Bantahan Atas Kelompok Jabariyah Yang Berdalil Dengan Hadits: Sesungguhnya Allah Ketika Menciptakan Adam, Dia Mengusap Punggungnya

BANTAHAN ATAS KELOMPOK JABARIYAH YANG BERDALIL DENGAN HADITS: SESUNGGUHNYA ALLAH KETIKA MENCIPTAKAN ADAM, DIA MENGUSAP PUNGGUNGNYA
Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah
Pertanyaan:
Disebutkan dalam hadits yang maksudnya: ..(Sesungguhnya Allah tatkala menciptakan Adam, Dia mengusap sekali usapan lalu berfirman: Mereka ini untuk neraka, kemudian mengusap sekali lagi lalu berfirman: Mereka ini untuk surga). Bagaimana cara membantah kelompok Jabariyah, jika berdalil dengan hadits ini?
Jawaban:
Terkait hadits ini, para ulama berselisih tentang keshahihannya. Apakah hadits ini shahih: (Sesungguhnya Allah Ta'ala tatkala menciptakan Adam, Dia mengusap punggungnya, lalu keluar darinya keturunannya lantas berfirman: Mereka ini penghuni neraka dan aku tidak peduli. Mereka ini penghuni surga dan aku tidak peduli).
Para ulama memiliki pembicaraan panjang lebar tentang hadits ini namun hadits ini bukanlah argumen bagi kelompok Jabariyah dikarenakan manusia itu melakukan apa yang diingini tanpa paksan. Apakah salah salah seorang dari kita mengetahui menjadi penghuni neraka atau surga? Tidak ada seorangpun tahu, lalu jika tidak ada yang tahu, lantas mengapa dia mengambil resiko melakukan amalan penghuni neraka, mengapa dia tidak menyiapkan dirinya sebagai penghuni surga dan melakukan amalan penghuni surga?
Jadi, tidak ada hujjah bagi jabariyah pada semua dalil yang menunjukkan bahwasannya Allah Ta'ala menetapkan takdir segala sesuatu lima puluh ribu tahun sebelum diciptakan langit dan bumi. Karenanya kami mengatakan kepada kepada pelaku maksiat atau yang beralasan: dia dipaksa; apa dalilmu bahwa Allah Ta'ala menciptakanmu sebagai penghuni neraka? Tidak ada seorangpun yang bisa mengetahuinya, karena takdir itu rahasia lagi tersembunyi, tidak ada yang mengetahui kecuali jika telah terjadi.
وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَداً [لقمان:34]
"Dan tidaklah suatu jiwa mengetahui apa yang diperbuatnya esok hari."
Sehingga tidak ada argumen bagi kelompok Jabariyah pada dalil-dalil yang menunjukkan bahwa segala sesuatu telah tertulis dan ditakdirkan.
Liqa' al-Bab al-Maftuh 130
http://telegram.me/ukhwh
26/03/2017
الرد على الجبرية المستدلين بحديث: (أن الله تعالى لما خلق آدم مسح ظهره، ...)
السؤال: ورد في الحديث الذي معناه: (إن الله لما خلق آدم مسح مسحة فقال: هؤلاء للنار، ثم مسح مسحة أخرى فقال: هؤلاء للجنة) كيف يكون الرد على الجبرية إذا استدلوا بهذا الحديث؟الجواب: بالنسبة لهذا الحديث اختلف العلماء في صحته هل هو صحيح: (إن الله تعالى لما خلق آدم مسح ظهره، وأخرج منه ذريته وقال: هؤلاء إلى النار ولا أبالي، وهؤلاء إلى الجنة ولا أبالي) فيه كلام طويل عريض للعلماء، وليس فيه حجة للجبرية؛ وذلك لأن الإنسان يفعل ما يريد باختياره، وهل أحد منا يعلم أنه من أهل النار أو من أهل الجنة؟لا أحد يعلم، فإذا كان لا يعلم؛ فلماذا أقدم على فعل أهل النار، لماذا لم يقدر نفسه أنه من أهل الجنة ويعمل بعمل أهل الجنة؟! فلا حجة للجبرية في كل النصوص التي تدل على أن الله تعالى كتب مقادير كل شيء قبل أن يخلق السماوات والأرض بخمسين ألف سنة؛ لأننا نقول للإنسان العاصي، أو الذي يقول: إنه مجبر: ما دليلك على أن الله تعالى خلقك من أهل النار؟! لا أحد يستطيع أن يعرف؛ لأن القدر سر مكتوم لا يُعْلَم إلا إذا وَقَع: وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَداً [لقمان:34] فلا حجة للجبرية في النصوص الدالة على أن كل شيء مكتوب ومقدر.

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi