Cara Mengqadha Shalat Yang Jahr Pada Waktu Siang Hari

CARA MENGQADHA SHALAT YANG JAHR PADA WAKTU SIANG HARI
Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah

Pertanyaan:
Jika saya terluput shalat yang jahr (yang bacaan suratnya keras), apakah saya mengqadhanya dengan bacaan sirr (pelan) atau keras seperti shalat Maghrib karena saya tidak mengingatnya kecuali pada hari yang kedua?
Jawaban:
Jika terluput shalat yang jahr, maka shalat ini diqadha dengan jahr meskipun pengqadhaannya di siang hari, karena hal itulah sunnah yang disebutkan dari Nabi صلى الله عليه وسلم.
Namun merupakan hal yang sudah diketahui bahwa jahr dalam shalat malam hanyalah disunnahkan bagi orang yang shalat berjamaah.
Adapun orang yang shalat sendirian, maka jahr bukan hal yang sunnah dan sirr bukan pula hal yang sunnah, dengan kata lain bila dia mau, maka dia jahrkan dan bila dia mau, maka dia sirrkan.
Jadi, kami kami tidak mengatakan kepada orang yang mengqadha shalat sendirian di siang hari sedangkan shalat ini shalat malam hari: Keraskanlah bacaan yang ada dalam shalat ini, akan tetapi kami katakan: Sesungguhnya dia boleh memilih antara jahr atau sirr sebagaimana dia boleh memilih sekiranya dia melakukan shalat ini di malam hari.
Nurun 'Ala ad-Darb 500
http://telegram.me/ukhwh
22/02/2017

كيفية قضاء الصلاة الجهرية بالنهار
السؤال: إذا فاتتني الصلاة الجهرية فهل أقضيها سرية أم جهرية مثل صلاة المغرب ولم أذكر ذلك إلا في اليوم الثاني؟الجواب: إذا فاتت الصلاة الجهرية فإنها تقضى جهراً ولو كان قضاؤها في النهار؛ لأن ذلك هو الذي جاءت به السنة عن النبي صلى الله عليه وآله وسلم، ولكن من المعلوم أن الجهر في صلاة الليل إنما يسن لمن يصلون جماعة، أما المنفرد فإن جهره ليس بسنة وإسراره ليس بسنة، بمعنى أنه إن شاء جهر وإن شاء أسر، فلا نقول لمن قضى الصلاة وحده في النهار وهي صلاة ليلية: اجهر فيها، بل نقول: إنه مخير كما أنه مخير فيما لو صلاها ليلاً.

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi