berkenan menjawab yang benar ataukah seluruhnya benar?

Jawaban:
Yang sunnah adalah mengangkat jari dalam tasyahhud, dalam tasyahhud awal dan tasyahhud akhir dari awal tahiyyat hingga akhirnya dan jari terangkat maksudnya jari telunjuk yang ada setelah ibu jari tidak terangkat penuh sebagai isyarat kepada tauhid (mengesakan Allah Ta'ala). Demikian yang shahih dari Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bahwasannya Beliau berisyarat dengan jari telunjuk dalam tasyahhud awal dan akhir dari awal hingga akhirnya.

Adapun menggerakkannya, maka yang utama adalah menggerakkannya ketika berdoa mengucapkan:

➡️Allahumma shalli 'ala Muhammad,

➡️A'udzu billahi min 'adzabi jahannam,

➡️Allahummaghfirlii,

➡️Allahumma aatinaa fiddunya hasanah,

➡️Allahumma a'inni 'alaa dzikrika

Digerakkan dengan gerakan yang sedikit ketika berdoa, inilah yang utama.

Adapun kondisi jari tegak yaitu tegak dari awal tasyahhud hingga akhirnya sebagai isyarat kepada tauhid.


📝
Penulis Tuhfah al-Ahwadzi, al- Mubarakfuri, berkata, “Secara zahir, hadits-hadits isyarah semuanya menunjukkan bahwa isyarah dengan jari telunjuk dimulai dari awal duduk tasyahud. Saya tidak melihat satu pun dalil sahih yang menunjukkan seperti apa yang dikatakan oleh para ulama mazhab Syafi’i dan mazhab Hanafi.”

http://asysyariah.com/seputar-hukum-islam-isyarat-telunjuk-saat-tasyahud/

🌏http://www.binbaz.org.sa/noor/6100

📁http://telegram.me/ukhwh


رفع الإصبع في التشهد


السؤال:
عند الشهادتين وعند رفع الإصبع عندما نقول: (أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمداً رسول الله -صلى الله عليه وسلم-)، فكل شخص من المصلين يرفع إصبعه على طريقة معينة، فمن يرفعه مرةً واحدة، ومن يرفعها مرتين؛ لأنه يقول: إنهما شهادتان، ومن يبقى يحرك إصبعه إلى نهاية الصلاة الإبراهيمية، أرجو أن تتفضلوا بالإجابة على الصحيح، أم أن الجميع صحيح؟


الجواب:
السنة رفع الإصبع في التشهد، في التشهد الأول، والآخر من أول التحيات إلى النهاية، وإصبعه مرفوعة يعني السبابة التي تلي الإبهام مرفوعة رفعاً غير كامل إشارة إلى للتوحيد، هكذا ثبت عن النبي -صلى الله عليه وسلم- أنه كان يشير بالسبابة في تشهده الأول، والأخير -عليه الصلاة والسلام- من أوله إلى لنهاية، أما التحريك فالأفضل أن يحركها عند الدعاء، يقول اللهم صلي على محمد عند قوله أعوذ بالله من عذاب جهنم، وعند قول: اللهم اغفر لي، أو اللهم آتنا في الدنيا حسنة، اللهم أعني على ذكرك، يحرك عند الدعاء تحريكاً خفيفا، هذا هو الأفضل، وأما كون الإصبع قائمة فهي قائمة من أول التشهد إلى آخره إشارة إلى التوحيد.

AL-UKHUWWAH, [15.12.16 21:39]
APA PERBEDAAN ANTARA TAUBAT DAN INABAH

🔉Syaikh Muhammad bin Umar Bazmul hafizhahullahu Ta'ala

Pertanyaan:
Apa perbedaan antara taubat dan inabah?

Jawaban:
Inabah adalah kembali kepada Allah Ta'ala dan terus mengingatnya.

Sehingga setiap taubat itu adalah inabah, namun tidak setiap inabah itu adalah taubat.

🌏http://www.bazmool.net/index.php/%D8%A7%D9%84%D9%81%D8%AA%D8%A7%D9%88%D9%89/%D9%81%D8%AA%D8%A7%D9%88%D9%89-%D8%B9%D8%A7%D9%85%D8%A9/item/%D9%85%D8%A7-%D8%A7%D9%84%D9%81%D8%B1%D9%82-%D8%A8%D9%8A%D9%86-%D8%A7%D9%84%D8%AA%D9%88%D8%A8%D8%A9-%D9%88%D8%A7%D9%84%D8%A5%D9%86%D8%A7%D8%A8%D8%A9%D8%9F

http://telegram.me/ukhwh

ما الفرق بين التوبة والإنابة؟
السؤال

    ما الفرق بين التوبة والإنابة؟

الجواب

    الإنابة هي الرجوع إلى الله ولزوم ذكره فكل توبة إنابة وليست كل إنابة توبة

تاريخ الفتوى

    20 شعبان 1435


AL-UKHUWWAH, [20.12.16 23:41]
BARANGSIAPA KHAWATIR TERTINGGAL RUKUK MAKA TAKBIRATUL IHRAM MENCUKUPINYA DARI TAKBIR RUKUK

🔉Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah

Pertanyaan:
Apa hukum bergegas masuk bersama imam ketika rukuk dan cukupkah satu takbir dari takbiratul ihram dan takbir rukuk dalam kondisi tidak adanya waktu yang longgar?

Jawaban:
Yang disyariatkan bagi seorang mukmin adalah berjalan untuk shalat dalam kondisi tenang dan berwibawa sebagaimana perintah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dengan itu, meskipun imam sedang rukuk. Jika memungkinkan baginya rukuk--alhamdulillah, namun bila tidak, maka wajib baginya mengqadha rakaat yang tertinggal itu.

Dan yang benar adalah pendapat mayoritas ulama. Bahwasannya kapan saja seseorang mendapatkan rukuk, maka sungguh dia mendapatkan satu rakaat dan gugur darinya bacaan al Fatihah menurut pendapat wajibnya al Fatihah atas makmum berdasarkan hadits Abu Bakrah ats Tsaqafi yang tsabit dalam Shahih al Bukhari, bahwasannya dia Radhiyallahu 'Anhu mendapati Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam sedang rukuk, maka dia pun rukuk di luar shaf (barisan shalat) kemudian masuk ke dalam shaf. Lalu Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda kepadanya: (Semoga Allah menambah semangat kepadamu dan jangan engkau ulangi).

Beliau Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tidak memerintahkannya untuk mengqadha rakaat ini akan tetapi melarangnya dari mengulangi rukuk di luar shaf.

Berdasarkan itu diketahui bahwa yang disyariatkan bagi seorang mukmin bila mendapati imam sedang rukuk, hendaknya tidak tergesa-gesa maupun rukuk di luar shaf, bahkan hendaknya dia bersabar hingga memasuki shaf meskipun tertinggal rukuk dan mencukupi baginya takbiratul ihram dari takbir rukuk ketika khawatir tertinggal rukuk. Namun bila terkumpul antara kedua takbir ini maka itu lebih hati-hati dan lebih utama dalam rangka keluar dari perbedaan sebagian ulama yang berpendapat wajibnya--maksud saya takbir rukuk-- dalam kondisi rukuk dan wajib pula baginya melakukan takbiratul ihram di saat berdiri sebelum rukuk karena takbiratul ihram wajib dia lakukan di saat berdirinya. Wallahu Waliyyut Taufiq.

🌏http://www.binbaz.org.sa/fatawa/966

http://telegram.me/ukhwh

 من خاف فوات الركوع أجزأته تكبيرة الإحرام عن تكبيرة الركوع

ما حكم الإسراع للدخول مع الإمام وهو راكع وهل تكفي تكبيرة واحدة عن تكبيرة الإحرام وتكبيرة الركوع في حالة عدم وجود متسع من الوقت؟

المشروع للمؤمن المشي للصلاة بالسكينة والوقار كما أمر النبي صلى الله عليه وسلم بذلك ولو كان الإمام راكعا فإن أمكنه الركوع فالحمد لله، وإلا لزمه قضاء الركعة، والصواب الذي عليه جمهور أهل العلم أنه متى أدرك الركوع فقد أدرك الركعة، وتسقط عنه قراءة الفاتحة على القول بوجوبها على المأموم لحديث أبي بكرة الثقفي الثابت في صحيح البخاري أنه رضي الله عنه أدرك النبي صلى الله عليه وسلم راكعا فركع دون الصف، ثم دخل في الصف، فقال له النبي صلى الله عليه وسلم: ((زادك الله حرصا ولا تعد)) ولم يأمره بقضاء الركعة وإنما نهاه عن العود إلى الركوع دون الصف. وبذلك يعلم أن المشروع للمؤمن إذا أدرك الإمام راكعا ألا يعجل وألا يركع دون الصف، بل يصبر حتى يدخل في الصف ولو فاته الركوع وتجزئه تكبيرة الإحرام إذا خاف فوت الركوع عن تكبيرة الركوع، وإن جمع بينهما فهو أحوط وأفضل خروجا من خلاف بعض أهل العلم القائلين بوجوبها- أعني تكبيرة الركوع- في هذه الحال، والواجب عليه أيضا أن يؤدي تكبيرة الإحرام في حال القيام قبل أن يركع لأن تكبيرة الإحرام يجب أن تؤدى حال قيامه، والله ولي التوفيق.


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi