Hukum Menjadikan Mandi Junub Sekaligus Mandi Jumat Yang Dilakukan Sebelum Shubuh

HUKUM MENJADIKAN MANDI JUNUB SEKALIGUS MANDI JUMAT YANG DILAKUKAN SEBELUM SHUBUH
Fatwa nomor 15836
Pertanyaan:
Seorang pria bersetubuh dengan istrinya pada malam Jumat, yakni hari Kamis malam, Jumat dini hari. Persetubuhan itu terjadi setelah shalat Magrib atau Isya, yakni di pertengahan malam yang awal. Kemudian dia mandi dengan niat bersuci dari junub dan sekaligus mandi Jumat. Apakah itu dihitung mandi Jumat? Perlu diketahui bahwa saya berniat mandi Jumat dan bersuci dari junub. Itu saya lakukan sebelum tengah malam. Apakah mandi itu berlaku untuk dua niat tersebut sekaligus dan apakah dihitung juga sebagai mandi Jumat?
Jawaban:
Mandi yang Anda lakukan sebelum fajar untuk bersuci dari junub tidak terhitung sebagai mandi Jumat karena waktu mandi Jumat setelah fajar terbit. Mandi Jumat itu terkait dengan hari sedangkan hari dimulai dari fajar terbit. Perlu diketahui bahwa mandi hari Jumat adalah sunah muakkadah.
Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam
Al-Lajnah Daimah Li al-Buhuts al-Ilmiyyah wa al-Ifta'
Ketua:  Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
Anggota: Abdul Aziz Alu asy-Syaikh
Abdullah bin Ghudayyan
Shalih al-Fawzan
Bakr Abu Zaid
http://t.me/ukhwh
05/05/2017
الفتوى رقم (15836)
س: رجل جامع امرأته ليلة الجمعة، أي: مساء يوم الخميس صبح يوم الجمعة، وذلك الجماع بعد صلاة المغرب أو العشاء أي: في النصف الأول من الليل، ثم اغتسل ونوى بها الطهر من الجنابة وغسل الجمعة معا، فهل يعتبر هذا الغسل للجمعة؟ علما بأنني قد نويت بها الجمعة والطهر من الجنابة والغسل قبل منتصف الليل، وهل يصبح لهما معا، وهل يكون غسلا للجمعة؟
ج: غسلك للجنابة قبل طلوع الفجر لا يكفي عن غسل الجمعة؛ لأن غسلها بعد طلوع الفجر، ولأن الغسل متعلق باليوم، واليوم لا يكون إلا بعد طلوع الفجر، مع العلم بأن غسل يوم الجمعة سنة مؤكدة.
وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو ... عضو ... عضو ... عضو ... الرئيس
بكر أبو زيد ... عبد العزيز آل الشيخ ... صالح الفوزان ... عبد الله بن غديان ... عبد العزيز بن عبد الله بن باز

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi