Diantara Kiat - Kiat Dalam Menuntut Ilmu

Annashihah_Cepu, [20.05.17 14:02]
📝ᴅɪᴀɴᴛᴀʀᴀ ᴋɪᴀᴛ-ᴋɪᴀᴛ ᴅᴀʟᴀᴍ ᴍᴇɴᴜɴᴛᴜᴛ      ɪʟᴍᴜ
  1.  أوّلاً : [[الإستعانة باللّه عزّ وجلّ]].

✅فالمرء ضعيف لا حولا ولا قوّة إلاّ باللّه،وإذا وكل إلى نفسه هلك وضاع،وإذا وكل أمره إلى اللّه- تعالى- واستعان به على طلب العلم فإنّ اللّه تعالى يعينه،وقد حثّ اللّه -عزّوجلّ- على ذالك في كتابه الكريم،فقال تعالى:(إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ)
       :(وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ)
       :(وَعَلَى اللَّهِ فَتَوَكَّلُوا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ)
◀️☝️ويقول النبي -صلّى اللّه عليه وسلّم-:((لو أنّكم توكّلون على اللّه حقّ توكّله لرزقكم كما يرزق الطير تغدوا خماصاًوتروح بطاناً)).

1. ʏᴀɴɢ ᴘᴇʀᴛᴀᴍᴀ[[ᴍᴇᴍɪɴᴛᴀ ᴘᴇʀᴛᴏʟᴏɴɢᴀɴ ᴋᴇᴘᴀᴅᴀ ᴀʟʟᴏʜ 'αzzα wα jαllα]]

✅Seorang hamba itu sangatlah lemah tidak ada daya dan upaya melainkan hanya milik Alloh semata,dan apabila(hamba) menyerahkan urusan kepada dirinya niscaya akan binasa & sia-sia.namun apabila urusannya diserahan kepada Alloh ta'ala dan ia meminta pertolonganNya didalam menuntut ilmu maka sesungguhnya Alloh ta'ala akan membantunya,Alloh ta'ala memerintahkan hal itu didalam Al-Quran,Alloh berfirman:((Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan)).
((Dan barangsiapa bertawakkal kepada Alloh niscaya Alloh akan mencukupkan(keperluan)nya)).
((Dan bertawakkallah kamu hanya kepada Alloh,jika kamu termasuk orang-orang beriman)).
▶️☝️Dalam sebuah hadits Nabi -shollallohu 'alaihi wa sallam- bersabda:((Andaikata kalian bertawakkal kepada Alloh dengan sebenar-benarnya,niscaya Dia akan memberikan rezeki kepada kalian sebagaimana Dia memberikan rezeki kepada burung,Pada pagi hari burung itu kosong perutnya dan pada sore hari kembali dengan perut penuh berisi)).
✔️🌴وأعظم الرزق:العلم،ونبينا محمد-صلّى الله عليه وسلّم- كان دائماًمتوكلاًمستعيناًبربه في أموره كلّها،وفي دعاء الخروج الثابت عن النبيّ-صلّى الله عليه وسلّم-دلالة على ذالك،حيث كان يقول:((باسم اللّه توكّلت على اللّه ولا حولا ولا قوّة إلاّ باللّه)).
    📚الركائز العشر للتحصيل العلم للشيخ عبد اللّه بن صلفيق الظفيري.
✔️🌴Dan rezeki yang paling besar ialah :'Ilmu,Nabi kita Muhammad -shollallohu 'alaihi wa sallam- senantiasa bertawakkal dan meminta pertolongan kepada Alloh ta'ala dalam segala urusannya,dan do'a keluar dari rumah yang tetap dari Nabi -shollallohu 'alaihi wa sallam- menunjukan akan hal itu,bahwasannya beliau berucap:((Dengan menyebut nama Alloh aku bertawakkal kepada Alloh dan tidak ada daya dan upaya kecuali hanya milik Alloh ta'ala semata)).


                        2[[ثانياً:حسن النيّة]]
✅فالمرء يجعل نيّته للّه عزّ وجلّ في طلب العلم مخلصاًللّه في ذالك،لا يريد سمعة ولا شهرة،ولاعرضاًمن أعراض الدنيا.

2.ᴋᴇᴅᴜᴀ:ɴɪᴀᴛɴʏᴀ ʜᴀʀᴜs ʙᴀɪᴋ

✅Seseorang niatnya harus murni semata karena Allah 'Azza wa Jalla dalam menuntut ilmu.Bukan menginginkan didengar (orang lain) atau pun ingin terkenal, tidak pula karena kepentingan-kepentingan  duniawi.
☑️☝️ومن جعل نيّته للّه وفّقه اللّه تعالى وأثابه على ذالك،لأنّ العلم عبادة بل من أعظمها.
☑️☝️Barangsiapa yang menjadikan niatnya hanya karena Allah, maka Allah akan memberikan taufiq padanya serta 
memberikan pahala atas amalannya tersebut. karena  (menuntut) ilmu adalah ibadah, bahkan termasuk ibadah yang terbesar. 
✔️🌴والعمل لا يكون العبد مثاباً عليه إلاّ إذا كان خالصاً للّه تعالى متبعاً فيه للرسول-صلّى اللّه عليه وسلّم- واللّه عزّ وجلّ يقول[[إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ مُحْسِنُون]]
✔️🌴Suatu amalan, seorang hamba tidak akan diberi pahala atas amalan tersebut, kecuali apabila dia mengikhlashkan karena Allah, dan mengikuti Rasulullah Shallahu 'alaihi wa Sallam. 
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman : 
(إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ مُحْسِنُونَ)
"Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat ihsan." [An-Nahl: 128].
☑️وأعظم التقوى:إخلاص النيّة للّه،والمرائي في طلب العلم فضلاً عن خسارته في الدنيا فإنه معاقب في الأخرة،كما جاء في الثلاثة الّذين يسحبون على وجوههم في النار،ومنهم رجل طلب العلم ليقال:عالم،وقد قيل.
☑️Ketaqwaan yang terbesar adalah mengikhlashkan niat karena Allah. Adapun orang yang riya’ dalam menuntut ilmu,
disamping dia rugi di dunia, dia juga akan diadzab di Hari Akhir. Sebagaimana dalam hadits yang menjelaskan tentang 3 orang 
yang diseret di atas wajah-wajah mereka. Salah satu dari tiga  orang tersebut adalah seorang penuntut ilmu, yang mencari ilmu agar dirinya dikatakan sebagai orang ‘alim (berilmu), dan dia telah dikatakan demikian
         _🌹___________🌹____________🌹_
💐ʏᴀ ᴀʟʟᴏʜ...ᴊᴀᴅɪᴋᴀɴʟᴀʜ ᴅɪʀɪ-ᴅɪʀɪ ᴋᴀᴍɪ ᴛᴇʀᴍᴀsᴜᴋ ʜᴀᴍʙᴀᎷᴜ ʏᴀɴɢ ɪᴋʜʟᴀs ᴅᴀɴ ʙᴇʀɪʟᴀʜ ᴋᴀᴍɪ ᴛᴀᴜғɪǫ ᴜɴᴛᴜᴋ ᴍᴇɴɢɪᴋᴜᴛɪ sᴜɴɴᴀʜ ɴᴀʙɪᎷᴜ- -shollallohu 'alaihi wa sallam- . ᴀᴍɪɪɪɴ......


[[3.KETIGA:ᴍᴇʀᴇɴᴅᴀʜ ᴋᴇᴘᴀᴅᴀ ᴀʟʟᴀʜ ᴅᴀɴ ᴍᴇᴍɪɴᴛᴀ ᴋᴇᴘᴀᴅᴀNʏᴀ ᴛᴀᴜғɪǫ ᴅᴀɴ ᴋᴇᴛᴇᴘᴀᴛᴀɴ]]


✅Serta meminta kepada Rabbnya tambahan dalam menuntut ilmu. Seorang hamba itu faqir,sangat butuh kepada Allah. Dan Allah Ta’ala telah menghasung hamba-hamba-Nya untuk meminta dan merendah kepada-Nya. Allah berfirman : 
                      (ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ)
"Berdo'alah kalian kepada-Ku niscaya Aku kabulkan(permohonan) kalian." [Ghafir: 60] 
🅾Nabi Shallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda :  
يَنْزِلُ رَبُّنَا كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَىٰ سَمَاءِ الدُّنْيَا حِيْنَ يَبْقَى ثُلُثِ اللَّيْلِ الآخِرِ،فَيَقُوْلُ:مٓنْ يَدْعُوْنِي فَأَسْتَجِيْبُ لَهُ،مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ،مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَلَهُ...
“Rabb kita tiap malam turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir, seraya berkata: ‘Barangsiapa yang berdo’a kepada-Ku pasti akan Aku kabulkan, barangsiapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri dia, dan barangsiapa yang meminta ampun kepada-Ku niscaya Aku ampuni dia.”
✅Allah ‘Azza wa Jalla juga telah memerintahkan Nabi-Nya untuk memohon kepada-Nya tambahan ilmu. Allah berfirman ;
                     وقل ربّ زدني علماً
Dan katakanlah (dalam doamu) Wahai Rabbku, tambahkan untukku ilmu. [Thaha: 114] 
☑️Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman mengisahkan tentang Nabi Ibrahim ‘alahis salam
  ربّ هب لي حكماً وألحقني بالصالحين.        
(Ibrahim berdoa): “Ya Rabbi, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang shalihin.” [Asy-Syu'ara: 83] 
☝️Hikmah di sini yang dimaksud adalah ilmu. Sebagaimana sabda Nabi Shallahu ‘alaihi wa Sallam : 
إذا اجتهد الحاكم....
Apabila seorang hakim (berilmu) telah berijtihad …
☑️Nabi Shallahu ‘alaihi wa Sallam pernah mendo’kan shahabat Abu Hurairah Radhiyallah ‘anhu agar diberi kekuatan hafalan. 
                                    •••
☝️Nabi Shallahu ‘alaihi wa Sallam pernah mendo’kan shahabat Abu Hurairah Radhiyallah ‘anhu agar diberi kekuatan hafalan.
▶️Beliau Shallahu ‘alaihi wa Sallam juga mendo’akan shahabat Ibnu 'Abbas agar diberi karunia ilmu. Beliau berdo’a:
               اللَّهُمَّ فَقِّههُ فِي الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَأْوِيل
"Ya Allah,jadikan ia faqih (berilmu) tentang  agama,dan ajarkanlah padanya ilmu  tafsir.”
✅Allah pun mengabulkan doa beliau Shallahu 'alaihi wa Sallam. Maka shahabat  Abu Hurairah Radhiyallah ‘anhu tidaklah  beliau mendengar satu hadits/ilmu kecuali  beliau menghafalnya. Dan jadilah Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma sebagai  hibrul ummah dan turjumanul qur`an (gelar  bagi shahabat Ibnu ‘Abbas karena keilmuannya  yang  sangat  luas  dan  pemahamannya  yang sangat  mendalam  terhadap  tafsir  AlQur’an).
✊Para ‘ulama pun senantiasa berjalan di  atas prinsip  ini.  Inilah Syaikh Islam Ibnu  Taimiyyah rahimahullah, beliau menuju ke masjid, kemudian sujud kepada Allah dan  meminta kepadaNya dengan mengatakan:  “Wahai Dzat yang telah mengajari Nabi  Ibrahim,  ajarilah aku.  Wahai Dzat yang  telah memberikan pemahaman kepada Nabi Sulaiman pahamkanlah aku.”, Maka  Allah  pun  mengabulkan  doa  beliau. 
💡Sampai-sampai  Ibnu Daqiqil ‘Id rahimahullah mengatakan:“Sungguh Allah  telah mengumpulkan ilmu untuknya,  sampai seakan-akan ilmu tersebut berada  di antara kedua matanya, yang bisa beliau ambil sekehendak beliau.”
           ______________📖______________
✅ والنّبي -صلّى اللّه عليه وسلّم- دعا لأبي هريرة -رضي اللّه عنه- بالحفظ،ودعا لابن عبّاس -رضي اللّه عنهما- بالعلم. فقال ((اللَّهُمَّ فَقِّههُ فِي الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ)).فاستجاب اللّه دعا نبيّه. فكان أبو هريرة -رضي اللّه عنه- لا يسمع شيئاً إلاّ حفظه،وأصبح ابن عباس -رضي اللّه عنهما- حبر الأمّة وترجمان القرءان.
☑️ولا يزال العلماء على هذا يتضرعون إلى اللّه ويسألونه العلم،فهذا شيخ الإسلام ابن تيميّة -رحمه اللّه تعالى- يذهب إلى المساجد،ويسجد للّه ويسألونه، فيقول((يا معلّم إبراهيم علّمني،يا مفهم سليمان فهّمني".فاستجاب له دعاءه.
☑️حتى قال ابن دقيق العيد عنه:" قد جمعه اللّه له العلم كأنّه بين عينيه،يأخذ ما يشاء ويترك ما يشاء.

  📚الركائز العشر للتحصيل العلم للشيخ عبد اللّه بن                       صلفيق الظفيري.

4. BA͙I͙K͙N͙Y͙A͙ H͙A͙T͙I͙

Dan hati adalah wadah buat ilmu,jika wadah itu baik maka akan melindungi dan menjaga apa yang ada didalamnya. Namun apabila wadah itu rusak maka akan hilang apa yang ada didalamnya.
🔳Rasululloh -shollallohu 'alaihi wa sallam- menjadikan hati sebagai dasar untuk segalanya,Beliau bersabda :
 أَلَا وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً،إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ    كُلُّهُ،وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ،أَلَا وَهِيَ الْقَلْبُ.
"Ketahuilah,bahwa didalam jasad itu terdapat segumpal daging,apabila segumpal daging itu baik maka akan baik seluruh anggota badannya,namun apabila (segumpal daging) itu rusak maka akan rusak pula seluruh anggota badannya. Ketahuilah bahwa segumpal daging tersebut ialah hati".
💡Baiknya hati itu bisa terwujud dengan;
   ⚪️Ma'rifatulloh (mengenal nama-.        nama,sifat-sifat serta perbuatanNya).
   ⚪️Merenungi ciptaan serta ayat-ayatNya.
   ⚪️Menghayati Al-Quran Al-'Adhim.
   ⚪️Banyak sujud serta menegakkan    sholat malam.
⛔️Hendaknya menjauhi hal-hal yang bisa merusak jiwa dan penyakit-penyakitnya. Karena apabila ada di suatu hati,maka (hati)tersebut tidak sanggup untuk membawa 'ilmu. Kalaupun bisa, maka dia tidak bisa memahaminya. Sebagaimana firman Allah tentang kaum munafiq yang sakit hatinya
                       لَهُمْ قُلُوْبٌ لَّا يَفْقَهُوْنَ بِهَا
"Mereka memiliki hati namun tidak bisa memahaminya"(Al-A'rof 179)

           _____________🌸______________
                         4⃣رابعًا:صلاح القلب
🎦فالقلب وعاء العلم،فإن كان الوعاء صالحاً خزن ما فيه وحفظه،وإن كان الوعاء فاسداً ضيع ما فيه.
🔳والرّسول جعل القلب أساس كل شيء،فقال:(( أَلَا وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً،إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ    كُلُّهُ،وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ،أَلَا وَهِيَ الْقَلْبُ)).
💡وصلاح القلب يكون بمعرفة اللّه بأسمائه وصفاته وأفعاله،والتّفكر في مخلوقاته وآيآته،ويكون بتدبّر القرءان العظيم،ويكون بكثرة السجود وقيا م اللّيل.
⛔️ويتجنب مفسدات القلب وأمراضه،فإنها إن وجدت في القلبفإنه لا يستطيع  حمل العلم،وإن حمله لا يفقه. كما قال تعالى عن المنافقين مرضى القلب(( لَهُمْ قُلُوْبٌ لَّا يَفْقَهُوْنَ بِهَا)).

📚الركائز العشر للتحصيل العلم للشيخ عبد اللّه بن                       صلفيق الظفيري.


 Penyakit -penyakit hati itu terbagi menjadi dua:
⚪️Syahwat
⚪️Syubhat
☝️Syahwat itu seperti;cinta dunia dan berbagai kelezatan nya,serta sibuk dengannya. Senang kepada gambar-gambar yang haram, Suka mendengarkan hal-hal yang haram dari lagu atau nyanyian. Begitu juga senang memandang kepada perkara yang diharamkan.
☝️Syubhat,seperti ;keyakinan-keyakinan yang rusak,amalan-amalan bid'ah serta menyandarkan diri kepada berbagai macam pemikiran bid'ah yang menyelisihi jalannya para salaf as-sholeh.
✖️Termasuk penyakit -penyakit hati yang menjauhkan dari ilmu ialah:dengki,khianat dan sombong.
✖️Termasuk perusak-perusak hati juga adalah  kebanyakan tidur,banyak bicara dan banyak makan.
⛔️✊Maka hendaknya jauhkan penyakit-penyakit dan perusak-perusak kebaikan hati tersebut.
📚Ar-Roka'iz Al-'Asyru lit Tahshili Al 'Ilmi karya As-Syaikh Abdulloh bin Sholfiq Adz-Dzafiry - hafidhohulloh -.
                    ________📖_________
                         4⃣رابعاً: صلاح القلب
🌓وأمراض القلوب نوعان:شهوات وشبهات.
☝️فالشهوات :كحب الدنيا ولذّاتها،والإنشغال بها. وحب الصور المحرمة،وسماع المحرّمات من الأصوات و المزامير والغناء،وكذالك النظر المحرم.
☝️والشبهات :كالإعتقادات الفاسدة،والأعمال المبتدعة،والإنتماء للا تجاهات الفكرية البدعة المخالفة لمسلك السلف الصّالح.
✖️ومن أمراض القلوب الصادة عن العلم أيضاً:الحسد والغل والكبر.
✖️ومن مفسدات القلب أيضاً:فضول النوم ،وفضول الكلام وفضول  الطعام.
⛔️✊فتجنب هذه الأمراض و المفسدات صلاحٌ للقلب.

📚الركائز العشر للتحصيل العلم للشيخ عبد اللّه بن                       صلفيق الظفيري.

5.KECERDASAN

Kecerdasan itu ada yang alami dan juga ada yang muktasab(diusahakan). Jika seseorang sudah cerdas maka dia harus semakin menguatkannya. Kalau tidak, maka dia harus melatih diri agar bisa mendapatkan kecerdasan tersebut.
☝️Kecerdasan merupakan  salah satu sebab kuat yang bisa membantu untuk mendapatkan 'ilmu,memahami, dan menghafalnya serta membedakan antara berbagai masalah-masalah dan juga penggabungan dalil-dalil dan lain sebagainya.

📚Ar-Roka'iz Al-'Asyru lit Tahshili Al 'Ilmi karya As-Syaikh Abdulloh bin Sholfiq Adz-Dzafiry - hafidhohulloh -.
              ____________📖_____________
                            5⃣خمساً:الذكاء
💡والذكاء يكون جبلة،ويكون مكتسباً. فإن كان المرء ذكياً قواه،وإلاّ مرن نفسه حتى يكتسبه.
☝️والذكاء من الأسباب القوية المعينة  على تحصيل العلم، وفهمه وحفظه،والتفريق بين المسائل،والجمع بين الأدلّة وغير ذالك.

📚الركائز العشر للتحصيل العلم للشيخ عبد اللّه بن                       صلفيق الظفيري.


6.SEMANGAT MENGUMPULKAN ILMU MERUPAKAN SEBAB UNTUK MENDAPATKAN NYA DAN PERTOLONGAN ALLAH PADANYA.

Allah ta'ala berfirman :
(إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ مُحْسِنُونَ)
"Sesungguhnya Allah bersama orang orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat ihsan"
💡Seseorang apabila mengetahui penting nya sesuatu maka ia akan bersemangat untuk mendapatkan nya.
☝️📖Seyogia nya bagi penuntut ilmu: sangat bersemangat dalam menghafal ilmu dan memahami nya,bermajlis dengan 'ulama dan menimba ilmu langsung dari mereka. Semangat untuk memperbanyak membaca,dan memanfaatkan 'umur serta waktu-waktunya. Maka ia akan menjadi seorang yang sangat perhitungan dalam (menggunakan) waktunya.

📚Ar-Roka'iz Al-'Asyru lit Tahshili Al 'Ilmi karya As-Syaikh Abdulloh bin Sholfiq Adz-Dzafiry - hafidhohulloh -.
             ____________📖______________
6⃣سادساً:الحرص على تحصيل العلم سبب لتحصيله وإعانة اللّه تعالى له.
والله تعالى يقول:(((إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ مُحْسِنُونَون))
✊و الإنسان إذا عرف أهمية الشيء حرص على تحصيله،والعلم أعظم شيء يتحصله المرء.
☝️💡فعلى طالب العلم:الحرص الشديد على حفظ العلم وفهمه،ومجالسة العلماء والتلقّي عنهم،ويحرص على كثرة القراءة،واستغلال عمره وأوقاته،ويكون شحيحاً جدّاً على أوقاته.

📚الركائز العشر للتحصيل العلم للشيخ عبد اللّه بن                       صلفيق الظفيري.


7.BERSUNGGUH-SUNGGUH,SERIUS DAN TEKUN DALAM MENUNTUT 'ILMU.

☝️Menjauh dari sifat malas dan lemah,serta memerangi hawa nafsu (jiwa sendiri) dan syaithon,karena  keduanya menghalangi dari menuntut 'ilmu.
📖Di antara sebab yang bisa membantu untuk bersemangat dalam menuntut 'ilmu ialah membaca biografi para 'ulama,tentang kesabaran serta kekokohan mereka  dalam menanggung beban/gangguan,dan perjalanan mereka dalam menuntut ilmu dan hadits.

📚Ar-Roka'iz Al-'Asyru lit Tahshili Al 'Ilmi karya As-Syaikh Abdulloh bin Sholfiq Adz-Dzafiry - hafidhohulloh -.
           _____________📖_______________
7⃣سابعاً:الجد والإجتهاد والمثابرة على التحصيل العلمى.

☝️والإبتعاد عن الكسل والعجز،ومجاهدة النفس والشيطان، فا لنفس والشيطان مثبطان طلب العلم.
📖ومن الأسباب المعينة على الإجتهاد في الطلب :قراءة تراجم العلماء وصيرهم وتحملهم،ورحلاتهم في تحصيل العلم والأحاديث.

📚الركائز العشر للتحصيل العلم للشيخ عبد اللّه بن                       صلفيق الظفيري.

8.KONSENTRASI

🕛Yaitu seorang penuntut 'ilmu hendaknya mengerahkan seluruh kesungguhannya sampai ia mendapatkan tujuannya dari 'ilmu dan kokoh padanya,kokoh di dalam hafalan,pemahaman ataupun dasar-dasarnya.

📚Ar-Roka'iz Al-'Asyru lit Tahshili Al 'Ilmi karya As-Syaikh Abdulloh bin Sholfiq Adz-Dzafiry - hafidhohulloh -.
                 __________📖____________
                             8⃣ثامناً:البلغة
🕛وهي أن يفرغ الطالب غاية جهده حتى يبلغ مراده في العلم والقوّة فيه:حفظاً ،وفهما، ًوتقعيداً.

📚الركائز العشر للتحصيل العلم للشيخ عبد اللّه بن                       صلفيق الظفيري.


9.SENANTIASA BERGURU DENGAN PARA 'ULAMA/USTADZ....

Ilmu itu diambil dari para 'ulama,seorang penuntut ilmu agar kokoh ilmunya di atas pondasi yang benar,maka hendaknya ia bermulazamah kepada 'ulama,mengambil ilmu langsung dari mereka. Sehingga pencarian ilmunya tegak diatas kaedah-kaedah yang benar,mampu melafazkan nash-nash Quran & Hadits dengan pelafazan yang benar,tidak ada kesalahan maupun kekeliruan,Memahami 'ilmu dengan pemahaman yang tepat sesuai maksud nya.
🔆Dan lebih dari itu,dia bisa mengambil faedah dari ulama ; Adab
                                   Akhlaq dan
                                   sifat wara'nya.
⛔️Hendaknya seorang penuntut ilmu menghindar agar jangan sampai yang menjadi gurunya adalah kitabnya,karena sesungguhnya siapa saja yang gurunya adalah kitabnya maka dia akan banyak salahnya sedikit benarnya.
☝️Demikianlah... Inilah yang terjadi pada umat ini. Tidak seorang pun yang tampil menonjol dalam ilmunya kecuali sebelumnya dia telah tertarbiyyah dan terdidik di hadapan 'ulama.

📚Ar-Roka'iz Al-'Asyru lit Tahshili Al 'Ilmi karya As-Syaikh Abdulloh bin Sholfiq Adz-Dzafiry - hafidhohulloh -.
                    _________📖__________
9⃣تاسعاً:صحبة الشيخ المعلّم.

💺📝فالعلم يؤخذ من أفواه العلماء ،فالطالب لكي يرتكز في طلبه للعلم على ركيزة صحيحة،:عليه أن يجالس العلماء ،ويتلقى منه الهلم،فيكون طلبه على قواعد صحيحة،ويتلفظ بالنص القرآني والحديث تلفظاً صحيحاً لا لحن فيه ولا تصحيف ،و يفهمه الفهم الصحيح المراد.
🔆وفضلاً عن ذالك فإنه يستفيد من العالم:الأداب،الأخلاق والورع.
⛔️و عليه أن يتجنب أن يكون شيخه كتابه،غإن من كان شيخه كتابه ،كثر خطاؤه وقلّ صوابه.
☝️ولا زال هذا الأمر في الأمة إلى وقتنا هذا،وما برز رجل بالعلم إلا كان متربياً متعلّماً على يد عالمٍ.

📚الركائز العشر للتحصيل العلم للشيخ عبد اللّه بن                       صلفيق الظفيري.

Ralat☝️:
1. 💺📝 :.....ويتلقى منه الهلم،......
seharusnya ;
 :.....ويتلقى منه العلم،.....
2. ⛔️ .......،غإن من كان شيخه كتابه،
seharusnya ;
⛔️;.....فإن من كان شيخه كتابه،.......

10.LAMANYA WAKTU BELAJAR

Jangan sekali-kali seorang penuntut 'ilmu mengira bahwa waktu belajar hanya selesai dalam sehari atau dua hari,setahun atau dua tahun. Bahkan menuntut ilmu itu butuh dengan kesabaran yang sangat lama.
👌Al-Imam Al-Qodhi bin 'Iyyadh -semoga Allah merahmatinya- ditanya;Sampai kapan seseorang itu menuntut ilmu?
Beliau menjawab;sampai ia meninggal,sehingga tintanya menimaninya sampai dalam kuburnya.
☝️Al-Imam Ahmad berkata;"Aku belajar kitab al-haidh selama sembilan tahun sampai Aku betul-betul memahaminya".
✍Maka seorang penuntut ilmu yang cerdas senantiasa belajar di hadapan para 'ulama sepuluh tahun atau dua puluh tahun,bahkan sebagian mereka selalu di majlis 'ilmu sampai Alloh mewafatkannya.
👍Inilah sebagian kiat-kiat yang sepantasnya diperhatikan oleh penuntut ilmu untuk menggapai ilmu.
🌴Aku meminta kepada Allah ta'ala agar memberikan kepada kita dan antum ilmu yang bermanfaat dan amal yang sholeh.

📚Ar-Roka'iz Al-'Asyru lit Tahshili Al 'Ilmi karya As-Syaikh Abdulloh bin Sholfiq Adz-Dzafiry - hafidhohulloh -.
            ___________📖____________
عاشراً:طول الزمان
👋فلا يحسب طالب العلم أن طلبه يتم بيوم أو يومين أو سنة أو سنتين،بل إن طالب العلم يحتاج صبر سنين.
👌سئل القاضي عياض -رحمه اللَه تعالى-;إلى متى يطلب المرء العلم.
فقال;"حتى يموت فتصب محبرته على قبره".
☝️وقال الإمام أحمد -رحمه اللّه- :"جلست في كتاب الحيض تسع سنين حتى فهمته".
✍ولا زال طلّاب العلم الأذكياء يجالسون العلماء العشر السنين والعشرين سنة،بل إن بعضهم يظل يجالسه حتى يتوفاه اللّه.
👍فهذه بعض الركائز التي ينبغي أنيتنبه لها الطالب لتحصيله العلمي
🌴أسأل اللّه تعالى أن يوفقني وإياكم إلى العلم النافع،والعمل الصالح.
وصلى اللّه وسلّم على نبينا محمد،وعلى آله وصحبه ومن تبعهم واقتفى أثرهم بإحسان إلى يوم الدين.

📚الركائز العشر للتحصيل العلم للشيخ عبد اللّه بن                       صلفيق الظفيري.
🔎Bismilllah

📝 Dapatkan faidah Ringkas

- telegram.me/Annashihah_cepu

20/05/2017 sd 06/06/2017

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi