Hukum Shalat Zhuhur Berjamaah Ketika Hari Raya 'Id Bertepatan Dengan Hari Jumat

HUKUM SHALAT ZHUHUR BERJAMAAH KETIKA HARI RAYA 'ID BERTEPATAN DENGAN HARI JUMAT
Al-'Allamah Muhammad bin Ibrahim rahimahullah

Pertanyaan:
Jika seseorang shalat 'Id pada hari Jumat, gugurkah shalat Zhuhur berjamaah di masjid?
Jawaban:
Tidak disebutkan dalam hadits bahwa para sahabat Nabi صلى الله عليه وسلم berkumpul dan shalat di masjid serta mengumandangkan adzan Zhuhur. Sehingga yang nampak sekiranya dilakukan hal itu, maka perbuatan ini bid'ah (perkara yang diadaadakan dalam agama) karena tidak pernah terjadi di masa Nabi صلى الله عليه وسلم bahkan gugur untuk menghadirinya dan mencukupi sebuah perkumpulan dari perkumpulan lainnya.
Adapun imam, maka dia tetap shalat Jumat berdasarkan hadits Abu Hurairah dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:
اجتمع لكم في يومكم هذا عيدان ، فمن شاء أجزأه من الجمعة ،وأنا مجمعون " رواه ابن ماجه .
“Telah berkumpul pada hari kalian ini 2 Id, maka barangsiapa yang berkehendak, (Shalat Id) telah mencukupinya dari Jum’at dan sesungguhnya kami tetap melaksanakan Jum’at.” (Diriwayatkan Abu Dawud dan dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abu Dawud  no. 1073)
Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata: “Pendapat yang ke-3 dan itulah yang benar, bahwa yang ikut Shalat Id maka gugur darinya kewajiban Shalat Jum’at. Akan tetapi bagi imam agar tetap melaksanakan Shalat Jum’at, supaya orang yang ingin mengikuti Shalat Jum’at dan orang yang tidak ikut Shalat Id bisa mengikutinya. Inilah yang diriwayatkan dari Nabi dan para shahabatnya.”
Lalu beliau mengatakan juga bahwa yang tidak Shalat Jum’at maka tetap Shalat Dzuhur. (Al-Fatawal Kubra 1/150-51)
Majmu' Fatawa Wa Rasail Muhammad bin Ibrahim
https://www.sahab.net/forums/index.php?app=forums&module=forums&controller=topic&id=53437
http://t.me/ukhwh
11/08/2017

العلامة محمد بن إبراهيم:
799 ـ س : إذا صلى العبد يوم الجمعة هل تسقط الجماعة في المسجد الظهر ؟
جـ ـ لم يرد في الحديث أنهم يجتمعون ويصلون في المسجد ويؤذن لهم ظهراً والظاهر أنه لو فعل ذلك كان بدعة لأنه لم يكن في زمن النبي صلى الله عليه وسلم ، بل سقط الحضور وكفى مجمع عن مجمع (13) (تقرير) . أما الأمام فيصلي الجمعة لحديث أبي هريرة عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال :" اجتمع لكم في يومكم هذا عيدان ، فما شاء أجزأه من الجمعة ،وأنا مجمعون " رواه ابن ماجه .
قال شيخ الإسلام : والقول الثالث وهو الصحيح أن من شهد العيد سقطت عنه الجمعة ، لكن على الإمام أن يقيم الجمعة ليشهدها من شاء شهودها ومن لم يشهد العيد ، إلى أن قال : ثم أنه يصلي الظهر إذا لم يشهد الجمعة فتكون الظهر في وقتها . ا هـ المقصود ( الفتاوى الكبرى ج1 ص 150 ، 151). مجموع فتاوى و رسائل محمد بن إبراهيم

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi