Untukmu yang Masih Bingung dengan Fenomena yang Terjadi pada Dakwah Salafiyah

Annashihah_Cepu, [26.07.17 15:16]
๐ŸŒทFatwa Ulama Ringkas

๐ŸƒUntukmu yg masih bingung dengan fenomena yg terjadi pada dakwah salafiyah.Dan jujurlah dalam menilai dakwah mereka. Serta bedakan mana yg jujur dan mana yg dusta.

✅Pertanyaan :

 “ Telah muncul suatu kaedah baru yang bertujuan menjauhkan kaum muslimin dari Ahlul Ilmi , yaitu metode yang mengklasifikasikan Ulama menjadi dua jenis. Ada Ulama yang  bermudah-mudahan dan ada juga Ulama yang keras,  Terkadang mereka katakan bahwa Ulama di daerah ‘ini’ keras dan Ulama di daerah ‘itu’ bermudah-mudahan Bagaimanakah Arahan Anda tentang hal ini ?


✅Asy Syaikh Rabi’ Hafidzahullahu Ta’ala  Menjawab :

ู‡ุฐู‡ ู…ู† ุฃุณุงู„ูŠุจ ุฃุนุฏุงุก ุงู„ู…ู†ู‡ุฌ ุงู„ุณู„ููŠ ، ุงู„ุณู„ู ูƒุงู† ูŠูˆุฌุฏ ููŠู‡ู… ุงู„ู…ุชุดุฏุฏ ูˆูŠูˆุฌุฏ ููŠู‡ู… ุงู„ู…ุชุณุงู…ุญ ูˆู…ุง ูƒุงู† ูŠุญู…ู„ ุจุนุถู‡ู… ุนู„ู‰ ุจุนุถ ุจู„ ูƒุงู†ูˆุง ูŠู‚ุฏุฑูˆู† ูˆูŠุญุชุฑู…ูˆู† ู…ู† ูŠุชุดุฏุฏ ุนู„ู‰ ุฃู‡ู„ ุงู„ุจุงุทู„ ، ุนู†ุฏูƒ ุญู…ุงุฏ ุจู† ุณู„ู…ุฉ ูŠุซู†ูŠ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุฅู…ุงู… ุฃุญู…ุฏ ุซู†ุงุก ุนุงุทุฑุง ูˆูŠุชู‡ู… ู…ู† ูŠุชูƒู„ู… ููŠู‡ ููŠ ุฏูŠู†ู‡ ุฅุฐุง ุชูƒู„ู… ุฃุญุฏ ููŠ ุญู…ุงุฏ ุจู† ุณู„ู…ุฉ ูุงุชู‡ู…ู‡ ููŠ ุงู„ุฏูŠู† ؛ ู„ุฃู†ู‡ ูƒุงู† ุดุฏูŠุฏุง ุนู„ู‰ ุฃู‡ู„ ุงู„ุจุฏุน ุงู„ุดุฏุฉ ุนู„ู‰ ุฃู‡ู„ ุงู„ุจุงุทู„ ู…ู†ู‚ุจุฉ ูƒุงู†ุช ุนู†ุฏ ุงู„ุณู„ู ، ู„ูƒู† ุงู„ุขู† ู„ู…ุง ุฌุงุกู†ุง ุฃู‡ู„ ุงู„ุจุฏุน ูˆุงู„ุถู„ุงู„ ูˆุณูŠุทุฑูˆุง ุนู„ู‰ ุนู‚ูˆู„ ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุดุจุงุจ ุฃุตุจุญุช ุงู„ุดุฏุฉ ุนู„ู‰ ุฃู‡ู„ ุงู„ุจุงุทู„ ู…ุฐู…ุฉ ูˆู…ู†ู‚ุตุฉ ูˆุฃุตุจุญ ุงู„ุงุณุชุฑุฎุงุก ูˆุงู„ู…ูŠูˆุนุฉ ู…ูŠุฒุฉ ูˆู…ูƒุฑู…ุฉ ู…ุน ุงู„ุฃุณู ุงู„ุดุฏูŠุฏ ، ุชู…ุณูƒูˆุง ุจุงู„ู…ู†ู‡ุฌ ุงู„ุณู„ููŠ ูˆู‚ููˆุง ู…ู† ุฃู‡ู„ ุงู„ุจุฏุน ุงู„ู…ูˆู‚ู ุงู„ุณู„ููŠ ูˆู„ุง ู…ุงู†ุน ุฃู†ูƒ ุชุฏุนูˆู‡ู… ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุจุงู„ุญูƒู…ุฉ ูˆุงู„ู…ูˆุนุธุฉ ุงู„ุญุณู†ุฉ ، ูุฅุฐุง ุงุณุชุฌุงุจูˆุง ูุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ู…ุง ุงุณุชุฌุงุจูˆุง ูู„ุง ู…ุงู†ุน ู…ู† ุงู„ุดุฏุฉ ุนู„ูŠู‡ู… ูˆ.....، ูˆุงู„ุณู„ู ุงุดุชุฏูˆุง ุนู„ูŠู‡ู… ูˆุฃู…ุฑูˆุง ุจู‚ุชู„ ุจุนุถู‡ู… .....ู…ู†ู‡ู… ูˆุฃู„ููˆุง ููŠ ุฐู„ูƒ ุงู„ู…ุคู„ูุงุช ุงู„ูƒุซูŠุฑุฉ ู…ุง ู†ู‚ูˆู„ ููŠู‡ู… ؟ ، ุงู‚ุฑุฃ ุงู„ุดุฑูŠุนุฉ ู„ู„ุขุฌุฑูŠ ุงู‚ุฑุฃ ุงู„ุณู†ุฉ ู„ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุจู† ุฃุญู…ุฏ ุงู‚ุฑุฃ ุงู„ุณู†ุฉ ู„ู„ุฎู„ุงู„ ู‡ุคู„ุงุก ู…ุง ู‚ุฑุคูˆุง ู‡ุฐู‡ ุงู„ูƒุชุจ ، ู…ุง ู‚ุฑุคูˆุง ู‡ุฐู‡ ุงู„ูƒุชุจ ูˆุฑุฃูˆุง ู…ูˆุงู‚ู ุงู„ุณู„ู ู…ู† ุฃู‡ู„ ุงู„ุจุฏุน ูˆุงู„ุถู„ุงู„ ، ูƒูŠู ู†ู‚ู ู…ุน ุงู„ุฌู‡ู…ูŠุฉ ูƒูŠู ู†ู‚ู ู…ู† ุงู„ุฑูˆุงูุถ ูƒูŠู ู†ู‚ู ู…ู† ุฃุฐู†ุงุจู‡ู… ؟ ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ู…ู†ุชู…ูŠู† ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ู†ู‡ุฌ ุงู„ุณู„ููŠ ุชุฃุซุฑูˆุง ุจู‡ุฐู‡ ุงู„ุชูŠุงุฑุงุช ูˆุฃุตุจุญูˆุง ู…ุชู…ูŠุนูŠู† ูˆูŠุญุงุฑุจูˆู† ุฏุนุงุฉ ุงู„ุญู‚ ูˆุฏุนุงุฉ ุงู„ุณู†ุฉ ุจุฃู†ู‡ู… ู…ุชุดุฏุฏูˆู†...



“ Ini merupakan kaedah-kaedah palsu yang muncul dari musuh-musuh dakwah Salafiyyah. Salafush Shalih dahulu, sebagian diantara mereka ada yang bersikap ‘keras’ dan adapula sebagian lainnya yang bersikap tenang. Tidaklah hal itu menjadi sebab mereka saling menjatuhkan satu sama lainnya.

Bahkan mereka (yang bersikap keras) ini dihargai, dihormati karena sebab telah bersikap keras terhadap Ahlul Bathil.

Sebagai contoh bagimu adalah sikap dari Hammad bin Salamah yang menuai pujian dari Al Imam Ahmad dengan pujian yang harum. Bahkan Imam Ahmad menaruh curiga atas siapa saja yang mengkritisi Hammad bin Salamah, Beliau katakan:”Barangsiapa yang mengkritisi Hammad bin Salamah dengan kritikan yang buruk, maka hendaknya kalian curiga atas keadaan agama orang tersebut”.
Hal ini dikarenakan  Hammad bin Salamah adalah seorang yang ‘keras’ terhadap Ahlul Bid’ah.

Dahulu, sikap keras terhadap Ahlul Bid’ah merupakan suatu kedudukan yang mulia menurut penilaian salaf. Akan tetapi sekarang justru keadaannya terbalik, setelah kedatangannya Ahlul Bid’ah dan Ahlud Dzholal, mereka ini mengesankan pola pikir kepada mayoritas generasi muda bahwa ‘sikap keras terhadap Ahlul Bathil’ itu tercela dan rendah. Sebaliknya, sikap berlapang dada dan toleransi menjadi hal yang istimewa  dan mulia. Namun ini sangat disayangkan sekali.

Berpegang teguhlah kalian dengan Manhaj Salafiyyah, dan bersikaplah terhadap Ahlul Bid’ah dengan sikap Salafy. Namun, tidak mengapa engkau berdakwah kepada mereka dengan Hikmah dan Mauidzhah Hasanah. Apabila mereka manyambut dakwahmu, Alhamdulillah. Jikalau tidak, maka tidak mengapa engkau bersikap keras terhadap mereka dan menyebutkan keburukannya.

Bahkan Salafus Shalih bersikap sangat keras terhadap mereka, sampai tingkatan eksekusi mati (oleh pemerintah) atas sebagian mereka. Mereka juga menulis berbagai karya tulis yang sangat banyak tentangnya. Terus, sekarang apa yang mau kita komentari atas tindakan mereka (Salafus Shalih)?

Bacalah oleh kalian Kitab As Syari’ah karya Al Ajurry, baca Kitab As Sunnah karya Abdullah bin Ahmad, baca Kitab As Sunnah karya Al Khallal, tentu mereka ini tidak membaca kitab-kitab karya tulis yang disebutkan. Mereka tidaklah membaca kitab-kitab tersebut, sehingga menyebabkan mereka memandang Mauqifnya/ sikap salaf tidaklah berbeda dengan Mauqifnya Ahlul Bid’ah dan Ahlud Dholal.

Bagaimana mungkin mauqif kita bisa sama dengan Jahmiyyah ? dan bagaimana mungkin mauqif kita sama dengan Syi’ah Rafidhah ? Bagaimana mungkin pula mauqif kita berada di belakangnya mereka ?

Banyak dari kalangan orang-orang yang sedang tumbuh semangat dalam mempelajari Manhaj Salafy, kemudian mereka terpengaruh dengan berbagai gelombang fitnah, sehingga mengakibatkan mereka berjatuhan. Bahkan mereka justru memusuhi  Da’i - Da’i Al Haq dan As Sunnah, dengan tuduhan sebagai orang-orang yang ‘keras’....

๐Ÿ“Dikutip dari

https://www.sahab.net/forums/index.php?app=forums&module=forums&controller=topic&id=114755

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi