
<FATWA 'ULAMA'
Fadhilatussyaikh Ibnu baaz رحمه الله
Pertanyaan;
Apa pendapat Anda tentang orang-orang yang membawa anak anak mereka ke masjid , untuk menunaikan sholat, diketahui bahwa anak anak tersebut, tidaklah pandai didalam membaca dan menghafal Al-Quran, sekalipun surat Alfatihah,
Mohon berikan kepada kami fatwa semoga Allaah membalas kebaikan Anda.
Jawaban;
Apabila dimudahkan agar mereka menetap di rumah, *ini adalah baik*( Bagus), Sehingga mereka tidak mengganggu orang lain,
Namun apabila hal itu sulit, dikarenakan ibunya (mungkin) ingin sholat berjama'ah bersama kaum muslimin atau mendengar pelajaran, faaidah dan khutbah (jika aman dari fitnah dan memenuhi persyaratan tentunya) maka tidak mengapa, meksipun dia membawa anak-anak,
Dikarenakan Rosulullooh shalallahu alaihi wasallam, mengkhabarkan didalam hadits yang shohih,
" Bahwa ketika beliau mulai sholat dan ingin memperpanjang bacaan sholatnya, kemudian beliau mendengar tangisan anak anak, maka disebabkan hal itu beliau meringankan sholatnya; agar tidak memberatkan ibunya.
Maka hal ini menunjukkan bahwasanya mereka ( Rosulullooh dan para sahabat) sholat bersama anak anak, dan *mereka tidak melarang anak anak*.
Demikian pula hadits hadits shohih lainnya, ketika Rosulullooh shalallahu alaihi wasallam terlambat di sebagian malam untuk menunaikan sholat 'isya', Berkata 'umar;
Wahai Rasulullah telah tidur para wanita dan anak-anak"
Ini menunjukkan bahwa anak anak hadir ketika itu.
Maka kesimpulannya;
*Bahwa hadirnya anak anak bersama ibu ibu dan bapak bapak mereka tidak mengapa*،
Apabila anak tersebut belum bisa sholat dibawa ( ke masjid ) agar ibunya bisa tenang , sehingga bisa sholat bersama manusia(kaum muslimin) , bisa mendengarkan khutbah dan faidah maka yang demikian itu tidak mengapa .
Dan jika dimudahkan ada orang yang menjaganya dirumah untuk membantu ibunya,
Sehingga tidak terganggu dan mengganggu orang lain,
*Maka inilah yang lebih utama dan lebih baik* apabila mendapatkan kemudahan tentang hal tersebut. semoga Allaah membalas kebaikan kalian.
Alih bahasa:
Abu Fudhoil 'Abdurrohmaan Ibnu 'umar.
Sumber:
http://binbaz.org.sa/noor/7496
Website;
Salafycurup.com
Telegram.me/salafycurup
Tidak ada tanggapan
Posting Komentar
Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi