Mengucapkan Salam Ketika Akan Bertanya di Majelis Ilmu

Kajian Islam Madiun, [29.01.17 15:05]
🌷 Mengucapkan Salam ketika akan bertanya di majelis ilmu


Suatu ketika Syaikh Muhammad ibn Shalih al ‘Utsaimin ditanya oleh salah seorang hadirin di majelis beliau. Sebelum menyebutkan pertanyaannya, sang penanya memulai dengan mengucapkan salam.
Maka, Syaikh ketika akan menjawab pertanyaan yang diajukan, beliau menjawab salam sang penanya dan mengatakan :
: Saya katakan bahwa tidak disyariatkan seseorang mengucapkan salam ketika akan menyampaikan soal dalam keadaan dia sudah hadir di majelis tersebut. Ucapan salam tidak lain disampaikan oleh orang yang baru datang, semisal datang menjumpai orang atau bertemu dengan orang lain maka mengucapkan salam.
Adapun di dalam majelis ilmu, sungguh dahulu para shahabat radhiyallahu ‘anhum ada yang berdiri diantara mereka dan bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tanpa mengucapkan salam.
(kemudian beliau baru menjawab pertanyaan yang diajukan)
Liqa’ Babil Maftuh ( 14/73 )

أقول: ليس من المشروع أن يسلم الإنسان عند إلقاء السؤال وهو حاضر في المجلس إنما السلام من القادم، يقدم على أناس أو يلاقي أناساً يسلم عليهم، أما في المجلس فقد كان الصحابة يقوم الواحد منهم ويسأل الرسول صلى الله عليه وسلم بدون أن يسلم
( لقاء باب المفتوح 14\73 )

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi