Khawarij - Teroris Kelompok Sesat Pertama Dalam Islam

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Khawarij - Teroris Kelompok Sesat Pertama Dalam Islam
<Al-Hafizh Ibnu Katsir -rahimahullah- berkata :

"Sesungguhnya bid'ah yang pertama kali muncul dalam Islam adalah fitnah khawarij. Dan benihnya ketika itu adalah karena urusan dunia. Yaitu ketika Rasulullah -shallallahu 'alaihi wa sallam- membagi ghanimah (harta rampasan) pada perang Hunain. Mereka menganggap dengan akal mereka yang rusak bahwa beliau tidak adil dalam pembagian. Maka serta merta merekapun memunculkan pemikiran ini. Sehingga berkatalah juru bicara mereka, yaitu Dzul Khuwaishiroh, -semoga Allah mematahkan lengannya- : "Berbuat adil-lah, karena sesungguhnya engkau tidak adil." Maka Rasulullah -shallallahu 'alaihi wa sallam- berkata kepadanya:

ﻟﻘﺪ ﺧﺒﺖ ﻭﺧﺴﺮﺕ ﺇﻥ ﻟﻢ ﺃﻛﻦ ﺃﻋﺪﻝ، ﺃﻳﺄﻣﻨﻨﻲ ﻋﻠﻰ ﺃﻫﻞ ﺍﻷﺭﺽ ﻭﻻ ﺗﺄﻣﻨﻮﻧﻲ

"Sungguh engkau telah merugi, jika aku tidak berbuat adil. Allah saja mempercayaiku atas penduduk bumi, lalu apakah kalian tidak mempercayaiku?"

Setelah orang tersebut beranjak pergi, Umar bin Al-Khaththab -dan dalam riwayat lainnya: Khalid bin Al-Walid, dan tidaklah sulit menggabungkan kedua riwayat ini - meminta ijin kepada Rasulullah untuk membunuhnya. Maka beliaupun bersabda:

ﺩﻋﻪ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺨﺮﺝ ﻣﻦ ﺿﺌﻀﺊ ﻫﺬﺍ - ﺃﻱ : ﻣﻦ ﺟﻨﺴﻪ - ﻗﻮﻡ ﻳﺤﻘﺮ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﺻﻼﺗﻪ ﻣﻊ ﺻﻼﺗﻬﻢ، ﻭﺻﻴﺎﻣﻪ ﻣﻊ ﺻﻴﺎﻣﻬﻢ، ﻭﻗﺮﺍﺀﺗﻪ ﻣﻊ ﻗﺮﺍﺀﺗﻬﻢ، ﻳﻤﺮﻗﻮﻥ ﻣﻦ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻛﻤﺎ ﻳﻤﺮﻕ ﺍﻟﺴﻬﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﻣﻴﺔ، ﻓﺄﻳﻨﻤﺎ ﻟﻘﻴﺘﻤﻮﻫﻢ ﻓﺎﻗﺘﻠﻮﻫﻢ، ﻓﺈﻥ ﻓﻲ ﻗﺘﻠﻬﻢ ﺃﺟﺮﺍ ﻟﻤﻦ ﻗﺘﻠﻬﻢ

"Biarkanlah dia, karena akan muncul sekelompok orang dari jenis orang ini yang salah seorang dari kalian meremehkan shalatnya jika dibandingkan dengan shalat mereka, meremehkan puasanya dibandingkan dengan puasa mereka, meremehkan bacaan Al-Qur'an-nya dibandingkan dengan bacaan Al-Qur'an- mereka, sementara mereka telah terlepas dari agama ini sebagaimana terlepasnya anak panah dari busurnya. Sehingga dimanapun kalian menjumpai mereka, maka bunuhlah mereka, karena sungguh ada pahala bagi siapa saja yang membunuh mereka.."

Tafsir Ibnu Katsir: 210

┉┉✽̶»̶̥»̶̥✽̶┉┉

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺍﺑﻦ ﻛﺜﻴﺮ - ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ :

ﻓﺈﻥ ﺃﻭﻝ ﺑﺪﻋﺔ ﻭﻗﻌﺖ ﻓﻲ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻓﺘﻨﺔ ﺍﻟﺨﻮﺍﺭﺝ، ﻭﻛﺎﻥ ﻣﺒﺪﺅﻫﻢ ﺑﺴﺒﺐ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﺣﻴﻦ ﻗﺴﻢ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻏﻨﺎﺋﻢ ﺣﻨﻴﻦ، ﻓﻜﺄﻧﻬﻢ ﺭﺃﻭﺍ ﻓﻲ ﻋﻘﻮﻟﻬﻢ ﺍﻟﻔﺎﺳﺪﺓ ﺃﻧﻪ ﻟﻢ ﻳﻌﺪﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﻘﺴﻤﺔ، ﻓﻔﺎﺟﺆﻭﻩ ﺑﻬﺬﻩ ﺍﻟﻤﻘﺎﻟﺔ، ﻓﻘﺎﻝ ﻗﺎﺋﻠﻬﻢ - ﻭﻫﻮ ﺫﻭ ﺍﻟﺨﻮﻳﺼﺮﺓ - ﺑﻘﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﺧﺎﺻﺮﺗﻪ - ﺍﻋﺪﻝ ﻓﺈﻧﻚ ﻟﻢ ﺗﻌﺪﻝ، ﻓﻘﺎﻝ ﻟﻪ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :

ﻟﻘﺪ ﺧﺒﺖ ﻭﺧﺴﺮﺕ ﺇﻥ ﻟﻢ ﺃﻛﻦ ﺃﻋﺪﻝ، ﺃﻳﺄﻣﻨﻨﻲ ﻋﻠﻰ ﺃﻫﻞ ﺍﻷﺭﺽ ﻭﻻ ﺗﺄﻣﻨﻮﻧﻲ .

ﻓﻠﻤﺎ ﻗﻔﺎ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﺍﺳﺘﺄﺫﻥ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﺍﻟﺨﻄﺎﺏ - ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ : ﺧﺎﻟﺪ ﺑﻦ ﺍﻟﻮﻟﻴﺪ - ﻭﻻ ﺑﻌﺪ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻤﻊ - ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻲ ﻗﺘﻠﻪ، ﻓﻘﺎﻝ :

" ﺩﻋﻪ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺨﺮﺝ ﻣﻦ ﺿﺌﻀﺊ ﻫﺬﺍ - ﺃﻱ : ﻣﻦ ﺟﻨﺴﻪ - ﻗﻮﻡ ﻳﺤﻘﺮ ﺃﺣﺪﻛﻢ ﺻﻼﺗﻪ ﻣﻊ ﺻﻼﺗﻬﻢ، ﻭﺻﻴﺎﻣﻪ ﻣﻊ ﺻﻴﺎﻣﻬﻢ، ﻭﻗﺮﺍﺀﺗﻪ ﻣﻊ ﻗﺮﺍﺀﺗﻬﻢ، ﻳﻤﺮﻗﻮﻥ ﻣﻦ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻛﻤﺎ ﻳﻤﺮﻕ ﺍﻟﺴﻬﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﻣﻴﺔ، ﻓﺄﻳﻨﻤﺎ ﻟﻘﻴﺘﻤﻮﻫﻢ ﻓﺎﻗﺘﻠﻮﻫﻢ، ﻓﺈﻥ ﻓﻲ ﻗﺘﻠﻬﻢ ﺃﺟﺮﺍ ﻟﻤﻦ ﻗﺘﻠﻬﻢ ..

تفسير ابن كثير 210

Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi