Doa-doa Yang Dibaca Ketika Dalam Pelaksanaan Ruqyah Syar'iyyah

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Doa-doa Yang Dibaca Ketika Dalam Pelaksanaan Ruqyah Syar'iyyah

Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah :

Pertanyaan :
Doa-doa apakah yang dibaca ketika melakukan ruqyah?

Syaikh Ibnu Utsaimin menjawab :
"Doa yang terpenting dan paling agung yang dibaca di dalam praktek ruqyah adalah surah Al Fatihah. Karena sesungguhnya pembacaan surah Al Fatihah kepada orang yang sakit merupakan salah satu sebab kesembuhannya. Sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi -shallallahu alaihi wa sallam-

«ومن يدريك إنها رقية؟»

"Dan siapakah yang memberitahumu bahwa itu (surah al fatihah) adalah ruqyah?"

Dan juga diantara bacaan ruqyah adalah sebagaimana yang disebutkan dalam As Sunnah seperti :

«بسم الله أرقيك من كل داء يؤذيك من شر كل عين حاسد الله يشفيك».

"Dengan menyebut nama Allah aku meruqyahmu dari seluruh penyakit yang menimpamu dan dari segala kejelekan mata yang dengki. Semoga Allah menyembuhkanmu."

«ربنا الله الذي في السماء تقدس اسمك، أمرك في السماء والأرض كما رحمتك في السماء، فاجعل رحمتك في الأرض، أنت رب الطيبين، اغفر لنا ذنوبنا وخطايانا، أنزل رحمة من رحمتك، وشفاء من شفائك على هذا الوجع، أو على هذا الوجِع»

"Wahai Rabb kami, Allah yang berada di atas langit, maha suci nama-Mu. Perintah-Mu berlaku di atas langit dan bumi. Sebagaimana rahmat-Mu berada di atas langit, maka jadikan pula rahmat-Mu di atas bumi. Engkaulah Rabb orang-orang yang baik. Ampunilah dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan kami. Turunkanlah rahmat dari rahmat-rahmat-Mu dan penyembuhan dari penyembuhan-penyembuhan-Mu terhadap rasa sakit ini."

«اللهم رب الناس ارفع البأس، اشف أنت الشافي، لا شفاء إلا شفاؤك، شفاء لا يغادر سقماً»

"Wahai Allah rabb seluruh manusia, angkatlah kesusahan, sembuhkanlah (penyakit ini), sesungguhnya engkau Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

Hadits-hadits mengenai hal ini telah dikenal. Penanya bisa mengeceknya kembali di dalam kitab "Al Wabilus Shoyyib minal Kalamit Thoyyib" karangan Ibnul Qayyim - rahimahullah-, atau kitab "Al Adzkar" karangan Imam An Nawawi, atau kitab-kitab lainnya yang dikarang oleh para ulama kita dalam permasalahan ini.

Sumber : Silsilah Fatawa Nur Alad Darb>Kaset nomor 233

┉┉✽̶»̶̥»̶̥✽̶┉┉

الأدعية التي تقال في الرقية الشرعية

السؤال:
ما الأدعية التي تقال في الرقية؟

الجواب:
الشيخ: الأدعية التي تقال في الرقية أهمها وأعظمها قراءة سورة الفاتحة، فإن قراءة سورة الفاتحة على المريض من أسباب شفائه، نعم كما قال النبي صلى الله عليه وسلم:

«ومن يدريك إنها رقية؟».

ومن ذلك ما جاءت به السنة مثل قوله:

«بسم الله أرقيك من كل داء يؤذيك من شر كل عين حاسد الله يشفيك».

ومثل قوله:

«ربنا الله الذي في السماء تقدس اسمك، أمرك في السماء والأرض كما رحمتك في السماء، فاجعل رحمتك في الأرض، أنت رب الطيبين، اغفر لنا ذنوبنا وخطايانا، أنزل رحمة من رحمتك، وشفاء من شفائك على هذا الوجع، أو على هذا الوجِع».

ومثل قوله:

«اللهم رب الناس ارفع البأس، اشف أنت الشافي، لا شفاء إلا شفاؤك، شفاء لا يغادر سقماً».

والأحاديث في هذا معروفة، يمكن للسائل أن يرجع إليها في كتاب الوابل الصيب من الكلام الطيب لابن القيم، أو في كتاب الأذكار للنووي، أو غيره مما كتبه أهل العلم في هذا الباب.

المصدر: سلسلة فتاوى نور على الدرب > الشريط رقم [233]

الأذكار والأدعية

رابط المقطع الصوتي
http://zadgroup.net/bnothemen/upload/ftawamp3/Lw_233_03.mp3

()
Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi