
<Berkata Al-Imam Al-Faqih Al-Ushuli Al-'Utsaimin rahimahullah :
"Ketahuilah bahwasanya sikap ahlul ahwa wal bida' terhadap hadits-hadits yang menyelisihi hawa nafsu mereka berkisar pada dua perkara (sikap) :
Ada kalanya mendustakan dan ada kalanya merubah (*)
Maka apabila memungkinkan bagi mereka untuk mendustakannya niscaya mereka akan mendustakannya.
Seperti perkataan mereka dalam sebuah kaidah yang rusak : "Khobar (hadits) ahad (**) tidak diterima dalam perkara aqidah" !! Dan sungguh Ibnul Qayyim rahimahullah telah membantah kaidah ini dan membatalkannya dengan (menyebutkan) dalil-dalil yang banyak di bagian akhir kitab "Mukhtashar ash-Shawaiq".
Dan apabila tidak memungkinkan bagi mereka untuk mendustakannya, maka mereka akan merubahnya.
Sebagaimana mereka telah merubah nash-nash al-Qur'an."
Syarah Al-'Aqidah Al-Wasithiyyah (11/2)
(*) Baik merubah lafazh ataupun merubah makna. (Pent.)
(**) Hadits (khabar) ahad yaitu hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah orang perawi (periwayat) yang tidak sampai pada derajad hadits (khabar) mutawatir. Adapun hadits yang mutawatir adalah hadits yang diriwayatkan oleh sekian banyak perawi di setiap lapisan sanad (jalur periwayatan)-nya, sehingga tidak mungkin mereka semua berkomplot untuk berdusta. Wallahu a'lam. (Edt).
┉┉✽̶»̶̥»̶̥✽̶┉┉
موقف أهل البدع والأهواء من النصوص التي تخالفهواهم
قال الإمام الفقيه الأصولي العثيمين رحمه الله تعالى:
واعلم أن موقف أهل الأهواء والبدع تجاه الأحاديث المخالفة لهواهم يدور على أمرين :
إما التكذيب وإما التحريف.
فإن كان يمكنهم تكذيبه ؛ كذبوه ؛ كقولهم في القاعدة الباطلة : أخبار الآحاد لا تقبل في العقيدة !! . وقد رد ابن القيم رحمه الله هذه القاعدة وأبطلها بأدلة كثيرة في آخر (مختصر الصواعق )
وإن كان لا يمكنهم تكذيبه ؛ حرفوه ؛ كما حرفوا نصوص القرآن .
شرح العقيدة الواسطية 【11/2】
[]
Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah
Tidak ada tanggapan
Posting Komentar
Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi