Jangan Segan Menggendong Buah Hatimu

artikel, fatwa, faidah, dan tanya jawab kajian islamJangan Segan Menggendong Buah Hatimu

<Al-Bara' bin Azib radhiallahu 'anhu berkata:

رأيت النبي صلى الله عليه وسلم والحسن على عاتقه وهو يقول: اللهم إني أحبه فأحبه (رواه البخاري في الأدب المفرد)

"Aku melihat Nabi shalallahu 'alahi wasallam menggendong al-Hasan di atas pundaknya, sambil berdo'a: Ya Allah sesungguhnya aku mencintainya, (maka aku memohon) agar Engkau mencintainya." (HR. al-Bukhori dalam Adabul Mufrod)

Berkata Syaikh Zaid al-Madkhali rahimahullah:

"Faidah yang bisa diambil dari hadits ini: wajibnya untuk mencontoh Nabi shallallahu 'alaihi wasallam di dalam menyayangi anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan. Yang demikian itu disebabkan lemah dan butuhnya anak-anak tersebut terhadap hal-hal yang bisa membuat hati mereka bahagia. Dan dalam rangka mewariskan pada mereka adab yang baik, yang mana anak kecil mecontohnya dari akhlak orang yang sudah besar. Inilah manhajnya kaum muslimin dan muslimat, yaitu mereka adalah orang-orang yang pandai dalam berbuat lemah lembut, penyayang, pandai mendidik dan mencintai orang-orang yang berhak dicintai, terkhusus orang yang lemah seperti anak-anak dan yang semisalnya."

Aunul Ahadish Shomad Syarh Adabil Mufrod, 1/114

al-Atsary Majalengka
Channel Telegram: t.me/salafymajalengka


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi