Kebaikan Umat Ini Terbangun Diatas Tiga Kaidah

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Kebaikan Umat Ini Terbangun Diatas Tiga Kaidah
<Allah ta'ala berfirman :

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ ۚ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُون.

"َKalian (umat islam) adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, kalian menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab mau beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik." (Ali 'Imran : 110)

Al 'Allamah al Muhaddits Ahmad bin Yahya an Najmi rahimahullahu ta'ala :

Allah azza wa jalla menjadikan kebaikan-kebaikan umat ini terbangun diatas tiga kaidah, yaitu :

- Memerintah kepada kebaikan (al amr bil ma'ruf )
- Melarang dari kemungkaran (an nahyu 'anil mungkar )
- Beriman kepada Allah

Dan kesimpulannya : Bahwa orang yang mengingkari RUDUD maka dia telah mengingkari al amr bil ma'ruf wan nahyu 'anil mungkar, dan orang yang mengingkari al amr bil ma'ruf wan nahyu 'anil mungkar, maka dia telah menghilangkan dua dari kaidah tersebut.

Jika telah hilang dari dirinya kedua hal tersebut, maka telah hilang darinya yang ketiga, yaitu beriman kepada Allah, karena beriman kepada Allah adalah pendorong terhadap al amr bil ma'ruf wan nahyu 'anil mungkar. Dan dengan hilangnya kedua hal tersebut, maka hilang juga itu (yang ke tiga).

Allah ta'ala berfirman :

فَلَوْلَا كَانَ مِنَ الْقُرُونِ مِنْ قَبْلِكُمْ أُولُو بَقِيَّةٍ يَنْهَوْنَ عَنِ الْفَسَادِ فِي الْأَرْضِ إِلَّا قَلِيلًا مِمَّنْ أَنْجَيْنَا مِنْهُمْ ۗ وَاتَّبَعَ الَّذِينَ ظَلَمُوا مَا أُتْرِفُوا فِيهِ وَكَانُوا مُجْرِمِينَ

"َMaka mengapa tidak ada dari umat-umat yang sebelum kalian orang-orang yang mempunyai keutamaan (ilmu & pemahaman) yang melarang daripada (mengerjakan) kerusakan di muka bumi, kecuali sebagian kecil di antara orang-orang yang telah Kami selamatkan di antara mereka. Dan orang-orang yang zhalim hanya mementingkan kenikmatan yang mewah yang ada pada mereka, dan mereka adalah orang-orang yang berdosa." (Hud : 116)

Ad Durar an Najmiyah fi Ruddi Ba'dhi asy Syubuhaat al 'Aqadiyah wal Manhajiyyah hal. 32-33


┉┉✽̶»̶̥»̶̥✽̶┉┉


قال تعالى :

{ ﻛﻨﺘﻢ ﺧﻴﺮ ﺃﻣﺔ ﺃﺧﺮﺟﺖ ﻟﻠﻨﺎﺱ ﺗﺄﻣﺮﻭﻥ ﺑﺎﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ﻭﺗﻨﻬﻮﻥ ﻋﻦ اﻟﻤﻨﻜﺮ ﻭﺗﺆﻣﻨﻮﻥ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻭﻟﻮ ﺁﻣﻦ ﺃﻫﻞ اﻟﻜﺘﺎﺏ ﻟﻜﺎﻥ ﺧﻴﺮا ﻟﻬﻢ ﻣﻨﻬﻢ اﻟﻤﺆﻣﻨﻮﻥ ﻭﺃﻛﺜﺮﻫﻢ اﻟﻔﺎﺳﻘﻮﻥ} (سورة آل عمران: 110 ).

قال العلامة المحدث أحمد بن يحيى النجمي -رحمه الله تعالى- :

والله عزوجل جعل خيرية هذه الأمة مبنية على ثلاث قواعد؛ وهي:

- الأمر بالمعروف.
- النهي عن المنكر.
- الإيمان بالله.

والخلاصة: أن من أنكر الردود فقد أنكر الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر، ومن أنكر الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر، فقد أضاع اثنتين من تلك القواعد.

وإذا ضاعت منه اثنتان فقد ضاعت منه الثالثة، وهي الإيمان بالله؛ لأن الإيمان بالله هو الباعث على الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر، وبفقدهما يفقد؛

قال تعالى:

{فَلَوْلَا كَانَ مِنَ الْقُرُونِ مِن قَبْلِكُمْ أُولُو بَقِيَّةٍ يَنْهَوْنَ عَنِ الْفَسَادِ فِي الْأَرْضِ إِلَّا قَلِيلًا مِّمَّنْ أَنجَيْنَا مِنْهُمْ ۗ وَاتَّبَعَ الَّذِينَ ظَلَمُوا مَا أُتْرِفُوا فِيهِ وَكَانُوا مُجْرِمِينَ} [هود : 116].

الدرر النجمية في رد بعض الشبهات العقدية والمنهجية - (ص32/33) .


Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi