Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7209 baiat orang Arab badui

٤٥ - بَابُ بَيۡعَةِ الۡأَعۡرَابِ
45. Bab baiat orang Arab badui

٧٢٠٩ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ الۡمُنۡكَدِرِ، عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: أَنَّ أَعۡرَابِيًّا بَايَعَ رَسُولَ اللهِ ﷺ عَلَى الۡإِسۡلَامِ، فَأَصَابَهُ وَعۡكٌ، فَقَالَ: أَقِلۡنِي بَيۡعَتِي، فَأَبَى، ثُمَّ جَاءَهُ فَقَالَ: أَقِلۡنِي بَيۡعَتِي، فَأَبَى، فَخَرَجَ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (الۡمَدِينَةُ كَالۡكِيرِ تَنۡفِى خَبَثَهَا وَيَنۡصَعُ طِيبُهَا). [طرفه في: ١٨٨٣].
7209. ‘Abdullah bin Maslamah telah menceritakan kepada kami, dari Malik, dari Muhammad Al-Munkadir, dari Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhuma: Bahwa seorang Arab badui membaiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam atas Islam, lalu dia menderita demam. Orang itu berkata: Batalkan baiatku. Namun Nabi tidak mau. Kemudian orang itu mendatangi beliau lagi dan berkata: Batalkan baiatku. Nabi tetap tidak mau. Lalu orang itu keluar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Madinah seperti ubub (alat peniup api) yang menghilangkan kotorannya dan memunculkan wanginya.”


dari ismailibnuisa.blogspot.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi