Bolehkah Berobat Dengan Sengatan Lebah? Dikarenakan Lebah Setelah Digunakan Untuk Pengobatan Akan Lemah Dan Mati

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Bolehkah Berobat Dengan Sengatan Lebah? Dikarenakan Lebah Setelah Digunakan Untuk Pengobatan Akan Lemah Dan Mati
<Ahkam
بسم الله الرحمن الرحيم


سؤال وجه للشيخ عبيد الجابري حفظه الله عن حكم التداوي بلسعات النحل.

يقول السائل : ما حكم التداوي بلسعات النحل علما بأن النحل إذا لسعت إنسانا ماتت

وهل هناك حديث فيه نهي عن قتل النحل ؟

الجواب :

القتل طريقه معروف وهو عن طريق ما يقتل ، نار أو لسع ، كهرباء أو التدخين كما يفعله بعض العسالين عندنا، فإنهم يوقدون النار حتى يتصعد الدخان وهذا يطرد النحل أو يقتله.

أما التداوي بالنحل وهو القبص على النحل وتسليطه على الجسم فهذا عندي والله أعلم له حالتان

١. أن لا يجد دواء غير هذا فتكون ضرورة فإذا شفي أو استنفذ جهده في هذا ترك النحل.

٢. أن لا يكون هناك ضرورة يمكن من التداوي بغيرها عن طريق الأطباء الإستشاريين أو الاختصاصيين والإستشاري أفضل والأستاذ في الطب أفضل. فلا يلجأ إلى التداوي بالنحل لأن النحل إذا لسع يموت.

والله أعلم



Pertanyaan ditujukan kepada assyaikh 'ubaid Al jaabiriy semoga Allaah menjaganya
TENTANG HUKUM BEROBAT DENGAN SENGATAN SENGATAN LEBAH


Seorang penanya bertanya:

Apa hukum berobat dengan sengatan sengatan lebah diketahui bahwa lebah ketika menyengat manusia setelah itu mati apakah ada hadits yang melarang Dari membunuh lebah


Jawaban:

Membunuh metodenya diketahui, yaitu dengan cara yang bisa membunuh

- Api

- sengatan

- Listrik atau asap

Sebagaimana yang dilakukan oleh para pencari madu ditempat kami, mereka menyalakan api sampai asapnya menyebar dan ini bisa mengusir lebah atau membunuhnya.


Adapun berobat dengan lebah yaitu dengan cara mengepitkan lebah tersebut dan menguasakannya pada tubuh maka yang demikian ini menurutku dan Allaah maha mengetahui padanya ada dua keadaan.


. DIA TIDAK MENDAPATKAN OBAT SELAIN INI,
maka hal tersebut adalah darurat, ( sehingga boleh namun sekedarnya) maka apabila dia telah sembuh atau tidak ada hasilnya didalam pengobatan ini hendaklah ditinggalkan.

. TIDAK ADA PADANYA DARURAT,
mungkin baginya untuk berobat dengan cara lain melalui para dokter konsultan atau spesialis dan dokter konsultan lebih utama, seorang yang berilmu dalam kedokteran adalah lebih utama, maka ( dalam keadaan ini ) jangan beralih untuk berobat dengan lebah karena lebah apabila menyengat setelah itu mati.


Wallahu a'lam...


Diterjemahkan oleh:
Abu Fudhoil 'Abdurrohmaan Ibnu 'umar

Telegram.me/salafycurup

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi