Sunan at Tirmidzi Hadits Nomor 1101 - tidak ada pernikahan kecuali dengan wali

١٤ - بَابُ مَا جَاءَ لَا نِكَاحَ إِلَّا بِوَلِيٍّ
14. Bab tentang tidak ada pernikahan kecuali dengan wali

١١٠١ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ حُجۡرٍ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا شَرِيكُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ. (ح) وَحَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ. (ح) وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ مَهۡدِيٍّ، عَنۡ إِسۡرَائِيلَ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ. (ح) وَحَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ أَبِي زِيَادٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا زَيۡدُ بۡنُ حُبَابٍ، عَنۡ يُونُسَ بۡنِ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ أَبِي بُرۡدَةَ، عَنۡ أَبِي مُوسَى، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا نِكَاحَ إِلَّا بِوَلِيٍّ). وَفِي البَابِ عَنۡ عَائِشَةَ، وَابۡنِ عَبَّاسٍ، وَأَبِي هُرَيۡرَةَ، وَعِمۡرَانَ بۡنِ حُصَيۡنٍ، وَأَنَسٍ. [(ابن ماجه)(١٨٨١)].
1101. ‘Ali bin Hujr telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Syarik bin ‘Abdullah mengabarkan kepada kami, dari Abu Ishaq. (Dalam riwayat lain) Qutaibah telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Abu ‘Awanah menceritakan kepada kami, dari Abu Ishaq. (Dalam riwayat lain) Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: ‘Abdurrahman bin Mahdi menceritakan kepada kami, dari Isra`il, dari Abu Ishaq. (Dalam riwayat lain) ‘Abdullah bin Abu Ziyad telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Zaid bin Hubab menceritakan kepada kami, dari Yunus bin Abu Ishaq, dari Abu Ishaq, dari Abu Burdah, dari Abu Musa, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada nikah kecuali dengan wali.” Di dalam bab ini ada riwayat dari ‘Aisyah, Ibnu ‘Abbas, Abu Hurairah, ‘Imran bin Hushain, dan Anas.


dari ismailibnuisa.blogspot.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi