💐 *_ALHAMDULILLAH KABAR GEMBIRA_* 💐
Dengan pertolongan Alloh semata telah terbit buku:
*_AISAR Lish Shighor Li tilawatil Qur'an_*
📝 Penyusun: _Al Faqir ilalloh_ *Abu Humayd Fauzi Isnain* _Hafidzahulloh_
🏡 Penerbit: _Pustaka Ibnul Jazari_ jln. Angkatan 45, Wonosobo, Jawa Tengah.
Persediaan terbatas !!
Dapatkan segera *_Aisar lish shighor_*
Hubungi _Penerbit Ibnul
🌾🌿🌾🌿🌾🌿
*_TENTANG AISAR LISH SHIGOR..._*
==============
◾Aisar lish shighar disusun hanya dalam 5 jilid.
◾Ditulis dengan ukuran khoth lebih besar sehingga nyaman di mata.
◾Muatan tiap halaman tidak lebih dari 8 baris sehingga tidak menjemukan.
◾ Tiap akhir halaman dilengkapi kolom penilaian sehingga tidak perlu kartu prestasi lagi.
◾ Jika suatu halaman harus diulang, maka kolom penilaian bisa digunakan hingga 10 kali pengulangan.
◾ Hampir semua contoh adalah kalimat ‘arabiyyah bahkan quraniyyah.
◾ Contoh berupa penggalan ayat dipilihkan tarkibat (susunan) yang mengandung makna yang cukup sempurna.
◾ Panjang penggalan pun disesuaikan dengan jilid yang sedang dipelajari.
Jilid 2 lebih banyak menampilkan tarkib (susunan) yang terdiri dari 2 sampai 3 kata saja.
Sedangkan jilid 4 bisa sampai 5 kalimat atau lebih sedikit.
◾ Disusun dengan pola yang rapi nyaman di lisan. (halaman 48 jilid 4 ).
Dengan pendekatan pemahaman yang mudah dicerna dan dipraktekkan (halaman 5 jilid 5)
Juga dengan jumlah yang lebih banyak dan variatif
◾ Dan tentu ada perbedaab dari buku induknya (AISAR).
Sebagai gambaran (Perbedaan) :
- Pelajaraan tasydid dipaparkan dengan dalam 20 halaman lebih.
- Pembahasan tentang hukum al qomariyah dan syamsiyah dipaparkan dalam 15 halaman lebih.
- Hukum nun sukun dan mim sukun dipaparkan lebih dari 25 halaman.
◾ Cukup menyenangkan sekaligus menantang bagi siapapun yang belajar.
◾ Keterangan diberikan dengan bahasa sangat-sangat simpel.
◾ Sengaja menghindari bahasan yang rumit dan pelik yang sulit dicerna bahkan tidak dibutuhkan bagi para pemula terlebih anak-usia dini. Sebagai contoh, pembahasan tentang lafzhul jalalah diikutkan dalam pembahasan al syamsiyah (jilid 3 halaman 46-51).
◾ Bacaan idghom selain pada nun dan mim juga tidak dibahas secara pelik dan terpisah. Namun diikutkan setelah pembahasan hukum nun dan mimsukun. Tanpa dibebani untuk membedakan sebab-sebab idghom seperti *_tamatsul tajanus dan taqarub_*. Namun cukup diajak mengenal tanda izhar (yaitu sukun) serta tanda idghom(yaitu tasydid), sehingga terasa encer bagi otak para pemula dan lansia. Pembahasan hukum ro juga ditampilkan dengan sederhana di akhir juz 4.
*PENEKANAN MATERI TIAP JILIDNYA*
◾ Jilid satu : Mahir membaca huruf terpisah yang berharakat dengan acak. Mahir menyebut nama-nama huruf meski telah terangkai dalam kalimat.
◾ Jilid dua: Terampil membaca huruf berharakat dalam rangkaiannya. Mahir membedakan bacaan mad dan qashr. Fashih mengucapkan bacaan tanwin, bacaan lyn dan huruf-huruf lain yang disukun.
◾ Jilid tiga: Hafal dengan baik huruf-huruf qolqolah. Mahir membaca huruf-huruf bertasydid. Fashih dan cermat membedakan tasydid pada huruf-huruf ghunnah dan selainnya. Mengenal “al” qomariyah “al”syamsiyah dan bisa membaca dengan benar lafazhul jalalah
◾ Jilid empat: Terampil membaca hukum nun sukun mim sukun. Fashih membaca hukum idghom serta izhahar pada ayat-ayat Al Quran. Mengenali huruf ro yang tebal dan tipis.
◾ Jilid lima : Bisa membaca mad far’i dengan benar. Bisa mewaqofkan bacaan dengan baik sesuai keadaan huruf akhirnya. Mengenal tanda tandanya, hafal tempat-tempat saktah. Mengenal hamzah washal, iltiqo’ut tanwin bissakin, Mengenal tanda tanda khusus pada rosmul mushaf, Mengenal bacaan-bacaan khusus pada mushaf , terampil membaca beberapa surat dari juz amma dan juz 29 dilanjutkan dengan membaca mushaf hingga khatam dan sekaligus mulai menghafal dari juz 30 29 dan seterusnya sesuai dengan target tiap halaqah/madrasah/mahad.
Tidak ada tanggapan
Posting Komentar
Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi