Hakekat Dajjal

HAKEKAT  DAJJAL
Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah
Pertanyaan:
Al-Masihud Dajjal apakah dia termasuk anak keturunan Adam عليه السلام?
Jawaban:
Ya, Dajjal termasuk anak keturunan Adam tidak diragukan lagi.
Penanya: Dia ada sekarang?
Syaikh: Namun dia seseorang yang  menjijikkan dan yang nampak bahwasannya dia tidak ada sekarang. Adapun hadits al-Jassasah pada hadits ini sendiri ada darinya sesuatu yang tidak nampak bagiku merupakan hadits yang shahih dikarenakan ada idhthirob (goncang riwayatnya) dan sebagian sebagian lafadhnya nakarah (bertentangan dengan riwayat yang shahih).
Penanya: Namun pada hari kiamat disebutkan hal tempat kembalinya pada hari kiamat?
Syaikh: Setiap orang kafir itu berada di neraka dan dia termasuk orang kafir. Jadi pada asalnya dia termasuk penduduk neraka karena Nabi Isa عليه الصلاة والسلام, Beliaulah yang membunuhnya di atas kondisi kekafirannya.
Penanya: Kami mendengar Syaikh adanya orang yang menyandarkan kepada Anda pendapat tentang adanya Dajjal di masa Nabi صلى الله عليه وسلم kemudian Anda tiadakan keberadaannya dengan hadits: "Bagaimana keadaan malam kalian"?
Syaikh: Tidak, tidak, kami selamanya tidak pernah mengatakan hal ini.
Penanya sendiri: Berarti tidak benar?
Syaikh: Ya. Pada dasarnya kami ragu tentang keshahihan hadits Tamim ad-Dari pada kisah al-Jassasah.
Liqa' al-Bab al-Maftuh 168
http://telegram.me/ukhwh
07/03/2017
حقيقة المسيح الدجال
السؤال:
المسيح الدجال أهو من ولد آدم؟الجواب: إي نعم، المسيح الدجال من ولد آدم لا شك فيه.السائل: وهو موجود الآن؟الشيخ: لكنه رجل خبيث والظاهر أنه غير موجود، وأما حديث الجساسة ففي النفس منه شيء لا يظهر لي بأنه حديث صحيح لما فيه من الاضطراب وفي بعض ألفاظه نكارة.السائل: لكن يوم القيامة ورد شيء من مصيره يوم القيامة؟الشيخ: كل كافر فهو في النار وهو من الكفار، فالأصل أنه من أهل النار، لأن عيسى عليه الصلاة والسلام هو الذي يقتله على أنه كافر.السائل: سمعنا -يا شيخ- من ينسب إليكم القول بأنه كان موجوداً على عهد النبي صلى الله عليه وسلم في قصة تميم الداري ثم نفيتم وجوده بحديث: (أرأيتكم ليلتكم) .. ؟الشيخ: لا، لا، أبداً ما قلنا هذا.السائل نفسه: غير صحيح؟الشيخ: إي نعم، من أصله، نحن نشك في صحة حديث تميم الداري في قصة الجساسة.

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi