Sunan An-Nasa`i Hadits Nomor 2314 (Rukhsah Membatalkan Puasa Bagi Siapa Saja yang Memasuki Bulan Ramadan Kemudian Berpuasa Lalu Melakukan Safar)

٦١ - الرُّخۡصَةُ فِي الۡإِفۡطَارِ لِمَنۡ حَضَرَ شَهۡرَ رَمَضَانَ، فَصَامَ، ثُمَّ سَافَرَ
61. Rukhsah membatalkan puasa bagi siapa saja yang memasuki bulan Ramadan kemudian berpuasa lalu melakukan safar

٢٣١٤ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ رَافِعٍ قَالَ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ آدَمَ قَالَ: حَدَّثَنَا مُفَضَّلٌ عَنۡ مَنۡصُورٍ عَنۡ مُجَاهِدٍ عَنۡ طَاوُسٍ عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: سَافَرَ رَسُولُ اللهِ ﷺ، فَصَامَ حَتَّى بَلَغَ عُسۡفَانَ، ثُمَّ دَعَا بِإِنَاءٍ، فَشَرِبَ نَهَارًا؛ لِيَرَاهُ النَّاسُ، ثُمَّ أَفۡطَرَ حَتَّى دَخَلَ مَكَّةَ، فَافۡتَتَحَ مَكَّةَ فِي رَمَضَانَ. قَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ: فَصَامَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فِي السَّفَرِ وَأَفۡطَرَ؛ فَمَنۡ شَاءَ صَامَ، وَمَنۡ شَاءَ أَفۡطَرَ. [ق، مضى (٢٢٩٠)].
2314. Muhammad bin Rafi’ telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Yahya bin Adam menceritakan kepada kami, beliau berkata: Mufadhdhal menceritakan kepada kami dari Manshur, dari Mujahid, dari Thawus, dari Ibnu ‘Abbas, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan safar. Beliau tetap berpuasa sampai tiba di ‘Usfan. Kemudian beliau meminta sebuah bejana dan beliau minum di waktu siang hari supaya dilihat oleh orang-orang. Kemudian beliau tidak berpuasa hingga masuk Makkah dan beliau menguasai Makkah di bulan Ramadan. Ibnu ‘Abbas mengatakan: Jadi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah puasa ketika safar dan pernah tidak berpuasa. Sehingga siapa saja yang mau, silakan berpuasa. dan siapa saja yang mau, silakan tidak berpuasa.


dari ismailibnuisa.blogspot.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi