Penyimpangan - Penyimpangan Jamaah Tabligh

الدين القيم, [10.09.17 19:20]
⚠️🌘♨️💢PENYIMPANGAN-PENYIMPANGAN JAMAAH TABLIGH

🔺Berkata Asy Syaikh Ali Bin Husain Asy Syarafi Al Hudzaifi hafizhahullah dalam artikel bantahan beliau terhadap Abdurrahman Abdul Khaliq :

"Jamaah tabligh memiliki penyimpangan-penyimpangan yang banyak, diantaranya :

1. Tharekat-tharekat Shufiyyah yang mana para tokoh Jamaah Tabligh berbaiat di atasnya.

2. Peremehan mereka terhadap dakwah tauhid dan tidak ada perhatian mereka terhadapnya.

3. Diamnya mereka dari kebid'ahan-kebid'ahan dan kesesatan-kesesatan terutama kebid'ahan-kebid'ahan yang mereka menjumpai manusia melakukannya, maka mereka memasuki masjid-masjid yang di dalamnya terdapat kuburan namun mereka tidak berbicara dengan satu patah kalimatpun dan mereka tidak memperingatkan manusia dari wasilah-wasilah yang bisa mengantarkan kepada kesyirikan.

4. Ditambah lagi mereka mengajak orang-orang awam ikut serta dalam dakwah mereka dan mereka mengharuskan orang-orang awam keluar berdakwah dengan hitungan hari-hari tertentu serta mereka melakukan safar ke tempat-tempat yang jauh tanpa adanya bekal ilmu syar'i pada mereka, hingga mereka pergi ke Tel Aviv ibu kota negara Yahudi, dan sungguh aku melihat sekelompok dari mereka di bandara Oman dalam keadaan mereka hendak safar ke Tel Aviv.

5. Kebid'ahan-kebid'ahan dan kesesatan-kesesatan pada kelompok ini seperti imaroh, khuruj yang diada-adakan dalam agama, dan mereka mencabut jihad melawan orang-orang kafir dari kamus dakwah mereka kemudian mereka menafsirkan nash-nash perang dan jihad dengan makna khuruj yang mereka lakukan, maka nash-nash jihad menurut Jamaah Tabligh adalah khuruj yang mereka ada-adakan.
Dan mereka dalam hal ini berjalan di belakang pemimpin mereka Muhammad Ilyas Al Kandahlawy yang mencetuskan pemikiran yang berbahaya ini di masa kaum muslimin di India berjihad melawan penjajah Britania (Inggris) dimana ia menafsirkan nash-nash jihad dengan khuruj yang mereka lakukan, hingga sebagian orang-orang yang mulia berkata : "aku khawatir pemikiran Jamaah Tabligh termasuk pemikiran yang disusupkan oleh Britania (Inggris)".

Dan aku katakan kepada Abdurrahman Abdul Khaliq bahwa disana ada para ulama yang menyusun karya tulis tentang Jamaah Tabligh diantara mereka adalah Asy Syaikh Al Allamah Hamud At Tuwaijiry, dan disana ada para ulama yang memperingatkan dari bahaya mereka seperti Samahatus Syaikh Abdul Aziz Bin Baaz, Asy Syaikh Shalih Al Fauzan dan selain keduanya.

📚Sumber : Artikel yang berjudul "Al Ikhwani Abdurrahman Abdul Khaliq Yaksibul Khathaya Tsumma Yarmi Bihal Abriya'".

قال الشيخ علي بن حسين الشرفي الحذيفي حفظه اللّٰه أثناء رده على عبدالرحمن عبدالخالق :
أقول :
إن كثرة الناس لا تغيّر من الحقائق الشرعيّة شيئًا، وجماعة التبليغ عندها انحرافات كثيرة، منها: الطرق الصوفيّة التي بايع زعماء جماعة التبليغ عليها، ومن ذلك إهمالهم لدعوة التوحيد، وعدم عنايتهم به بذلك، ومنها سكوتهم عن البدع والضلالات، ولاسيّما التي يجدون الناس عليها، فيدخلون المساجد وفيها قبور وأضرحة، فلا يتكلّمون بكلمة واحدة، ولا يحذّرون الناس من هذه الوسائل المفضية إلى الشرك.
أضف إلى ذلك إخراجهم العوام في دعوتهم، وإلزامهم بعدد معيّن من الأيّام، وسفرهم إلى أماكن بعيدة دون أن يكون لهم رصيد من العلم الشرعيّ، حتّى إنهم ليذهبون إلى "تلّ أبيب" عاصمة دولة اليهود، وقد رأيت جماعةً منهم بنفسي - في مطار عمّان – مسافرين إلى تلّ أبيب. 
ومن ذلك البدع والضلالات – التي لا حدود لها – عند هذه الجماعة كالإمارة، والخروج المبتدع، وقد نزعوا جهاد الكُفّار من قاموس دعوتهم، ثم فسّروا نصوص الغزو والجهاد بخروجهم المذكور، فنصوص الجهاد عند جماعة التبليغ هو خروجهم المبتدع.
وهم في ذلك يسيرون خلف إمامهم محمد إلياس الكاندهلويّ، الذي خرج على الناس بهذه الفكرة الخطيرة، في ذروة جهاد الهنود المسلمين لبريطانيا، حيث فسّر لهم نصوص الجهاد بخروجهم المذكور، حتّى قال بعض الفضلاء: "أخشى أن تكون فكرة جماعة التبليغ من دسائس بريطانيا".
وأقول لعبد الرحمن عبد الخالق: إن هناك أئمةً صنّفوا في جماعة التبليغ منهم الشيخ العلّامة حمود التويجري، وهناك من حذّر منهم كسماحة الشيخ عبد العزيز بن باز، والشيخ صالح الفوزان، وغيرهما.
فهل جعلت لهؤلاء الأئمة نصيبًا من نصيحتك وموعظتك، وخوّفتهم من الكلام في جماعة التبليغ ؟!
المصدر : مقال بعنوان "الإخواني عبدالرحمن عبدالخالق يكسب الخطايا ثم يرمي بها الأبرياء".

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi